Acne face

Jerawat yang membandel tentu saja membuat penampilan anda menjadi kurang menarik, bahkan mampu menurunkan rasa kepercayaan diri. Apalagi kalau jerawat itu sendiri hadir dalam jumlah yang banyak, pasti akan sangat mengganggu penampilan anda. Sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau bukan hanya wanita yang ingin memiliki wajah bersih nan mulus, namun pria juga. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan juga aman?

Cara mengatasi jerawat dengan alami tentu saja membutuhkan bahan-bahan alami untuk digunakan, dan biasanya bisa diproses sendiri karena tak membutuhkan bahan kimia apapun. Dan inilah cara-cara yang mudah untuk menghilangkan jerawat dengan aman dan alami.

 

Cara menghilangkan jerawat

Mau menghilangkan jerawat dengan cara murah dan aman? Tentu saja anda bisa memilih cara alami! Yaa … mengobati jerawat secara alami tentu saja sudah pasti aman dan juga lebih murah, namun anda perlu bersabar akan hasilnya. Jangan terlalu berharap bahwa anda mempraktikkannya hari ini, lalu hasilnya dapat terlihat dalam beberapa hari kemudian. 

 

  1. Bawang putih

bawang putih

Bahan yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Zat sulfur yang terdapat pada bawang putih akan membantu proses menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, antivirus, antijamur, dan antiseptik yang dapat menghilangkan peradangan kulit. Begini cara menggunakan bawang untuk hilangkan jerawat: 

  1. Siapkan 1 siung bawang
  2. Potong menjadi 2 bagian
  3. Gosokkan secara langsung ke jerawat dan diamkan selama 15 menit
  4. Lalu setelah itu biilaslah dengan air hangat

 

  1. Perasan air lemon

lemon

Cara mudah menghilangkan jerawat yang kedua adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Kandungan asam askorbat-L yang ada pada lemon ternyata dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit, seperti jerawat dan bahkan mampu menghilangkan noda bekas jerawat. Beginilah cara mudah menghilangkan jerawat menggunakan perasan air lemon:

  1. Pertama-tama persiapkan 1 buah lemon terdahulu, lalu potong menjadi 2 bagian
  2. Setelah itu peraslah lemon
  3. Oleskan air perasan lemon ke seluruh bagian wajah anda, terutama yang berjerawat
  4. Diamkan selama 15-20 menit
  5. Setelah itu bilaskan dengan air hangat

Apabila anda menginginkan hasil yang maksimal, anda juga dapat mencampurkan 1 sendok madu ke dalam perasan air lemon.

 

  1. Putih telur

telur

Sel bakteri penyebab jerawat dapat hancur dengan enzim lysonzim yang terdapat dalam putih telur. Bahan satu ini sangatlah mudah ditemui, dan inilah cara mudah menghilangkan jerawat menggunakan telur:

  1. Pisahkan putih telur 
  2. Setelah itu kocoklah hingga mengembang
  3. Campurkan perasan jeruk nipis atau lemon agar tidak bau amis (opsional)
  4. Lalu, oleskan ke seluruh wajah anda secara merata
  5. Diamkan 15-30 menit
  6. Bilaslah menggunakan air hangat

 

  1. Mentimun 

mentimun

Seperti yang kita ketahui, bahwa mentimun mempunyai kandungan air yang lumayan tinggi. Tak hanya itu, mentimun juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. Asam amino dan antioksidan juga terdapat di dalamnya. Beginilah cara mudah menghilangkan jerawat memakai mentimun: 

  1. Pertama-tama irislah mentimun secara tipis-tipis
  2. Setelah itu letakkan di seluruh bagian wajah, terutama bagian wajah yang berjerawat
  3. Diamkan selama 15-3o menit
  4. Lalu bilaskan dengan air hangat

 

  1. Tomat 

tomat

Tak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata tomat juga kaya akan kandungan vitamin A dan C yang bisa membasmi jerawat. Tidak berbeda jauh dengan mentimun, cara menggunakan tomat sebagai bahan alami pembasmi jerawat pun sama. Berikut cara-cara membasmi jerawat mengunakan tomat: 

  1. Siapkan 1 buah tomat yang sudah matang
  2. Iris tipis-tipis atau blender
  3. Tempelkan/oleskan ke semua permukaan wajah
  4. Diamkan selama 15-30 menit
  5. Bilas wajah menggunakan air hangat

 

  1. Kulit jeruk

kulit jeruk

Mungkin beberapa orang tahu tentang jeruk hanya karena vitamin C nya yang baik untuk tubuh, nyatanya kulit jeruk pun bisa menjadi sebuah alternatif untuk menghilangkan jerawat. Dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan tinggi, flavonoid, vitamin A, dan vitamin C. Oleh karena itu, kulit jeruk mampu membasmi jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan bahkan mampu menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Penasaran? Beginilah caranya menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk:

  1. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari 
  2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus
  3. Setelah itu campurkan dengan sedikit air
  4. Lalu oleskan pada wajah, terutama bagian yang berjerawat
  5. Diamkan sekitar 15-30 menit 
  6. Bilas wajah menggunakan air hangat

 

  1. Cuka apel

cuka apel

Cuka apel menjadi pilihan bahan lainnya yang alami untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antiseptik yang ada di dalamnya mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Dan inilah cara mudah menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel:

  1. Pertama-tama campurkanlah 2 sendok teh cuka apel dengan 50 ml air
  2. Celupkan kapas dan oleskan ke seluruh permukaan wajah 
  3. Oleslah secara berkali-kali ke bagian yang berjerawat selama 2 menit
  4. Setelah itu bilaslah wajah dengan air hangat

 

Itulah 7 cara mudah menghilangkan jerawat dengan aman dan alami, mudah bukan? Agar jerawat anda hilang alangkah baiknya rutin untuk melakukan cara-cara yang sudah di sebutkan di atas. 

 

Sumber:

doktersehat.com/cara-menghilangkan-jerawat/

leave a Comment