Rambut

Ilustrasi rambut

Di-blow dry, disasak, diberi wax, gel, styling foam dan mousse sudah menjadi gaya hidup sehari-hari wanita saat ini. Silakan melanjutkan semua rutinitas ini, namun jangan lupa untuk melakukan perawatan yang intensif sesudahnya. Selain shampo dan kondisioner, rambut Anda membutuhkan perawatan ekstra. Masker rambut adalah salah satu solusinya.

Masker rambut dapat menjaga rambut Anda tetap indah. Walau terhitung perawatan yang simpel, masker rambut terbukti jitu untuk menutrisi dan memperbaiki tekstur rambut dari luar. Namun, cara memasker rambut yang kurang tepat, dapat mengurangi hasil yang diidamkan. Bahkan bisa berpotensi menimbulkan masalah rambut yang baru. Berikut adalah teknik memasker rambut di rumah yang tepat.

1. Pastikan rambut Anda sudah dicuci dengan shampo dan dibilas bersih sebelum melakukan masker. Anda boleh melewatkan pengaplikasian kondisioner agar sel batang rambut tidak tertutup, sehingga bisa menyerap lebih banyak nutrisi pada masker rambut. Sebaiknya gunakan air dingin saat keramas, agar pori-pori kulit dan kutikula terbuka sehingga siap menerima serta menyerap nutrisi di dalam masker.

2. Pastikan juga rambut masih dalam keadaan setengah kering dan lembap, serta peras rambut hingga airnya sudah tidak menetes. Oleskan masker rambut menggunakan jemari, dimulai dari akar rambut secara merata. Berikan pijatan lembut pada kulit kepala. Cara ini akan memperlancar peredaran darah, sehingga proses regenerasi sel kulit kepala pun berjalan lancar.

3. Jika jenis rambut Anda kombinasi, yakni kulit kepala berminyak tapi rambut cenderung normal ke kering, maka berkonsentrasilah pada bagian batang rambut bukan pada akar. Jika tipe rambut Anda kering, bercabang atau kusam, maka oleskan masker rambut ke seluruh akar rambut kemudian dilanjutkan ke batang rambut.

4. Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut Anda dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.

5. Untuk aplikasi mingguan, diamkan masker antara 3 sampai 5 menit. Untuk jenis masker rambut yang diformulasi untuk merawat rambut rusak atau rambut yang sangat dehidrasi, butuh sekitar 2-3 menit lebih lama untuk didiamkan di rambut, agar nutrisi dalam masker benar-benar terserap hingga lebih mendalam.

6. Saat dibilas, gunakan air hangat. Membilas masker tidak seperti membilas shampo dan kondisioner. Masker perlu dibilas dengan seksama dan berulang kali. Mungkin ini sepele, tapi justru hal penting ini yang sering terabaikan.

Bila Anda merasa rambut terasa lepek usai dimasker, itu merupakan pertanda bahwa pembilasan yang dilakukan tidak tuntas. Cara membilas yang paling tepat adalah dengan mandi shower. Masker yang tidak tuntas dibilas dapat meninggalkan residu. Bila menumpuk, akibatnya rambut terasa gatal, atau bahkan bisa memicu munculnya ketombe.

Tip: Idealnya masker rambut diaplikasikan sebulan sekali. Namun sebaiknya lebih rutin diaplikasikan apabila aktivitas Anda membuat rambut sering mengalami kontak langsung dengan alat catok, hair dryer, klorin di air kolam, air laut, sering terpapar sinar ultraviolet yang berlebihan, dan sering melakukan pewarnaan atau pelurusan maupun pengeritingan rambut.

 

Sumber :

http://www.pusatkosmetik.com

leave a Comment