Warna memiliki kekuatan untuk memicu perasaan dan pikiran di benak pelanggan, baik positif maupun negatif. Warna pada suatu kemasan dapat menyebabkan emosi tentang suatu produk sebelum konsumen mengetahui produk tersebut. Pada akhirnya agar warna berkontribusi pada kecocokan yang sukses antara produk dan konsumen yang diincar, kita perlu mengetahui detail yang relevan tentang keduanya. Untuk lebih menonjol dari pesaing anda dan menarik perhatian para pembeli, penting juga untuk selalu mengingat tujuan berikut saat anda memilih produk kosmetik.

 

Mengetahui pelanggan anda

Pertahankan pola pikir pelanggan di tempat pertama ketika memilih warna pada produk kosmetik. Baik itu usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, tempatkan diri anda pada posisi mereka untuk melihat apa yang memotivasi mereka untuk membeli suatu produk. Jangan lupa untuk mempertimbangkan preferensi budaya target anda sebelum menentukan pilihan warna. 

 

  1. Biru

Satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan biru adalah bahwa secara universal, biru adalah warna yang paling disukai oleh pria maupun wanita. Inilah yang menjadikannya warna “paling aman” untuk digunakan, tetapi pilihan itu mungkin menjadi bumerang dan menghasilkan kemasan yang membosankan juga dapat diprediksi. Kuncinya ialah memilih warna biru yang sesuai dengan pasar spesifik anda, juga tambahkan dekoratif agar produk anda lebih menonjol. Juga anda perlu ketahui, warna biru gelap lebih cocok untuk pasar yang lebih tua. Sementara warna biru cerah, lebih cocok untuk menarik pasar yang lebih muda. 

Semakin gelap warna biru, semakin pula terlihat lebih profesional, serius dan konservatif pada produk yang akan dirasakan. Warna ini adalah warna yang membuat pelanggan mudah mempercayai dan membangun kepercayaan kepada produk. Warna biru juga menjadi warna yang populer dan banyak pabrik kosmetik menggunakannya untuk mengekspresikan kedamaian maupun relaksasi. 

 

  1. Merah

Menggunakan warna merah mampu menarik perhatian pada produk anda, karena merah adalah warna yang memancing dan dapat merangsang respons dalam tubuh, seperti kegembiraan, cinta, romansa, dan hasrat. Ada banyak merek di pasaran yang menggunakan warna merah sebagai warna produknya, dengan tujuan untuk menambah nilai dan menarik perhatian pelanggan.

Dan anda juga perlu mengetahui bahwa warna merah gelap dianggap sebagai profesional dan mewah, sedangkan warna merah cerah lebih menggairahkan dan energik, juga umumnya memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan warna merah gelap. Menambahkan warna emas atau perak untuk pencetakan atau dekorasi juga mampu meningkatkan nilai yang dirasakan. 

 

  1. Ungu

Menggunakan warna ungu sebagai warna kemasan anda menunjukkan kemewahan, kesenangan, kualitas luar biasa atau eksklusivitas, terutama jika digunakan dengan pencetakan atau dekorasi emas ataupun perak. Warna ungu juga memberikan rasa kekuatan mistik, semangat dan kebesaran. Ungu juga mengekspresikan kekayaan, menghargai kreativitas, juga kebijaksanaan. Ungu adalah warna yang dapat membangkitkan emosi terdalam. 

Warna ungu juga berhubungan dengan cita-cita yang tinggi, imajinasi, spiritualitas, dan keunikan. Warna ini sangat diminati di pasaran oleh wanita dibandingkan dengan pria.

 

  1. Hijau

Warna yang terkait dengan keseimbangan dan harmoni, warna hijau juga terhubung dengan keamanan, kekayaan, dan pertumbuhan. Warna ini juga memberikan perasaan alami dan menyegarkan. Hijau adalah warna pilihan yang cocok untuk mengekspresikan produk ramah lingkungan atau alami. Warna ini juga cocok untuk mereka yang ingin membuat produk dalam kategori kosmetik yaitu produk alami atau produk yang terasa aman. 

Anda juga perlu mengetahui, warna hijau tua menyiratkan kekayaan, kemewahan, dan kualitas profesional. Sementara warna hijau yang pudar atau hijau menandakan lingkungan yang aman dan juga bergizi. Hijau seringkali merupakan warna yang ideal untuk dipilih, dengan penambahan hiasan dekoratif atau pencetakan dalam warna yang menarik pasar sasaran anda. 

 

  1. Pink

Warna pink atau dikenal juga sebagai warna merah muda. Warna ini memberikan perasaan yang lembut, selembut menjadi seorang wanita. Warna ini juga sebagian besar cocok untuk produk-produk yang berkaitan dengan pasar wanita seperti kosmetik, fashion, kecantikan dan romansa karena pink adalah inspirasi, tulus, empati, dan menenangkan. Pink juga menunjukkan feminim, dan awet muda dalam nuansa lembutnya. Menggabungkan warna pink dengan warna-warna yang lebih gelap juga mampu memberikan kecanggihan dan kekuatan lebih. 

Produk berwarna pink yang terlihat gelap menarik pasar yang lebih sentimental dan lebih tua. Sedangkan, menggunakan warna pink yang terlihat terang cenderung menyiratkan produk yang lebih murah dan trendi, juga banyak yang menarik bagi remaja muda. Sehingga sangat jelas, bahwa banyak merk menggunakan warna pink untuk membuat merk kosmetik dan warna pink adalah interpretasi terbaik. 

 

Kita dapat melihat, bahwa setiap warna akan terasa berbeda. Sehingga warna produk kosmetik adalah salah satu komponen dalam menciptakan identitas merk anda untuk menentukan pelanggan. Ini juga membantu untuk menyampaikan kepada orang-orang untuk mengenali warna, karena kami menggunakan warna sebagai daya tarik suatu produk.

leave a Comment