ImageSering liburan di pantai pastinya anda suka sekali yang namanya berjemur dan berenang, dan biasanya kedua hal tersebut mampu membuat kulit anda menjadi belang. Kulit belang seringkali membuat penampilan anda kurang menarik, sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh sebab itu, alangkah baiknya ketahuilah cara-cara ampuh menghilangkan kulit belang agar kulit anda memiliki warna yang rata seperti kulit asli. 

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara mengatasi kulit belang termasuk cara menghilangkan kulit belang di wajah dan menghilangkan belang di tangan.

 

Apa itu kulit belang? 

Kulit belang ialah penampakan kulit yang tidak rata sebagaimana warna kulit asli. Orang dengan kulit belang bisa jadi memiliki kulit belang yang lebih terang ataupun lebih gelap dari aslinya. Kebanyakan juga orang yang sering terpapar panas memiliki warna belang yang lebih gelap dari kulit aslinya. 

 

Inilah cara ampuh menghilangkan kulit belang

Anda perlu mengetahui bahwa cara menghilangkan belang di wajah tak perlu susah-susah ke salon maupun klinik kecantikan. Karena anda mampu menghilangkan belang di tangan atau di wajah dengan menggunakan cara yang alami dan juga ampuh.

Eitss … tenang dengan cara ini anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Beginilah beberapa cara ampuh menghilangkan kulit belang yang praktis di rumah: 

 

  1. Kulit jeruk 

Jika kalian sangat suka memakan jeruk dan selalu membuang kulitnya sebaiknyaa mulai dari sekarang janganlah dibuang. Karena ternyata kulit jeruk mampu digunakan untuk menghilangkan belang di tangan atau bagian lainnya. Cara mengatasi kulit belang dengan menggunakan kulit jeruk terlebih dahulu harus mengeringkan dan menghaluskannya menjadi bubuk. 

Setelah kulit jeruk menjadi bubuk lalu campurlah 2 sendok teh bubuk kulit jeruk tersebut dengan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh brown sugar. Balurkan campuran tersebut ke bagian kulit wajah dan bagian kulit lainnya yang belang. Lalu diamkan selama 15 menit, setelah itu bilaskan. 

Lakukanlah cara ini dengan rutin hingga kulit belang anda hilang dan memiliki warna yang rata. Bahkan cara ini tidak hanya menghilangkan kulit belang tetapi juga menutrisi kulit, karena kandungan vitamin E di dalam kulit jeruk sangat baik bagi kesehatan kulit. 

 

  1. Air lemon

Lemon adalah kelompok jeruk yang baik digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang di wajah dan area tubuh lainnya. Tidak hanya bagian kulitnya, bahkan air perasan air lemot juga dapat digunakan untuk mengatasi belang.

Caranya sangatlah mudah, anda hanya cukup mencampurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 sendok makan gula. Setelah itu aduk rata bahan-bahan tersebut lalu campurlah dengan 2 sendok makan madu. Balurlah bahan tersebut ke bagian kulit wajah ataupun bagian kulit lainnya yang belang sambil dipijat secara halus lalu bilas. 

 

  1. Lidah buaya

Untuk anda yang selalu beraktifitas dan selalu terkena paparan sinar matahari tentu saja mampu membuat warna kulit anda menjadi lebih gelap dari kulit asli. Pada akhirnya kulit pun menjadi belang karena bagian kulit yang lebih gelap. Anda bisa menghilangkan belang gelap di kulit dengan memutihkan bagian tersebut. 

Lidah buaya merupakan bahan alami yang mampu memutihkan bagian belang yang gelap tersebut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat yaitu membantu menjaga kulit tetap lembap. Cara menghilangkan belang dengan lidah buaya pun cukup mudah, dengan cara mengoleskan gel lidah buaya dan minyak almond ke bagian kulit yang lebih gelap selama 15-20 menit setelah bilaskan. 

 

  1. Pasta mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk membantu memperbaiki warna kulit dan mampu mengurangi belang. Ada dua cara di dalam menggunakan mentimun untuk mengatasi kulit belang. 

Cara pertama ialah dengan mencampurkan mentimun yang sudah diblender dengan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga menjadi pasta, setelah itu anda dapat mengaplikasikan campuran ini sebagai masker pada pagi dan malam hari di bagian kulit yang belang.

Hasil dari penggunaan bahan alami ini biasanya biasanya akan mulai nampak setelah 1 minggu. Selain itu, cara kedua adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan pasta mentimun, 2 sendok teh tepung, dan 2 sendok teh air lemon. Campur dan aplikasikan sebagai masker selama 20 menit. Bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

  1. Scrub bengkuang

Bengkuang sudah lama sangat dikenal akan khasiatnya yang mampu mencerahkan dan memutihkan kulit. Ini juga berarti bahwa bengkuang juga mampu digunakan digunakan sebagai cara mengatasi kulit belang karena memiliki efek memutihkan.

Alasan mengapa kulit anda belang adalah bagian kulit yang lebih gelap dari warna kulit asli. Maka dari itu, jika anda memutihkan kulit yang gelap maka warna kulit anda akan sama dan tidak belang. 

Cara menggunakan bengkuang untuk menghilangkan belang di wajah, tangan, dan lainnya adalah dengan menjadikannya sebagai scrub. Pertama-tama parutlah bengkuang, lalu campurlah dengan menggunakan yogurt plain dan garam (sebagai scrub)

Setelah itu, gosok-gosoklah scrub bengkuang ini secara perlahan ke bagian tubuh yang lebih gelap akibat paparan sinar matahari. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilaslah. Penggunaan scrub rumahan ini tak hanya dapat menghilangkan belang pada kulit, namun juga mampu membuat kulit terasa lebih menyegarkan. 

 

Dan itulah beberapa cara ampuh dan mudah menghilangkan belang, gampang bukan? Dan juga dengan anda rutin melakukan beberapa cara di atas maka belang yang anda alami segera hilang.

Sumber: 

  1. Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid. 2008. Terapi Herbal dan Pengobatan Cara Nabi SAW. Depok: Penebar Plus
  2. Andini. 2009. 199 Tips Cantik Mudah dan Murah. Yogyakarta: Media Pressindo
  3. doktersehat.com/4-bahan-yang-akan-membantu-menghilangkan-belang-di-kulit/

leave a Comment