eyelash

sumber: extensionsjeska.com

Pasti wanita selalu mengidam-idamkan sekali untuk mempunyai bulu mata panjang dan juga lentik tanpa harus menggunakan bulu mata palsu setiap harinya, yang terkadang malah membuat mata perih dan memerah bagi sebagian orang. Hampir semua wanita juga pasti menyukai dengan bulu mata lebat, lentik, dan juga panjang. 

Eitss … tapi tenang, sekarang ada kabar baik, yaitu metode eyelash extension yang mampu ‘memanjangkan’ bulu mata anda dalam waktu satu sampai dua jam. Harganya pun juga bervariasi, dan biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman alias profesional. Jadi, anda sudah tidak perlu merasa khawatir kalau bakal terjadi ‘malpraktek’ saat eyelash extension. Tapi sebelumnya, anda harus tahu terlebih dahulu fakta-fakta menarik dari eyelash extension ini. Berikut, 10 fakta eyelash extension yang mesti anda ketahui. 

 

  1. Eyelash extension membuat anda tak perlu repot-repot menggunakan pakai maskara maupun eyeliner

Saking lebat dan juga panjangnya, eyelash extension mampu menciptakan ilusi seolah-olah anda sudah memakai maskara maupun eyeliner. Dengan begini, anda tak perlu repot-repot lagi membeli maskara dan eyeliner. Sehingga anda dapat lebih berhemat lagi. 

 

  1. Eyelash extension tak sama dengan temporary lash

Tidak sedikit orang yang masih bingung dalam membedakan eyelash extension dengan temporary lashes atau yang biasa dikenal sebagai bulu mata palsu. Meskipun sama-sama mengandalkan bulu mata palsu, eyelash extension dan temporary lashes berbeda dalam beberapa hal. Misalnya, temporary lashes dapat dibongkar dibongkar pasang atau dipakai saat beraktivitas dan dilepas ketika anda ingin menghapus make up, sedangkan eyelash extension akan bertahan di mata anda selama beberapa bulan bahkan juga dibawa tidur pun boleh-boleh saja. Perbedaan lainnya, temporary lashes dipasangkan tepat di garis bulu mata, sementara eyelash extension dilem di atas bulu mata asli. 

 

  1. Belum tentu bulu mata anda akan selentik punyanya Kim Kardashian

Apa yang anda harapkan dari eyelash extension? Tentunya bulu mata yang panjang dan juga lentik, kan? Kalau boleh, selentik milik artis idola anda. Kim Kardashian, misalnya. Namun faktanya, ‘kemampuan’ bulu mata menunjang fake eye lashes setiap orang berbeda-beda. Tipe bulu mata yang akan diekstensi dipilih berdasarkan panjang dan kekuatan bulu mata anda yang asli. Kalau fake eyelashnya terlalu panjang ataupun terlalu tebal, maka bulu matamu yang asli akan menjadi rapuh dan jugah mudah rontok. 

Salah satu cara untuk mengetahui tipe eyelash extension yang tepat adalah dengan bertanya pada ahlinya. Pastikan juga orang yang menangani eyelash extension sudah bersetifikat dan berpengalaman di bidangnya. Umumnya, ahli eyelash extension akan memberi tahu dan menjelaskan bahan-bahan apa saja yang akan digunakan, misalnya berasal dari sutra atau sintetis. Informasi sangat berguna, terlebih dalam memutuskan tipe eyelash extension yang akan anda ambil. 

 

  1. Tidak dapat bebas bergerak ketika tidur

Selayaknya orang yang sedang diet atau menjalani perawatan khusus, anda yang baru saja menjalani eyelash extensions juga memiliki pantangannya tersendiri. Selain dilarang untuk menangis, berkeringat, dan mengucek mata, anda juga harus tidur terlentang setidaknya 12-24 jam. Anda pastilah tidak mau, uang anda melayang sia-sia hanya karena posisi tidur yang tidak semestinya dan menyebabkan eyelash extension anda berantakan.

 

  1. Teknik pengaplikasian fake eyelash terus berkembang

Selain metode klasik, teknik lainnya yang juga tak kalah populer ialah Russian Volume (dikenal pula dengan sebutan 3D Lashing atau Volume Technique). Teknik ini juga sangatlah unik, memasangkan lash extension, satu per satu, tepat di atas bulu matamu. Hasilnya, bulu matamu akan terlihat lebih tebal, bervolume, dan panjang tapi tetap natural. 

 

  1. Sangat disayangkan, biaya dan perawatan eyelash extensions cenderung mahal

Karena eyelash extensions berhubungan dengan mata dan area ini biasanya sangat sensitif, maka biaya pemasangan dan perawatannya juga tidaklah murah. Bukankah anda tidak ingin mempercayakan area mata anda dengan orang yang kurang atau bahkan sama sekali tidak punya pengalaman di bidang ekstensi bulu mata? 

Di jakarta sendiri biaya eyelash extensions di beberapa klinik atau studio ekstensi terkemuka sekitar dua ratus ribu hingga jutaan rupiah. Agar cita-cita anda untuk memiliki bulu mata yang lentik dan panjang, anda harus terlebih dahulu menabung dari sekarang. 

 

  1. Susah pakai eyeliner

Walaupun sudah memberikan ilusi seolah-olah sudah memakai eyeliner, tetap saja ada suatu waktu di mana anda menginginkan sekali ‘tuk mengaplikasikan eyeliner favorit. Sayangnya, karena bulu ekstensinya terlampau lebat dan panjang, anda kesusahan untuk melihat ujung garis eyeliner ketika diaplikasikan. Kalau sudah begini, pilihlah eyeliner yang brushnya lembut. Kalau brushnya kasar, dan anda harus mengulang-ulang pengaplikasian dengan tujuan agar lebih intense, khawatirnya akan ‘merusak’ ekstensi bulu mata tersebut. 

Mengucek daerah mata ialah hal yang tidak boleh dilakukan sepanjang ekstensi masih kukuh berada di sana. Hindari pemakaian kapas atau pembersih berbahan oil karena hanya akan menghilangkan lem ekstensi secara tidak sengaja. Jadi, jika anda mau menghapus riasan mata, pilihlah facial cleansing yang oil-free. Gerakan membersihkannya pun tidak boleh kasar dan juga terburu-buru, tapi pelan-pelan sampai semua makeup bersih dengan sempurna.

 

  1. Di sisi lain, eyelash extension dapat membuat mata anda merah dan iritasi

Eyelash extensions memang pilihan yang tepat jikalau anda ingin menampilkan kesan ‘dramatic look’ untuk mata. Sayangnya, metode ini juga datang dengan beberapa kekurangannya. Berdasarkan suatu riset yang dilakukan terhadap orang Jepang, setelah melakukan eyelash extension, mereka mengalami yang namanya mata gatal, memerah, dan bahkan bengkak. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah alergi terhadap bahan formaldehyde yang terkandung di dalam lem ekstensi. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu pada ahli ekstensi kandungan apa yang terdapat dalam lem lash extensions. Lem yang aman seharusnya mengandung butyl cyanoacrylate dan octyl cyanoacrylate karena cepat kering dan tidak berbau.

Efek negatif lain yang didapat dari ekstensi bulu mata adalah pembengkakkan atau bahkan kerusakan membrane yang melindungi bola mata. Kemungkinan besar keadaan ini diakibatkan oleh pemakaian selotip yang dipasang di kelopak mata saat proses ekstensi berlangsung.

Pastikan orang yang akan melakukan lash extensi sudah mensterilkan diri dan tangannya terlebih dulu, menggunakan masker, dan memakai eyelash brush yang telah dibersihkan. Bantal untuk anda berbaring saat proses ekstensi pun harus dibersihkan dan disterilkan. Apabila iritasi, gatal, atau pembengkakkan di area mata terus berlanjut, segeralah menghubungi dokter. Setelah itu, pergilah ke studio ekstensi dan meminta mereka untuk mencabut lash extensions yang anda pakai.

 

  1. Bulu mata hasil ekstensi juga perlu perawatan setiap hari

Ketika anda tidur, mandi, atau mungkin kehujanan, bulu mata pun ikut berantakan dan kotor. Jadi, penting bagi anda ‘tuk selalu membersihkan dan merawatnya. Caranya ialah ambil aplikator maskara yang sudah dibersihkan dan disetrilkan sebelumnya lalu mulailah menyisir bulu matamu secara perlahan pada saat bangun tidur, setelah mandi, dan sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan sampo bayi yang telah dilarutkan terlebih dulu untuk membersihkan bulu mata di malam hari.

 

  1. Belum ada fakta kalau melakukan eyelash extension dapat merusak bulu mata secara permanen

Sampai saat ini belum ada data atau riset yang menyatakan bahwa pengaplikasikan eyelash extensions lebih dari satu kali dapat menyebabkan kerusakan bulu mata asli secara permanen. Namun, kita tidak bisa menghindari suatu fakta yang merujuk pada keadaan bulu mata yang secara perlahan tapi pasti akan rontok akibat menahan beban dari ekstensi bulu mata yang dilakukan secara berulang kali.

 

Dengan membeberkan 10 fakta di atas, bukan berarti saya melarang anda untuk melakukan eyelash extensions.  Jikalau anda ingin sekali mencoba eyelash extension, silakan saja. Asalkan, jangan lupa ‘tuk selalu merawat bulu mata asli anda agar tetap sehat dan juga kuat.

 

Sumber: 

Google.com

leave a Comment