kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat digandrungi oleh orang-orang, dan biasanya sehabis menyeruput secangkir kopi kerap kali kebanyakan orang membuang ampas kopi begitu saja ke saluran pembuangan. 

Eitss… ternyata ampas kopi memiliki bermacam manfaat untuk kecantikan. Namun sangat disayangkan sebagian orang masih belum tahu bagaimana cara memanfaatkan ampas dan bubuk kopi kering untuk kecantikan tubuh dan wajah. Bahkan, tak hanya soal kecantikan, ampas kopi juga dapat membuat perabot rumah tangga menjadi mengilap dan juga bersih. 

 

Berikut, inilah 7 kegunaan ampas kopi untuk kecantikan yang mesti anda ketahui. 

 

  1. Menyuburkan dan Mengilapkan Rambut

Ilustrasi rambut

Mungkin selama ini Anda bingung bagaimana cara mendapatkan rambut indah yang mengilap, padahal sudah bolak-balik ke salon dan mengeluarkan banyak uang namun tanpa hasil. Kini tak lagi perlu untuk bingung, cukup gunakanlah ampas kopi. 

Tips yang sangat murah ini memang akan sedikit menambah rutinitas mingguan Anda di rumah. Akan tetapi percayalah, hasilnya akan langsung terasa setelah Anda mencobanya sendiri. Anda cukup campurkan segenggam ampas kopi ke kondisioner favorit di atas telapak tangan. 

Oleskan ke permukaan rambut dan diamkan beberapa menit, kemudian bilaslah sampai bersih. Kopi mampu membantu pertumbuhan rambut dengan cepat. 

 

  1. Mengurangi Selulit

Skin

Bagi perempuan, ini tentu akan menjadi kabar gembira untuk Anda semua. Ampas kopi mampu membantu menyamarkan selulit, caranya ialah jadikan ampas kopi sebagai scrub yang mampu dioleskan ke bagian tubuh untuk mengurangi selulit. 

 

  1. Membantu Pengelupasan Kulit

Kulit kasar

Sangat mudah mengubah bubuk kopi menjadi formula untuk membantu pengelupasan kulit mati. Caranya, cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun atau minyak alami lain. 

Setelah itu, usapkan ke permukaan wajah sambil dipijat secara perlahan, kemudian bilaslah seperti sehabis mencuci muka dengan sabun wajah.

 

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

kulit cerah

Selain bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit mati, bubuk kopi juga mampu dijadikan masker untuk mencerahkan kulit wajah agar tidak terlihat kusam. 

Menurut Dr. Mehmet Oz, pakar bedah jantung yang juga pemilik acara The Dr Oz Show, cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun sehingga berbentuk menjadi pasta. Lalu, oleskan ke permukaan wajah dan juga leher. Setelah itu diamkan selama 30 detik. 

Lalu seka dengan air hangat-hangat kuku sampai bersih. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah dan bersih seketika.

 

  1. Menyamarkan Bekas Jerawat

touch up

Jerawat memang sangatlah menjengkelkan, bahkan bekas jerawat pun terkadang sulit sekali untuk dihilangkan, sehingga hal tersebut mampu membuat rasa percaya diri berkurang karena penampilan sendiri. 

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, ternyata ampas kopi juga mampu menyamarkan bekas jerawat. Buatlah ampas kopi menjadi scrub wajah. Caranya cukup mudah, yakni campur ampas kopi dengan sedikit air agar mengental. Kemudian, setelah itu aplikasikan ke wajah dan tunggulah hingga mengering. 

Lalu, bilas wajah dengan air dingin. Ulangi dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

  1. Mengatasi Mata yang Bengkak

Pelembab rambut

Penampilan tidak terlihat maksimal ketika mata bengkak. Ya, penyebab mata bengkak ini pun sangatlah beragam, seperti kurang tidur atau sehabis menangis. Kalau sudah begitu, muka akan terlihat sembap dan juga kurang fresh.

Ampas kopi pun dapat mengatasi mata yang bengkak. Caranya mudah, cukup mengompres mata bengkak dengan ampas kopi. Kafein yang terkandung dalam ampas kopi tersebut baik untuk melancarkan peredaran darah di bawah kulit dan mengurangi pembengkakan. 

Hasilnya, mata pun akan terlihat segar kembali. 

 

  1. Mengendalikan Minyak di Wajah
kulit berminyak

sumber: style.tribunnews.com

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki tipe kulit berminyak, alangkah baiknya cobalah menggunakan ampas kopi untuk mengendalikan minyak di wajah. Minyak berlebih pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya ialah sering mengonsumsi makanan berlemak, hormon tubuh yang tidak seimbang, bahkan itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda salah memilih kosmetik. 

Untuk itu, gunakanlah ampas kopi sebagai masker wajah untuk mengurangi minyak berlebih.

Ampas kopi menjadi bahan yang murah dan mudah didapat untuk perawatan kecantikan, dan itulah 7 kegunaan ampas kopi untuk kecantikan. Anda tertarik untuk mencobanya?

 

Sumber: 

https://jakarta.tribunnews.com

leave a Comment