Kebanyakan orang memiliki kebiasaan buruk untuk tidak membersihkan makeup ketika lelah beraktivitas seharian. Namun, alangkah baiknya Anda membersihkan terlebih dahulu makeup yang Anda gunakan sebelum tidur. Hal ini perlu dilakukan agar tidak dapat memicu terjadinya permasalahan-permasalahan pada kulit wajah.

 

Inilah 7 akibat tidak menghapus makeup sebelum tidur.

 

  1. Kulit menjadi kering

Kulit wajah Anda mampu menjadi kering ketika Anda terbiasa untuk tidak membersihkan makeup sebelum tidur, kebiasaan seperti itu mampu menjadikan tekstur pada permukaan kulit Anda menjadi lebih memburuk hingga 10%. Kulit juga tidak dapat meregenerasi dengan baik ketika lapisan makeup masih menempel pada wajah, sehingga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi pernapasan kulit. 

 

  1. Merusak sel kulit wajah 

Makeup memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang mampu menimbulkan dampak langsung ke jaringan maupun sel kulit wajah, oleh karena itu alangkah baiknya Anda selalu ingat untuk membersihkan makeup supaya sel kulit pada wajah Anda tidak rusak. Dampak yang timbulkan kandungan pada makeup juga mampu menyebabkan terjadinya penuaan dini dan bahkan kanker kulit. 

 

  1. Menimbulkan komedo

Makeup jika digunakan terlalu lama mampu menimbulkan bintik-bintik berwarna hitam dan komedo, untuk mengatasi hal tersebut Anda hanya perlu membersihkan wajah dengan menggunakan scrub secara rutin 2-3 kali seminggu. 

 

  1. Munculnya jerawat dan bakteri pada wajah

Tentunya kebanyakan orang sudah mengetahui ini, yaitu jerawat yang dapat timbul pada saat lupa menghapus makeup. Hal ini terjadi karena Anda tertidur semalaman dan lupa untuk menghapus makeup dan tentu saja produk makeup yang Anda gunakan tersebut akan tercampur dengan minyak, kotoran, debu, dan sel kulit mati yang berasal dari aktivitas yang Anda lakukan seharian. Kesalahan yang Anda lakukan seperti itu dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah Anda menjadi tersumbat, oleh karena itu alangkah baiknya agar selalu mengingat untuk membersihkan makeup terlebih dahulu dengan melakukan deep cleansing agar kulit wajah Anda terjaga pula. 

 

  1. Infeksi mata

Infeksi mata juga dapat terjadi apabila Anda menggunakan produk-produk seperti eyeliner, maskara, dan eyeshadow lalu lupa untuk membersihkannya, hal ini terjadi karena produk-produk kosmetik tersebut cukup berbahaya untuk kondisi mata Anda. Tidak hanya menyebabkan infeksi pada mata, bahkan bulu mata Anda juga mampu rontok akibat maskara atau lem bulu mata yang Anda gunakan. 

 

  1. Penuaan dini

Kulit Anda dapat mengalami penuaan dini secara cepat apabila Anda selalu lupa untuk menghapus makeup, hal ini biasanya terjadi karena terlalu lelah beraktivitas seharian sehingga malas untuk menghapusnya. Kulit dapat jauh lebih mudah mengalami penuaan dini ketika lupa menghapus makeup karena makeup dapat menutup kulit wajah dan membuatnya tidak bernapas. Oleh karena itu, mulai dari sekarang alangkah baiknya agar Anda tidak lupa untuk menghapus makeup. 

 

  1. Merusak kesehatan bibir

Selain mata, bibir juga dapat terkena dampak jika Anda tidak menghapus makeup sebelum tidur. Terlalu lama menggunakan lipstik juga tidak baik untuk kesehatan bibir Anda. Pasalnya, lipstik mengandung bahan-bahan kimia yang mampu membuat bibir Anda kering dan juga mengelupas. Anda dapat menggunakan scrub bibir jika terlalu lama menggunakan produk lipstik. Jangan lupa juga untuk aplikasikan lip balm setelahnya. 

 

Itulah beberapa akibat jika Anda tidak menghapus makeup sebelum tidur, tentu Anda tidak ingin mengalami itu semua bukan? Maka dari itu, alangkah baiknya untuk rutin menghapus makeup sebelum Anda tidur. 

 

Sumber:

Popbela.com

leave a Comment