marigold

Salah satu jenis bunga yang berasal dari selatan Eropa dan sering digunakan untuk skincare ialah Calendula. Bunga yang mempunyai sifat antiinflamasi ini juga kerap dikenal dengan nama Marigold. Bunga ini juga dapat dengan ampuh merawat tubuh dan kulit sejak abad ke-12, tak hanya itu bunga Marigold juga dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh untuk menyembuhkan luka dengan alami.

Marigold biasanya sering dijadikan bahan utama untuk kecantikan dan obat-obatan, hal ini karena Marigold memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antivirus. Maka dari itu tanaman ini tidak hanya cocok digunakan sebagai penghias pekarangan tetapi juga dapat bermanfaat untuk kecantikan dan obat-obatan.

Olahan-olahan seperti essential oil, lotion, hingga teh menjadi olahan yang terpopuler dari Marigold. Selain itu bunga yang satu ini juga seringkali dapat ditemukan dalam beragam jenis produk seperti krim wajah, toner, sampo, dan sabun. Penggunaan teh dan juga essential oil yang memiliki kandungan marigold juga dapat Anda manfaatkan untuk kesehatan.

Jika ingin mendapatkan manfaat Marigold untuk wajah, kebanyakan orang akan langsung menggunakan produk kecantikan dengan kandungan bunga cantik yang satu ini. Penggunaan produk dengan kandungan ekstrak Marigold memang lebih praktis jika dibandingkan harus mengolah atau mengekstraknya sendiri. 

 

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Marigold.

 

  1. Mampu Mencegah Penuaan Dini

Kulit kering tidak hanya membuat penampilan terlihat kurang menarik, akan tetapi juga dapat menyebabkan penuaan dini. Marigold mampu membantu menghidrasi kulit Anda, menyembuhkan kulit yang rusak dan membuat kulit terlihat lebih muda. 

 

  1. Mengatasi Jerawat 

Manfaat marigold yang kedua adalah dapat mengatasi jerawat. Penyebab jerawat ialah infeksi bakteri pada kulit wajah. Kandungan antiinflamasi sekaligus antibakteri yang terkandung dalam Marigold dapat menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat dan tentunya dapat mencegah jerawat untuk kembali lagi. 

 

  1. Dapat Melembapkan Kulit 

Jika Anda memiliki jenis kulit kering maka minyak ataupun face oil yang mengandung Marigold dapat Anda gunakan, hal ini karena Marigold terkenal ampuh untuk mengatasi kulit kering. Sehingga dapat menjadikan kulit Anda jauh lebih bercahaya dan juga terlihat awet muda.

 

  1. Mengatasi Iritasi Kulit

Kulit tentunya memiliki beragam permasalahan seperti jerawat, komedo, kusam, dan lainnya. Namun kulit juga dapat mengalami iritasi, biasanya disebabkan oleh beberapa hal tertentu. Akan tetapi pada umumnya pemilik kulit kering lebih rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit berminyak. Iritasi sendiri biasanya disebabkan oleh proses eksfoliasi yang salah, terkena paparan sinar matahari, dan akibat goresan. Dengan sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh Marigold, maka dapat memberikan efek yang menenangkan untuk kulit dan mengatasi iritasi tersebut.

 

  1. Memiliki Sifat Menenangkan Tubuh dan Kulit

Kandungan saponin, polisakarida, dan flavonois terdapat pada kelopak dan ekstrak bunga Marigold. Jika Anda mengalami nyeri dan asam urat Anda dapat mencampurkan balsem dengan Marigold untuk mengatasinya, hal ini karena zat-zat yang terkandung pada Marigold dikenal mampu memberikan rasa rileks pada kulit. Marigold juga sering diolah menjadi teh, hal ini karena Marigold juga memiliki sifat yang menenangkan.

 

  1. Mengatasi Ketombe

Marigold tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah, akan tetapi bunga ini juga mempunyai manfaat untuk rambut. Oleh karena itu bunga yang satu ini menjadi salah satu bahan baku yang seringkali dijadikan sampo. Marigold juga dikenal dapat menutrisi rambut untuk lebih cepat tumbuh dan juga mampu menghilangkan ketombe.

 

  1. Mampu Menangkal Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang dapat menangkal maupun mencegah sel kanker terdapat di Marigold, selain itu marigold juga memiliki kandungan antiinflamasi dan vitamin. Dalam penelitian “The Journal of Nutrition”, para peneliti dari Washington State University menemukan bahwa jumlah sel tumor dapat diredam dan juga dapat dicegah terjadinya pertumbuhan sel tumor kembali dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada Marigold. Bahkan selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki oleh Marigold juga mampu melawan leukimia, sel kanker usus besar, dan juga melanoma.

 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh Marigold. 

leave a Comment