Kulit kepala kering dapat menyebabkan beragam permasalahan seperti ketombe, gatal, dan juga rambut rontok. Penyebabnya berbeda-beda, akan tetapi yang paling sering terjadi yaitu akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang kita gunakan.

Kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas yang terlalu rutin juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Permasalahan kesehatan seperti eksim dan juga psoriasis juga turut menjadi penyebab kulit kepala kering. 

Untuk mengatasi masalah ini, berikut berbagai perawatan alami yang dapat Anda coba ‘tuk kembalikan kelembapan di kulit kepala. Berikut 7 bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan kulit kepala kering Anda. 

 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau yang kerap dikenal sebagai Aloe vera memiliki sifat anti radang yang mampu melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi iritasi kulit yang disebabkannya. 

Cara memakainya pun sangatlah mudah. Anda cukup membelah lidah buaya segar dan usapkan bagian daging berairnya langsung di kulit kepala. Lalu diamkan kurang lebih 10 menit sampai gel meresap dengan baik. 

Alternatifnya, Anda dapat memakai gel lidah buaya asli yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau peppermint. 

Pijatlah campuran tersebut di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih dengan sampo. Selain dioleskan langsung ke kulit kepala, Anda juga dapat meminum jus lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal. 

 

  1. Baking soda dan minyak zaitun 

Minyak zaitun sangat dikenal akan manfaatnya sebagai pelembap kulit alami. Sementara itu, baking soda bersifat antijamur dan antibakteri. 

Mengombinasikan keduanya untuk merawat kulit kepala kering dapat membantu menyelesaikan masalah, terlebih jika Anda memiliki masalah dengan ketombe. Campuran minyak zaitun dan baking soda mampu mengangkat ketombe yang membandel dan meredakan rasa gatal.

Campurkan keduanya dalam perbandingan yang sama, sehingga tercampur rata. Kemudian ambil secukupnya dan pijatkan secara merata ke kulit kepala. Lalu, biarkan selama kurang lebih lima menit sebelum cuci bersih dengan sampo. 

Pastikan membersihkannya dengan benar agar sisa-sisa bahan tidak menempel yang justru mampu menyebabkan masalah baru di kulit kepala.

 

  1. Yoghurt dan telur 

Kandungan protein dan lemak baik yang terdapat di dalam telur juga yogurt dapat membantu melembapkan kulit kepala kering yang mengelupas. 

Kombinasi kandungan dari keduanya juga mampu membantu menyehatkan dan melindungi kulit kepala dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara. 

Untuk membuatnya, Anda cukup menggunakan yoghurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Setelah itu, oleskan campuran ini langsung ke kulit kepala dan pijatlah perlahan sampai meresap sempurna. 

Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya menggunakan air hangat hingga bersih. 

Gunakan sampo untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa telur dan juga yoghurt yang mungkin menempel. 

 

  1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang bisa melembapkan dan melindungi kulit dari kekeringan.

Menggunakan alpukat yang dihaluskan atau sudah berbentuk minyak dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala. Selain itu, lakukanlah perawatan dari dalam dengan cara memakan buah alpukat.

Jika Anda berniat untuk menggunakan buah alpukat, usahakan untuk menghancurkannya hingga halus. Setelah itu, janganlah lupa ‘tuk mencampurkan minyak zaitun ke dalamnya. 

Lumuri kulit kepala Anda dengan campuran bahan ini dengan baik lalu pijatlah kulit kepala secara perlahan. Setelah itu biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibersihkan. 

Seperti biasa, janganlah lupa agar membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari sisa-sisa alpukat. Cara yang sama juga dapat diterapkan jika Anda menggunakan minyak alpukat.

 

  1. Masker pisang

Pisang mampu digunakan untuk melembapkan kulit kepala yang kering. Selain melembapkan, pisang juga memiliki kandungan zat antimikroba alami di dalamnya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menghaluskan pisang dengan menambahkan beberapa sendok minyak kelapa atau zaitun. Jangan lupa juga untuk memijatnya secara perlahan dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

 

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa termasuk salah satu jenis minyak yang juga memiliki manfaat untuk merawat kulit kepala kering. 

Selain melembapkan, minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi akibat kulit kepala yang kering. Bahkan, minyak kelapa juga mampu membantu mengobati dermatitis atopik dan membuat rambut menjadi lebih halus. 

Cara menggunakannya juga cukuplah mudah, hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Pijatlah hingga meresap dan diamkan selama 10 menit sebelum Anda membilas rambut. 

 

  1. Minyak tea tree

Selain untuk mengobati jerawat, minyak tea tree juga dapat digunakan untuk merawat kulit kepala yang kering. Minyak ini memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan juga antibiotik yang dapat meredakan ketombe. 

Untuk memakainya, Anda dapat mencampur beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Balurkan ke kulit kepala dan pijatlah secara perlahan. 

Diamkan selama 10 menit agar minyak meresap dengan baik. Kemudian bilas dan cuci rambut dengan sampo.

 

Sumber: 

Kompas.com

leave a Comment