Ketombe sangatlah mengganggu penampilan, bahkan mampu mengundang hal memalukan ketika ketombe tersebut jatuh di atas pakaian yang sedang dipakai. Ketombe juga disebabkan oleh bermacam hal, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. 

Akan tetapi ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Berikut cara menghilangkan ketombe secara alami yang mesti Anda ketahui.

 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau yang dikenal sebagai Aloe vera memiliki banyak manfaat, kandungan yang ada di dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tak hanya untuk menghitamkan rambut, menjadikan rambut lebih berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Beginilah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya: 

  1. Haluskan daging lidah buaya secukupnya
  2. Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala
  3. Pijat dengan lembut agar meresap pada kulit kepala
  4. Biarkan selama 30 menit bilas dengan air hingga bersih

 

  1. Daun sirsak

Acetogenin merupakan salah satu kandungan yang memiliki manfaat untuk kesehatan yang terdapat di dalam daun sirsak, acetogenin ialah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifost) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Akan tetapi daun sirsak tidak hanya sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun secara ajaib sangatlah beracun bagi serangga maupun parasit. Dikarenakan itulah daun sirsak mampu digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu hingga ketombe. 

Beginilah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan daun sirsak:

  1. Siapkan beberapa helai daun sirsak 
  2. Tumbuk sampai halus
  3. Tambahkan sedikit air
  4. Gunakan sebagai masker pada rambut 
  5. Oleskan hingga merata
  6. Biarkan selama 30 menit 
  7. Bilas dengan air sampai bersih

 

  1. Jeruk nipis

Jerus nipis menjadi jenis jeruk yang paling kaya akan vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tak lupa juga asam sitrat yang dapat membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga mampu digunakan untuk membasmi ketombe. 

Beginilah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan jeruk nipis:

  1. Peras buah jeruk nipis
  2. Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya 
  3. Oleskanlah pada rambut
  4. Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
  5. Bilas dengan air bersih

 

  1. Garam

Garam selain digunakan untuk bumbu dapar, namun juga memiliki manfaat yang mampu digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini dapat mengangkat kulit mati yang terdapat di kepala. 

Beginilah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan garam: 

  1. Sediakan garam secukupnya
  2. Gosokkan garam pada kulit kepala
  3. Diamkan sebentaro
  4. Bilaslah kepala dengan air bersih

 

  1. Bawang merah

Mungkin beberapa orang kerap kali menemuka orang tua yang memberikan tumbukan bawang merah pada kepala bayi, hal ini benar adanya agar rambut menjadi lebih tebal. Akan tetapi tidak hanya itu saja, Anda dapat menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Beginilah cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe menggunakan bawang merah: 

  1. Sediakan bawang merah
  2. Kupas kulitnya, kemudian haluskan
  3. Oleskan merata pada kulit kepala
  4. Diamkan beberapa saat
  5. Setelah itu bilaslah dengan air bersih

 

Sumber: 

Liputan6.com

leave a Comment