kunyit

Kunir atau yang lebih dikenal dengan kunyit merupakan rempah yang seringkali digunakan sebagai pengobatan herbal ataupun masakan di Asia sejak dulu. Rempah ini juga memiliki kandungan senyawa yang disebut kurkuminoid, terdiri dari desmotaksikumin dan kurkumin yang menjadikannya sebagai rempah-rempahan yang berkhasiat sebagai obat. Vitamin C yang terkandung pada kunyit juga cukup tinggi, oleh karena itu kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional seperti alergi, campak, kanker, bisul, dan muntaber.

Tidak hanya itu, bahkan kunyit juga sangat cocok untuk mencegah terjadinya peradangan pada luka dan jerawat karena bahan antiseptik yang terkandung di dalamnya. Permasalahan-permasalahan pada kulit seperti ruam-ruam, gatal, dan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari pun mampu diatasi oleh kunyit. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan untuk membantu mencerahkan warna kuit. Oleh karena itu, kunyit sangat cocok digunakan untuk merawat kecantikan.

 

Inilah 7 manfaat yang dimiliki oleh kunyit untuk kecantikan yang mesti Anda ketahui. 

 

  1. Dapat Mengatasi Kulit Berminyak

Produksi minyak dan sebum yang berlebih pada pori-pori dapat dikontrol oleh kunyit, Anda hanya perlu menjadikan kunyit sebagai masker kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan perasan dari jeruk nipis matang atau jeruk lemon. Aplikasikanlah masker tersebut pada wajah Anda, setelah itu Anda hanya perlu mendiamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu bilashlah dengan air hangat hingga bersih.

 

  1. Membantu Menghilangkan Rambut Halus

Apabila Anda ingin mencukur rambut halus yang ada di tubuh atau Anda ingin menyingkirkan rambut halus yang mengganggu di wajah, kunyit dapat membantu mengatasi hal-hal tersebut. Campurkan kunyit dengan tepung dan air, aplikasikan dengan gerakan melingkar agar membantu menghilangkan rambut halus yang mengganggu. 

 

  1. Menjadi Pewarna Rambut Alami

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai pewarna rambut alami bagi Anda yang menginginkan warna pirang gelap pada rambut, warna rambut alami yang dihasilkan oleh kunyit mampu menjadikan rambut Anda terlihat dilapisi oleh warna kuning yang tajam dengan warna pirang gelap yang alami pada rambut. Anda hanya perlu menyiapkan seperempat cangkir parutan kunyit, kemudian tambahkan air hangat dan peras-peras hingga menghasilkan secangkir larutan kunyit berwarna pekat. Setelah itu Anda dapat memasukkan hasil dari larutan kunyit ke dalam botol spray, lalu semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas perlahan rambut Anda dan diamkan hingga rambut mengering, jika sudah mengering maka Anda dapat membilasnya hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal Anda perlu melakukannya setiap dua hari sekali.

 

  1. Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan maupun tekstur pada kunyit mampu mengelupas sel kulit mati secara lembut tanpa menjadikan kulit iritasi, oleh karena itu kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi. Anda dapat membuat lulur yang berasal dari tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram) dan bubuk kunyit, setelah itu oleskanlah dan gosok perlahan lulur tersebut ke seluruh tubuh Anda. Lulur yang berasal dari campuran tepung chickpea dengan bubuk kunyit mampu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit Anda lebih cerah dan bercahaya.

 

  1. Mengatasi Masalah Ketombe

Kunyit memiliki khasiat sebagai antiperadangan yang luar biasa, sehingga mampu meredakan kulit kepala yang teriritasi. Caranya pun cukuplah mudah, Anda hanya perlu mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan ke seluruh kepala, biarkan selama satu hingga tiga jam. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Cara ini dapat mengatasi masalah kulit kepala Anda.

 

  1. Menghaluskan Kulit Tumit dan Siku 

Apabila Anda memiliki kulit di daerah tumit dan siku yang berkerak, Anda dapat melembutkannya dengan kunyit. Campurkan terlebih dahulu kunyit bubuk dengan minyak kelapa, kemudian oleskan di bagian tumit dan siku yang kasar. Setelah itu lakukanlah pijatan ringan agar larutan kunyit dan minyak kelapa meresap. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

  1. Mengatasi Pigmentasi Kulit

Kunyit memiliki efek antiseptik dan antiinflamasi, hal ini mampu digunakan untuk mendinginkan kulit terbakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga dapat mengatasi pigmentasi pada kulit. Anda hanya perlu mengoleskan campuran jus timun segar dan bubuk kunyit selama 20 hingga 30 menit jika Anda mengalami permasalahan seperti itu. Dengan Anda melakukannya secara rutin maka warna kulit Anda pun mampu kembali ke kondisi semula dengan cepat.

 

Apakah Anda tertarik untuk membuat produk skincare berbahan dasar kunyit?

Ketahuilah lebih lanjut di sini

 

leave a Comment