Dari banyak ragam jenis industri yang berkembang, industri kecantikan merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Dewasa ini, tidak hanya kaum wanita, kaum pria pun kini lebih sadar akan penampilan mereka dengan melakukan perawatan dan menggunakan produk kecantikan demi menjaga penampilan mereka.

 

Bisnis kecantikan merupakan salah satu bisnis dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia. Pada 2017, tingkat pertumbuhan bisnis kecantikan di Indonesia mencapai 10.6% sedangkan di Amerika Serikat, menurut NPD Group, pertumbuhan industri kecantikan mencapai 45% dari total pertumbuhan industri di negara tersebut. Hal ini membuktikan bahwa geliat pasar dari bisnis kecantikan tidak pernah pudar. Di Indonesia, faktor eksternal seperti politik mungkin akan mempengaruhi pertumbuhan dari bisnis kecantikan namun tingkat penurunannya tidak terlalu besar mengingat demografi penduduk yang beragam, jumlah penduduk yang banyak dan wilayah yang luas.

 

Make-up kits

Mengingat besarnya animo dan masyarakat akan bisnis kecantikan, bisnis tersebut  menjadi sangat menggairahkan. Meskipun diproyeksikan bisnis kecantikan akan memberikan keuntungan, jika bisnis kecantikan dijalankan dengan planning yang buruk, bisnis ini akan menimbulkan kerugian. Untuk menjalankan bisnis kecantikan bagi pemula, berikut tips yang bisa dilakukan demi mendapatkan pangsa di pasaran yang sudah ada.

 

Hindari Apa yang Lagi Menjadi Tren di Pasaran

 

Sebagai pemain baru, kamu memulai bisnis kosmetik dari awal. Ketika memulai bisnis dari awal dan bisnis belum berkembang, kamu bisa memulai bisnis dari produk yang tidak menjadi tren. Produk yang sedang menjadi tren di pasaran tentunya sudah diisi oleh pemain besar yang sudah lama terjun di bisnis ini. Jika kamu ikut terjun di pasar produk yang sedang menjadi tren, tentunya bisnis yang kamu jalani akan kalah bersaing dengan pemain besar. Belum lagi bisnis kecantikan yang kamu jalani belum dikenal oleh orang banyak. Untuk itu, memulai bisnis kecantikan dari produk yang tidak sedang menjadi tren merupakan langkah awal yang bagus.

 

Tentukan Segmentasi  Pasar

 

Sebelum memulai bisnis kecantikan, kamu harus menentukan terlebih dahulu segmentasi pasar yang akan kamu tuju. Segmentasi pasar bisa digunakan sebagai guide mengenai sasaran pasar yang akan kamu tuju. Selain itu, memilih segmentasi pasar juga dapat membuat bisnis kecantikan yang kamu bangun bisa menjadi brand personal di pasaran yang akan kamu tuju. Kamu bisa memilih segmentasi seperti segmen pasar menengah ke bawah, segmen produk-produk yang ramah lingkungan, dan lain sebagainya. 

 

Kembangkan Inovasi

 

Tingkat persaingan yang tinggi membuat kamu harus melakukan inovasi. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah misalnya pemberian layanan customer service. Salah satu pelaku bisnis kecantikan yang mengembangkannya adalah Sephore. Perusahaan kosmetik asal Prancis ini mengembangkan sebuah inovasi di mana pelanggan atau calon pelanggan bisa mencoba berbagai jenis kosmetik yang akan dibeli di dalam sebuah aplikasi ponsel dengan wajah virtual sebagai objeknya. Pelayanan yang menarik tentu akan membuat bisnis kecantikan yang kamu jalankan berbeda dengan perusahaan lainnya. Inovasi dalam pelayanan akan memberikan kesan menarik bagi para pelanggan.

 

Pasarkan Bisnis Kamu di Sosial Media

 

Kegunaan sosial media bukan hanya untuk menyebarkan momen menarik di dalam hidupmu. Sosial media bisa dimanfaatkan sebagai salah satu tempat di mana kamu bisa mempromosikan produk atau bisnis yang kamu punya. Cobalah untuk memasarkan beberapa produk di semua sosial yang kamu punya. Sertakan gambar yang menarik agar banyak orang lain tertarik untuk melihatnya. Sertakan juga caption yang menarik, tidak terlalu panjang dan bertele-tele. 

 

Informasikan Ke Orang Terdekat

 

Sebelum terjun ke pasar langsung, kamu bisa mempromosikan produk-produk kecantikan yang kamu miliki ke orang-orang terdekat. Selain memasarkan di sosial media, kamu bisa memasarkan produk atau bisnis yang kamu jalankan ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, kolega, dan tetangga. 

 

Sumber

https://www.hashmicro.com/blog/how-to-start-beauty-cosmetics-business/https://

www.designhill.com/design-blog/10-marketing-tips-to-promote-your-cosmetic-brand-effectively/

https://industri.kontan.co.id/news/industri-kecantikan-pede-bisnis-kian-bertumbuh-pebisnis-gencar-ekspansi

 

Sumber Gambra

https://www.byrdie.com/types-of-makeup-foundations

http://www.zymcosmetics.com/run-successful-cosmetics-business/

 

leave a Comment