serum

Skincare telah menjadi sebuah perawatan yang sulit ditinggalkan karena sangatlah penting untuk dilakukan, di pasaran pun produk-produk skincare dapat dengan mudah ditemukan. Akan tetapi setiap produk skincare memiliki efek dan masalah yang berbeda untuk setiap jenis kulit, maka dari itu satu produk skincare belum tentu akan cocok digunakan oleh semua orang.

Ada beberapa orang yang memang cocok menggunakan produk skincare hingga mendapatkan hasil yang nyata, namun ada juga yang memang tidak cocok menggunakan produk skincare tersebut dan justru malah berakhir dengan hasil yang sangat ditakuti. Oleh karena itu, ketahuilah 5 tanda ini sebagai bukti jikalau skincare yang Anda pakai tidak cocok di kulit Anda. 

 

  1. Rasa gatal timbul pada kulit

Rasa gatal dapat timbul pada kulit ketika Anda menggunakan skincare yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda, hal ini muncul karena disebabkan oleh sensitivitas formula yang terkandung dalam skincare yang Anda gunakan. 

Alangkah baiknya saat rasa gatal muncul usahakan jangan sampai Anda menggaruknya, karena dapat menyebabkan luka. Anda dapat mendatangi dokter kulit untuk mengetahui penyebab pastinya masalah tersebut, dan memang apabila dikarenakan sensitivitas formula yang terdapat di dalam skincare, sebaiknya mulai menghentikan pemakaian. 

 

  1. Kulit mengering hingga bersisik

Ciri-ciri penggunaan skincare yang tidak cocok untuk kulit Anda salah satunya adalah kondisi kulit yang mengering dan bahkan hingga Anda mampu merasakan kulit berubah menjadi terasa bersisik. Hal ini terjadi karena kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan pada skincare yang terlalu keras untuk wajah Anda. 

Ketika hal itu terjadi alangkah baiknya untuk menghentikan terlebih dahulu pemakaian dan kembalikanlah kelembapan pada kulit wajah dengan menggunakan pelembap yang memang sudah lama cocok untuk digunakan. Apabila Anda bingung pelembap apa saja yang cocok digunakan untuk kulit Anda, maka Anda dapat mendatangi dokter kulit untuk berkonsultasi dan menanyakan produk pelembap apa saja yang cocok untuk diaplikasikan ke kulit Anda. 

 

  1. Timbulnya jerawat

Jerawat memang dapat muncul dengan beberapa faktor, salah satunya diakibatkan karena penggunaan skincare. Bisa jadi jerawat yang muncul saat Anda baru mengaplikasikan skincare menjadi bukti, bahwasanya skincare tersebut tidak cocok untuk Anda gunakan. Anda dapat mulai menghentikan pemakaian produk skincare tersebut. 

 

  1. Kulit berubah semakin gelap dan kusam

Selain memiliki tujuan untuk menyehatkan kondisi kulit wajah, pasti Anda yang kerap kali memakai skincare pun mengharapkan kulit wajah mampu menjadi lebih cerah. Namun bukannya mendapatkan kulit yang lebih cerah, justru kulit wajah Anda menjadi lebih gelap dan kusam. Mungkin hal tersebut menjadi pertanda jika kulit wajah Anda tidak cocok dengan kandungan skincare yang mampu mencerahkan tersebut.

Alangkah baiknya Anda mulai menghentikan penggunaan produk skincare tersebut sementara waktu, dan untuk pemakaian selanjutnya Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Munculnya ruam dan kemerahan

Ketika kulit wajah Anda mengalami timbulnya kemerahan dan juga ruam, maka hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa skincare yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit wajah Anda. Hal tersebut terjadi mampu terjadi karena skincare yang Anda gunakan memiliki kandungan bahan aktif yang tinggi, sehingga kulit langsung bereaksi dan dapat menyebabkan alergi maupun iritasi. Tidak hanya itu, kandungan acrylates dan parfum juga menjadi alasan ruam tersebut muncul.

Jika Anda sudah mulai merasakan tanda-tanda yang disebutkan di atas, maka alangkah baiknya hentikan dahulu pemakaian skincare. Hal ini karena bagaimanapun juga Anda harus mementingkan kesehatan kulit Anda terlebih dulu. 

 

Sumber: 

Beautynesia.id

 

leave a Comment