dryfoot

Kaki pecah-pecah pada tumit kaki merupakan permasalahan yang umum dialami oleh banyak orang, kulit telapak kaki memang pada dasarnya lebih kering daripada bagian tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Ketika Anda memiliki kaki pecah-pecah tentunya dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bahkan lebih parahnya lagi apabila pecah-pecah atau retakan pada kaki Anda tersebut terlalu dalam, terkadang akan menimbulkan rasa sakit ketika Anda berjalan atau berdiri. 

Kulit kaki atau tumit kaki yang pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh banyak hal, beberapa kebiasaan yang membuat kaki pecah-pecah antara lain seperti sering berdiri terlalu lama, sering berjalan tanpa alas kaki, menggunakan sepatu yang tidak pas, dan mandi terlalu lama atau menggunakan sabun yang memiliki bahan iritatif. 

 

Sementara itu, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kaki pecah-pecah meliputi:

  1. Infeksi jamur, dermatitis atopik, dan psoriasis.
  2. Kaki kapalan.
  3. Penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipotiroidisme.
  4. Malnutrisi atau kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A dan lemak. 
  5. Obesitas.

Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit menjadi cenderung kering. Berikut inilah beberapa tips agar mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah.

 

  1. Meminum Banyak Air

Apabila Anda tidak meminum air dengan cukup, maka mulut dan tenggorakan Anda akan terasa kering dan juga serak. Hal yang sama pun berlaku pada kulit. Minum banyak air akan membuat kulit Anda menjadi lembap, sehingga tumit kaki pecah-pecah Anda dapat pulih secara perlahan. 

 

  1. Menggosok Kaki Agar Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Anda mungkin sudah tidak asing dengan batu apung yang sering digunakan untuk mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah, Anda perlu mengetahui bahwa batu ini cukup ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu merendam kulit kaki yang pecah-pecah dalam air selama 5 menit atau sampai kulit Anda terasa lebih lembut. Setelah itu, basahi batu apung dengan air hangat, lalu gosokkan secara perlahan pada area kaki yang pecah-pecah. Lakukanlah perawatan ini selama 2 hingga 3 menit. 

Setelah selesai, oleskan kulit yang bermasalah dengan pelembap. Selain dengan batu apung, kaki juga dapat digosok dengan menggunakan sikat kaki atau scrub khusus kaki.

 

  1. Menggunakan Pelembap

Anda dapat menggunakan pelembap yang kental seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Semakin lengket dan berminyak krim pelembap yang Anda gunakan, semakin bagus untuk menyembuhkan tumit kaki yang pecah-pecah. 

Pertama-tama Anda harus mengoleskan pelembap pada tumit kaki yang pecah-pecah dengan tebal setiap malam sebelum tidur, setelah itu bungkus kaki Anda menggunakan kaus kaki dan biarkan menyerap selama semalaman. Sangat disarankan agar Anda melakukannya setelah mandi agar mendapatkan hasil yang terbaik. 

 

  1. Hindari Mandi Dengan Air Panas

Jika Anda ingin berendam atau mandi dengan shower, alangkah baiknya agar tidak menggunakan air panas. Hal ini karena mandi dengan menggunakan air panas dapat menjadikan kulit cepat kering dan rusak, sehingga kaki pecah-pecah sulit membaik.

 

  1. Menggunakan Sabun yang Lembut

Agar kondisi kulit Anda yang rusak menjadi cepat membaik, sangat penting untuk menjaga kondisi dari tumit kaki yang pecah-pecah agar tetap bersih. Namun Anda harus berhati-hati, membersihkan kaki menggunakan sabun yang berbahan kimia keras atau bersifat iritatif justru dapat membuat kulit terlalu kering. 

 

Agar kelembapan pada kaki Anda tidak hilang dan iritasi tidak terjadi pada kaki Anda, sebaiknya gunakanlah sabun yang memiliki bahan lembut. 

 

 

leave a Comment