kulit berminyak

sumber: style.tribunnews.com

Biasanya kebanyakan wanita di akhir pekan akan segera berburu inspirasi dengan cara membaca konten ataupun menonton vidieo terbaru dari beauty blogger dan beauty vlogger favorit untuk meng-upgrade dandanan. Namun, dalam penjelasan dari beberapa beauty vlogger maupun beauty blogger kadang sering menyelipkan istilah-istilah kecantikan tentang kulit yang mungkin sering didengar akan tetapi Anda masih menebak-nebak artinya. Misalkan, dalam suatu tutorial sang beauty vlogger memberikan penjelasan bahwa ia memiliki fair complexion dan memiliki masalah redness sehingga perlu concealer tiap harinya. Agar Anda tak lagi ragu-ragu dan bingung, inilah arti dari istilah-istilah kecantikan tentang kulit yang biasanya digunakan di tutorial. 

 

  1. Complexion
complexion

Sumber: imfashionable.net

Complexion memiliki kemiripan dengan skin tone atau menjelaskan warna dan tekstur kulit. Kata complexion juga memiliki pengertian sebagai istilah kecantikan tentang kulit yang memiliki arti tekstur, warna, dan tampilan kulit sesorang. Beberapa contoh yang dimiliki oleh complexion yaitu kasar, halus, kulit pucat (pale), terang (fair), sawo matang (tan), dan gelap (dark). Biasanya beauty influencer menggunakan kata complexion ketika menjelaskan suatu warna bb cream, foundation, atau concealer yang terkait dengan warna kulit.

 

  1. Discoloration
discoloration

Sumber: lauraferri.com.ar

Discoloration merupakan istilah kecantikan ketika adanya perbedaan warna yang kurang rata pada kulit. Biasanya warna kulit mempunyai warna yang sama, kecuali untuk beberapa area yang terpapar sinar matahari ataupun bagian telapak tangan yang lebih terang. Discoloration pada kulit dapat dijumpai karena disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya ialah flek hitam.

 

  1. Hyperpigmentation
hyperpigmentation

Sumber: stylecraze.com

Ketika produksi melanin yang berlebih dapat menimbulkan adanya bercak kecoklatan, hal ini merupakan pengertian dari salah satu bentuk discoloration yaitu hyperpigmentation. Biasanya hal ini dapat disebabkan karena dampak dari sinar matahari, contohnya adalah freckles, atau jerawat dan bekas luka. Terkadang, ketika kulit yang terekspos sinar matahari secara terus menerus ataupun keturunan juga mampu menjadi penyebab hyperpigmentation dapat menjadi lebih gelap. Spot kecoklatan ini biasanya akan timbul pada bagian kaki, leher, tangan, dan bahkan wajah. Walaupun hal ini tidaklah berbahaya, akan tetapi banyak perempuan yang memilih untuk menutupi atau bahkan menghilangkan hyperpigmentation untuk alasan kecantikan. 

 

  1. Redness
redness

Sumber: journal.sociolla.com

Redness atau yang lebih dikenal dengan kemerahan seringkali terlihat pada pemilik kulit yang berwarna terang, redness merupakan istilah yang digunakan ketika area kulit tertentu memiliki warna kemerahan karena kondisi yang kurang ideal. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam konteks skincare dan untuk penyebabnya sendiri memang cukup beragam, mulai dari efek samping produk yang tidak cocok maupun mengandung zat alergen untuk kulit, terbakar matahari alias sunburn, bahkan hingga iritasi. Ketika pembahasan untuk penggunaan color corrector sebelum concealer biasanya istilah ini akan muncul. Color corrector yang memiliki warna hijau juga disarankan penggunaannya untuk menetralkan warna merah sebelum ditutup oleh concealer.

 

  1. Whitecast
whitecast

Sumber: facetofeet.com

Whitecast merupakan istilah kecantikan tentang kulit yang seringkali terjadi apabila Anda menggunakan produk yang mengandung SPF atau sunblock. Akan tetapi jika Anda menggunakan produk yang memiliki kandungan SPF secara rutin maka dapat menjadi pencegahan yang terbaik untuk permasalahan kulit tersebut. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah melindungi kulit dari sinar matahari dengan perlindungan yang cukup dengan cara menggunakan sunblock ataupun sunscreen. Akan tetapi, Anda mampu mendapati residu berwarna putih yang tertinggal di wajah karena kandungan yang terdapat pada sunblock atau sunscreen tersebut.  Hal inilah yang biasa disebut whitecast. Warna bedak yang terlalu putih dan tidak merata juga dapat menjadi pemicu untuk adanya whitecast.

 

Sumber:

journal.sociolla.com

leave a Comment