Kulit berminyak memang sangat menyebalkan. Tak hanya membuat wajah nampak kusam, kulit wajah yang berminyak juga membuat make up susah menempel dan lebih mudah luntur. Tak cuma itu, wajah berminyak juga biasanya identik dengan timbulnya komedo dan jerawat. Tetapi, sebenarnya anda yang memiliki kulit berminyak cukup beruntung. Karena kulit anda bisa tetap terlihat muda. Agar tetap sehat, inilah cara merawat dan mengatasi kulit wajah yang berminyak.

 

  1. Pilih produk perawatan yang cocok

bedak

 

Kulit wajah yang berminyak membutuhkan produk perawatan yang cocok dan mampu menghilangkan kelebihan minyak di wajah tanpa membuatnya menjadi kering. Anda juga bisa memilih sabun pencuci wajah yang berbahan dasar gel yang dapat dipakai untuk wajah yang berminyak. 

 

  1. Jangan lewatkan penggunaan pelembab
pelembab wajah

sumber: prelo.co.id

 

Banyak bagi beberapa orang mengira, karena wajah yang berminyak maka pelembab tak lagi dibutuhkan. Ternyata hal ini ialah salah, apapun jenis kulit anda pelembab tak sama sekali boleh di lewatkan. Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air dan memiliki label oil-free yang akan menghidrasi wajah tanpa membuatnya tambah berminyak. 

 

  1. Rutin menggunakan masker
masker wajah

sumber: cantik.tempo.co

 

Penggunaan masker juga wajib dilakukan jika anda menginginkan kulit wajah tetap terawat. Anda dapat menggunakan dapat menggunakan sheet mask yang kini banyak di jual pasaran. Jika anda lebih suka masker dengan bahan alami, anda bisa membuat masker dari bahan-bahan seperti madu, lemon, kentang, atau yoghurt. 

 

  1. Minum air putih
minum air

sumber: tribunnews.com

 

Cara merawat kulit wajah berminyak selanjutnya ialah dengan mengonsumsi air putih. Air putih dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah air putih yang masuk ke dalam tubuh mampu mengontrol kadar minyak. Oleh karena itu, pastikan anda meminum minimal 8 gelas air putih per hari agar produksi minyak lebih terkendali. 

 

  1. Hindari makanan berminyak
junkfood

sumber: terasjabar.id

 

Salah satu penyebab kulit wajah menjadi berminyak ialah makanan yang biasa dikonsumsi. Maka dari itu, jika anda memiliki wajah yang berminyak, ada baiknya mengurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan ataupun junkfood. 

 

  1. Meminimalkan penggunaan make up
make up

sumber: doktersehat.com

 

make up juga menjadi salah satu hal yang harus anda kurangi jikalau memiliki wajah yang berminyak. Untuk sehari-hari, cukup gunakan tabir surya, pelembab, dan bedak tabur. Jika ingin menggunakan full make up, pastikan anda menggunakan primer agar make up anda lebih tahan lama dan pastikan pilih produk yang memiliki label oil-free. 

 

  1. Konsumsi buah dan sayur
buah dan sayuran

sumber: tribunnews.com

 

Buah dan sayur juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Rajinlah mengonsumsi buah dan sayur tak hanya akan membantu mengontrol kadar minyak, tetapi juga dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Dan itulah, 7 cara merawat kulit wajah yang berminyak. Cukup mudah bukan?

 

Sumber:

www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/cara-mengatasi-dan-merawat-kulit-wajah-berminyak/full

leave a Comment