Kebanyakan orang setelah lelah beraktivitas seharian akan merasa malas untuk membersihkan makeup, akan tetapi hal seperti itulah yang justru mampu memicu permasalahan-permasalahan pada kulit wajah. Maka dari itu, alangkah baiknya ketika Anda ingin tidur janganlah lupa untuk menghapus makeup di wajah Anda. 

Dan inilah beberapa akibat yang menghantui Anda jika tidak menghapus makeup sebelum tidur. 

 

  1. Kulit menjadi kering

Lupa atau kebiasaan untuk tidak membersihkan makeup sebelum tidur mampu membuat kulit wajah Anda kering. Hal ini dapat menyebabkan tekstur permukaan kulit Anda lebih memburuk 10 persen. Tidak hanya lapisan kulit saja yang kering, lapisan makeup yang masih menempel pada wajah juga dapat menghalangi regenerasi kulit sehingga berdampak buruk bagi pernapasan kulit Anda.

 

  1. Merusak sel kulit wajah 

Kesalahan sepele seperti lupa membersihkan makeup juga mampu membuat rusaknya sel kulit pada kulit wajah Anda. Karena kandungan bahan kimia yang terdapat di makeup dapat berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit.

 

  1. Menimbulkan komedo

Mungkin terdengar biasa jika komedo ada di kulit wajah Anda, tentu Anda juga tidak mau kalau komedo di wajah Anda bertambah banyak bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bahwa makeup dapat menimbulkan bintik-bintik hitam atau komedo jika Anda terlalu lama menggunakannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan scrub secara rutin 2-3 kali seminggu. 

 

  1. Munculnya jerawat dan bakteri pada wajah

Hal ini sudah tidak aneh kalau Anda lupa menghapus makeup. Produk-produk yang menempel pada kulit wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, minyak, dan debu yang berasal dari aktivitas Anda seharian sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Maka dari itu, jangan lupa juga untuk membersihkan makeup sebelum tidur dengan melakukan deep cleansing untuk merawat kulit wajahmu agar lebih maksimal. 

 

  1. Infeksi mata

Tidak hanya pada muka saja, area mata Anda juga bisa terkena dampaknya apabila Anda tidak membersihkan makeup. Produk-produk seperti eyeshadow, eyeliner, dan maskara yang Anda gunakan seharian sangatlah berbahaya untuk kondisi mata Anda, karena mata merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah teriritasi. Tidak hanya itu, bulu mata Anda juga dapat rontok akibat maskara atau lem bulu mata yang Anda gunakan. 

 

  1. Penuaan dini

Perempuan kerap kali mengeluhkan kulit yang semakin hari semakin menua. Jika Anda malas menghapus makeup, dampak penuaan dini pada kulit wajah Anda akan semakin cepat karena makeup menutup kulit wajah Anda dan membuatnya tidak bernapas. Maka dari itu, jika Anda malas ‘tuk menghapus makeup tentu saja akan timbul garis-garis halus.

 

  1. Merusak kesehatan bibir

Selain mata, bibir juga dapat terkena dampak jika Anda tidak menghapus makeup sebelum tidur. Terlalu lama menggunakan lipstik juga tidak baik untuk kesehatan bibir Anda. Pasalnya, lipstik mengandung bahan-bahan kimia yang mampu membuat bibir Anda kering dan juga mengelupas. Anda dapat menggunakan scrub bibir jika terlalu lama menggunakan produk lipstik. Jangan lupa juga untuk aplikasikan lip balm setelahnya. 

Itulah beberapa akibat jika Anda tidak menghapus makeup sebelum tidur, tentu Anda tidak ingin mengalami itu semua bukan? Maka dari itu, alangkah baiknya untuk rutin menghapus makeup sebelum Anda tidur. 

 

Sumber:

Popbela.com

leave a Comment