Bisnis KecantikanSetiap hari kita mungkin selalu memakai produk kecantikan. Tak hanya perempuan, kaum pria juga banyak yang memakainya meski beda produk dan fungsinya. Namun banyak orang yang tidak sadar kalau produk kecantikan juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Jadi seperti produk makanan atau minuman serta perawatan tubuh, produk kosmetik juga punya masa kedaluwarsa yang tak boleh diremehkan.  Hal tersebut disampaikan oleh makeup artist profesional, Philip Kwok.  Menurutnya, banyak orang salah sangka tentang masalah ini dengan hanya terpaku pada tanggal yang tertulis pada produk saja.

  1. Jangan Terpaku Dengan Tulisan Expired

Terkadang tulisan expired dibuat ketika produk didaftarakan. Expired yang sebenarnya ketika kita buka tutup dari produk lipstik tersebut.

Contohnya:

Lipstick yang akan kita pakai pastinya akan kita buka terlebih dahulu kemasannya, pada saat kita membuka tutup lipstiknya disitulah masa expirednya berlaku.

  1. Tak Bertahan Lama

Produk kecantikan biasanya tidak akan bertahan lama ketika sudah dibuka. Karena itu, setiap orang perlu memberi label pada produk agar tidak lupa kapan pertama kali dibuka.

Lipstik ketika dibuka paling lama bertahannya hanya 12 bulan, untuk maskara hanya enam bulanan dan yang paling lama bertahan itu adalah powder.

  1. Pembelian Via Online

Philip juga menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik atau kecantikan, khususnya melalui penjualan online.

“Saran saya kalau mau beli kosmetik mending langsung, jangan online. Karena kita enggak tahu kan itu kedaluwarsanya kapan. Efeknya tuh bisa jamuran, gatel dan bahaya,” pungkas Philip tentang produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa.

Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3999541/cara-menghitung-masa-kedaluwarsa-produk-kecantikan

leave a Comment