claymask

Sumber: Fimela.com

Sejak zaman dahulu clay sudah dikenal mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, salah satu bahan alami ini tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi Anda dapat merasakan manfaatnya untuk kulit, oleh karena itu biasanya clay sendiri digunakan dalam bentuk masker. Manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan clay mask salah satu dari keduanya yaitu memperbaiki rona wajah dan mengangkat kotoran pada kulit. Untuk menggunakan clay mask memang cukup mudah, namun Anda perlu memperhatikan agar tidak menimbulkan kerusakan pada kulit. Inilah 5 kesalahan penggunaan clay mask yang seharusnya Anda tidak lakukan.

 

  1. Tidak menggunakan clay mask sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Sebelum Anda menggunakan clay mask alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu permasalahan kulit apa saja yang Anda alami, hal ini karena ketika Anda menggunakan clay mask yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit maka tentunya Anda tidak dapat merasakan manfaat yang ada. Oleh karena itu sebaiknya Anda tentukan permasalahan kulit terlebih dulu dan barulah Anda memilih clay mask yang sesuai. Jika Anda ingin mengangkat kotoran maupun minyak yang berlebih dari pori-pori secara mendalam, Anda dapat menggunakan green clay. Ada juga white clay, yang mampu menutrisi hingga mengangkat minyak berlebih pada kulit. Anda juga dapat menggunakan black clay sebagai pembersih kulit secara mendalam dan cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit acne-prone. Anda juga mampu melakukan multimasking agar lebih efektif, hal ini dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami beberapa masalah kulit pada area wajah yang berbeda.

 

  1. Tidak membersihkan wajah dengan baik sebelum pengaplikasian masker

Tentunya kebersihan wajah Anda sangatlah perlu diperhatikan sebelum Anda menggunakan clay mask. Apabila Anda menggunakan makeup dan ingin mengaplikasikan clay mask, sebaiknya Anda menghapus terlebih dahulu makeup Anda hingga tidak tersisa. Setelah itu Anda dapat menggunakan air hangat untuk mengangkat sebum, sisa makeup remover, dan kotoran. Alangkah baiknya Anda juga tidak menggunakan micellar water sebagai pembersih wajah Anda, hal ini karena mampu menjadikan clay mask lebih sulit untuk melekat pada kulit wajah. Anda mampu mengaplikasikan clay mask setelah wajah Anda sudah bersih dengan menggunakan spatula atau brush yang bersih. 

 

  1. Membiarkan clay mask terlalu lama

Anda perlu membaca petunjuk penggunaan clay mask ketika Anda ingin menggunakannya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Seringkali kebanyakan orang menggunakan clay mask dengan cara membiarkannya terlalu lama, hal tersebut dilakukan karena mereka beranggapan bahwa clay mask semakin lama didiamkan maka akan semakin banyak pula manfaat yang didapatkan. Akan tetapi justru mampu menimbulkan permasalahan pada kulit Anda, hal ini karena ketika Anda mendiamkan clay mask terlalu lama maka kulit Anda akan sangat kering dan berisiko menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda memastikan untuk membilas clay mask dengan baik sebelum masker menjadi pecah-pecah. 

 

  1. Tidak melembapkan wajah sesudah menggunakan masker

Permasalahan kulit yang berminyak memang terkenal dapat diatasi dengan mudah oleh clay mask. Justru tidak hanya itu, clay mask juga terkenal ampuh untuk mengangkat debu, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit dengan baik. Pada umumnya, setelah menggunakan clay mask kulit Anda akan terasa kencang dan kering. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan toner dan juga pelembap untuk mengembalikan kelembapan pada kulit Anda. Tidak hanya untuk menutrisi kulit, hal ini dapat Anda lakukan agar mencegah produksi minyak yang berlebih kembali terjadi pada kulit Anda. 

 

  1. Kurang konsisten dalam menggunakan clay mask

Ketika Anda ingin menggunakan clay mask, sebaiknya Anda mengutamakan kualitas produk dan konsistensi penggunaan produk. Kedua hal tersebut menjadi faktor yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan manfaat perawatan wajah yang maksimal. Anda perlu konsisten dalam menggunakan clay mask, hal ini karena akan percuma jika produk yang Anda gunakan bagus tetapi Anda tidak konsisten untuk menggunakannya. Anda dapat menggunakan clay mask 1-2 kali tiap minggunya atau Anda dapat menyesuaikan dengan saran penggunaan yang terdapat pada produk. Gunakanlah juga sheet mask atau sleeping mask sebagai selingan ketika Anda memakai clay mask yang bersifat drying, Hal ini karena sheet mask dan sleeping mask memiliki sifat moisturizing.

 

Sumber: 

journal.sociolla.com

leave a Comment