Manfaat Rumput Laut

Bagi Kecantikan

 

Rumput laut selain bisa untuk di konsumsi ternyata rumput laut bisa digunakan untuk kecantikan secara alami. Rumput laut dapat ditemukan di lautan atau di sekita pantai. Di Jepang rumput laut dijadikan makanan favorit yang sering dipadukan bersama sushi dan salad. Selain digunakan sebagai makanan, ternyata rumput laut dapat juga dijadikan sebagai produk kecantikan tidak kalah dari bahan alami lainya. Sifat senyawa antioksidan pada rumput laut dapat mengatasi masalah jerawat hingga penyakit berat lainya seperti kanker dapat dilawan oleh makanan sehat ini 

 

Fakta Nutrisi

Rumput laut memiliki banyak manfaat karena terdapat berbagai macam kandungan mineral esensial seperti zat besi, kalsium, nitrogen larut, mangan, sulfur, barium , kalium, fosfor dan juga berbagai macam vitamin termasuk vitamin B-12, A, K, C, D, dan E.

Nutrisi lainnya adalah asam lemak omega 3 dan fucoxanthin pigment yang berguna untuk membantu metabolisme lemak menjadi energi. Di dalam rumput laut terdapat serat alami yang disebut alginat. Berbagai macam jenis rumput laut ada yang berbentuk pipih, ada juga yang bercabang. Tanaman ini tergolong ke dalam famili ganggang (Algae). Berikut ini adalah beragam manfaat rumput laut bagi kecantikan : 

 

  1. Penghilang Jerawat

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada rumput laut dapat mampu meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat, Menekan pembengkakan pada jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori pada kulit. 

 

      2. Melembabkan kulit

Rumput laut memiliki berbagai kandungan vitamin di dalamnya yang sangat bermanfaat sangat baik untuk menghidrasi kulit dengan sempurna. Salah satu manfaat rumput laut untuk melembabkan kulit  ini memang sudah tidak tak diragukan lagi.  Maka sedari itu, sering kali banyak merk kecantikan yang memanfaatkan rumput laut sebagai kandungan bahan utama karena kandungan vitamin di dalamnya dapat melembabkan kulit. 

 

     3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu manfaat rumput lainnya untuk mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada kulit. Kandungan senyawa vitamin yang terdapat pada rumput laut dapat membuat kulit wajahmu akan tampak kembali bercahaya, lembut dan glowing!  

 

      4. Merawat Kulit Berminyak 

Manfaat rumput lautnya lainnya juga kita dapatkan untuk merawat kulit berminyak agar terbebas dari masalah kulit tanpa membuat dehidrasi lho. Jadi apabila kamu memiliki masalah dengan kulit berminyak, jangan kuatir ya. Karena rumput laut termasuk bahan yang sangat aman digunakan karena tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

 

      5. Menyehatkan Rambut

Rumput laut ternyata memiliki kandungan mineral yang tinggi dan rumput bermanfaat juga untuk kecantikan. Mineral yang terkandung pada rumput laut berguna untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga rambutmu yang kusam dan kering menjadi lembut dan kering secara perlahan. 

 

      6. Menyamarkan Selulit

Selulit memang merupakan salah satu permasalahan yang paling sulit untuk diatasi, namun ketahuilah bahwa menghilangkan selulit merupakan salah satu manfaat rumput laut loh! Rumput laut memiliki kandungan yang terdapat di dalamnya yang mampu meregenerasi kulit serta meratakan warna kulit. Rumput laut  juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan perut akibat selulit. Rumput laut banyak banyak dikemas sebagai pelembab alami yang berkhasiat untuk mengatasi selulit dan stretchmark.

 

      7. Mendetoksifikasi racun pada kulit 

Manfaat rumput laut lainya selain dapat melembabkan kulit, ternyata rumput laut terbukti ampuh untuk kecantikan lainnya seperti mendetoksifikasi racun pada kulit akibat bahan kimia pada makeup dan polusi udara yang disebabkan oleh produksi sebum meningkat. Rumput laut merupakan tumbuhan yang baik untuk membantu mengeluarkan kotoran dan racun dalam kulit. 40% ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Rumput laut juga terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bisa bertahan hingga lebih dari 3 hari dalam proses detoksifikasi

 

Sumber : popbela.com

leave a Comment