Memiliki kulit yang mulus dan cerah merupakan impian bagi semua orang, akan tetapi beberapa orang masih sering bingung untuk merawat kulit. Sehingga beragam cara dilakukan untuk menjadikan kulit seperti apa yang mereka inginkan, mulai dari cara tradisional hingga modern. Namun, saat ini sudah mulai bermunculan produk-produk skincare yang mampu merawat kulit dengan ampuh. Produk-produk skincare pun mampu mengatasi beragam permasalahan pada kulit.

Perawatan kulit atau yang sering dikenal dengan skincare merupakan serangkaian aktivitas yang meningkatkan penampilan, meringankan kondisi kulit, dan mendukung kesehatan kulit. Dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat dihindari dengan menggunakan skincare, hal ini karena skincare sendiri mampu mencakup nutrisi bagi kulit. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki sebelum Anda melakukan perawatan kulit maupun menggunakan skincare.

Dilansir dari Healthline, apabila Anda menggunakan produk yang salah dan tak sesuai dengan jenis kulit Anda maka mampu memperburuk jerawat, kekeringan, atau masalah kulit lainnya. Jika Anda sudah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan rutinitas perawatan kulit sehari-hari dengan produk yang cocok untuk kulit Anda. 

 

Kandungan alami yang terdapat pada skincare pun bermacam-macam mulai dari mentimun, lidah buaya, charcoal, dan lain-lainnya. Inilah beberapa bahan baku alami yang kerap digunakan sebagai skincare.

 

  1. Minyak Zaitun

oliveoil

Minyak zaitun merupakan minyak yang dapat diperoleh dari hasil penggilingan zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini banyak mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. Meskipun kandungan lemak dalam minyak zaitun tergolong tinggi, tetapi sebagian besar kandungan lemak di minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik. 

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman merupakan pengertian dari polifenol. Zat polifenol dari minyak zaitun yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, minyak zaitun mempunyai beberapa manfaat terutama untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh Anda.

Minyak ini memiliki manfaat untuk kulit antara lain mampu mengatasi kulit kering, dapat digunakan untuk scrub wajah, membantu memutihkan wajah, mengecilkan pori-pori wajah, dan mengatasi masalah jerawat. 

Baca selengkapnya: Segudang Manfaat yang Dimiliki Oleh Minyak Zaitun

 

  1. Marigold

marigold

Salah satu jenis bunga yang berasal dari selatan Eropa ialah Calendula. Umumnya bunga yang memiliki sifat antiinflamasi ini dikenal sebagai bunga calendula atau Marigold. Sifat ini biasanya dipercaya dapat menyembuhkan luka secara alami.

Marigold tak sekedar menjadi tanaman cantik untuk menghiasi pekarangan, namun tanaman ini juga memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang membuatnya kerap dijadikan sebagai bahan utama untuk obat-obatan dan kecantikan. 

Tanaman ini juga mampu diolah menjadi berbagai bentuk. Teh, essential oil, bahkan lotion menjadi olahan yang paling populer. Anda dapat menemukan marigold dalam berbagai bentuk produk seperti sampo, sabun, krim wajah, hingga toner. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat dari marigold untuk kesehatan, penggunaan teh dan essential oil merupakan yang paling umum. 

Marigold juga memiliki manfaat yang berguna untuk kulit, manfaat dari marigold yaitu dapat mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, mampu melembapkan kulit, dan lain-lain. 

 

Baca selengkapnya: Inilah Manfaat yang Dimiliki Marigold

 

  1. Primrose

primrose

Evening primrose merupakan tanaman yang menghasilkan bunga kecil berwarna kuning pada musim semi dan musim panas. Minyak esensial yang dihasilkan dari tanaman ini dibuat dengan mengekstrak biji pohon evening primrose. 

Tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman liar yang dapat Anda temukan di kawasan Amerika Utara maupun Amerika Timur. Tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman nenek moyang mereka.  

Minyak primrose juga menjadi salah satu dari minyak esensial yang kerap digunakan untuk untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan. Minyak primrose dikenal akan kemampuannya untuk menyeimbangkan kadar hormon, menyembuhkan gejala menopause, dan membantu persalinan. 

Selain itu minyak primrose juga sangat efektif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit peradangan ataupun gangguan imunitas. Manfaat yang dimiliki oleh primrose antara lain mengatasi jerawat, menutrisi kulit kepala dan rambut, menutrisi kulit, dan lain-lain. 

 

Baca selengkapnya: Berikut Manfaat yang Dimiliki Minyak Evening Primrose

 

  1. Minyak Jojoba

Jojoba

Cairan yang dihasilkan dari benih tanaman simmondsia chinensis menghasilkan minyak jojoba. Amerika Serikat di bagian barat daya merupakan tempat dimana tanaman ini berasal, tanaman ini juga termasuk dalam jenis semak asli, yang lebih tepatnya tumbuh di daerah gurun Arizona, California selatan, dan Meksiko. Vitamin dan mineral yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, zink, dan juga tembaga dapat ditemukan di jenis minyak yang satu ini.

Dalam keluarga minyak alami, minyak jojoba termasuk yang paling aman dengan tingkat alergi yang sangat rendah. Kandungan wax easter di dalam minyak jojoba memiliki karakteristik yang sama dengan struktur komposisi kulit manusia sehingga dapat dipastikan aman bagi kulit manusia. Dapat dipastikan bahwa minyak jojoba tidak menggunakan bahan pengawet yang mampu merusak kulit karena minyak jojoba ini sendiri tidak mudah teroksidasi. Minyak jojoba memiliki manfaat untuk kulit sebagai pelembap kulit, antiaging, pencegah timbulnya jerawat, dan beragam manfaat lainnya. 

 

Baca selengkapnya: Beragam Manfaat yang Dimiliki Jojoba

leave a Comment