primrose

Evening Primrose merupakan bunga kecil berwarna kuning yang tumbuh pada saat musim panas maupun musim semi. Bagian yang biasa dimanfatkan dari tumbuhan ini adalah bijinya. Dengan cara mengekstrak biji pohon evening primrose, Anda mampu menghasilkan minyak esensial dari tumbuhan ini. 

Anda dapat menemukan tanaman ini di kawasan Amerika Utara dan Amerika Timur, tanaman ini juga termasuk dalam kategori tanaman liar. Sejak dahulu kala, tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat.  

Minyak esensial yang dihasilkan oleh Evening Primrose memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala menopause, membantu persalinan, dan bahkan dapat menyeimbangkan kadar hormon. Minyak ini juga menjadi salah satu dari minyak essensial yang biasanya digunakan untuk perawatan kesehatan ataupun kecantikan.

Tanaman ini mengandung asam lemak esensial yang sangat tinggi. Salah satu jenis minyak yang paling banyak ditemukan ialah asam gamma linoleat. Bahkan, hampir dari semua tanaman ini mengandung sekitar 65% asam linoleat. Kandungan asam gamma linoleat memiliki manfaat untuk mengubah hormon yang berpengaruh pada tingkat perasaan saat perempuan sedang haid. 

Gangguan imunitas dan berbagai jenis penyakit peradangan juga dapat diatasi dengan minyak Primrose ini.  Inilah beberapa manfaat yang terdapat pada minyak Evening Primrose. 

 

  1. Mengatasi Jerawat

Anda dapat mengatasi munculnya jerawat menggunakan minyak esensial Evening Primrose. Asam gamolenic yang terkandung di dalam minyak Evening Primerose memiliki manfaat antiinflamasi dan dapat melembapkan kulit.

 

  1. Menutrisi Kulit Kepala dan Rambut

Minyak Evening Primrose memiliki khasiat untuk memperbaiki kondisi rambut, hal ini karena minyak Evening Primrose mengandung omega 6. Anda juga dapat mengonsumsi minyak evening primrose 500 miligram dua kali sehari dan lihatlah perubahan pada rambut Anda dalam 6-8 minggu. Khasiat minyak Evening Primerose akan lebih maksimal jika dicampurkan dengan sampo. Keampuhan yang dimiliki oleh minyak Evening Primrose dalam mengatasi rambut rontok juga sudah dibuktikan secara nyata melalui tes yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center. 

 

  1. Menutrisi Kuku

Minyak evening primrose dapat Anda jadikan sebagai pilihan agar kuku Anda menjadi lebih sehat. Minyak Evening Primrose membuat kuku Anda menjadi tidak mudah patah, bahkan minyak ini sendiri dapat menutrisi kuku Anda karena asam lemak LA dan GLA yang terkandung di dalamnya. Oleskanlah minyak ini pada kuku Anda secara rutin tiap malam.

 

  1. Memudarkan Bintik Hitam

Minyak evening primrose dipercaya dapat mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam atau hiperpigmentasi. Anda hanya perlu mencampurkan minyak argan dengan minyak primrose dengan takaran yang sama serta tambah dengan beberapa tetesan perasan lemon, setelah itu oleskan pada area yang bermasalah agar warna kulit lebih merata. 

 

  1. Mampu Mengatasi Eczema dan Berbagai Penyakit Kulit

Eczema merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, bengkak, dan kasar. Minyak evening primrose dapat mengatasi penyakit kulit tersebut, bahkan International Journal of Cosmetic Science menyebutkan bahwa minyak Evening Primrose dapat memperbaiki struktur dan fungsi sel kulit menjadi lebih sehat serta meredakan inflamasi pada kulit. 

 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh minyak Evening Primrose. 

leave a Comment