Ketahui Jenis-Jenis Bedak

 dan

Masing-Masing Fungsinya

 

Bedak merupakan kosmetik utama pada wanita yang mempunyai kemampuan untuk melengkapi warna kulit dengan memberikan hasil akhir seperti beludru.Fungsi bedak sendiri harus memberikan tampilan pada kulit dengan menutupi kulit yang mengkilap akibat sekresi kelenjar sebaseus dan kelenjar keringat. Bedak harus mencapai efek menjadi buram untuk menutupi cacat pada kulit wajah, tetapi fungsi bedak tidak harus memberikan efek seperti topeng. Bedak digunakan wanita bertujuan untuk menutupi kekurangan kecil pada kulit (minor imperfections) dan bedak dapat mengurangi kilauan yang muncul akibat produk minyak berlebih pada kulit atau keringat.

Yuk mari kita pelajari jenis-jenis bedak dan fungsinya :

 

  1. Bedak tabur/bubuk (Loose Powder)

Jenis bedak loose powder ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, terutama jenis kulit yang berminyak. Loose powder atau dikenal dengan bedak tabur ini berbentuk bubuk yang halus. Bedak ini biasanya dipakai setelah memoleskan alas bedak (foundation), Bahan yang digunakan pada bedak tabur mudah menyerap minyak diwajah dan menutupi pori-pori wajah lebih sempurna. Bedak tabur memiliki berbagai macam warna untuk kulitmu. Pilihlah warna bedak tabur ini satu tingkat di atas tone kulit wajahmu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

      2. Bedak padat (Compact Powder)

Jenis bedak lainnya adalah bedak padat. Pada tahun 1930 bedak padat yang diperkenalkan di Amerika telah mencapai popularitasnya dikarenakan penggunaannya yang sangat mudah dan penyimpanannya yang nyaman. Compact powder atau dikenal  dengan bedak padat adalah bedak kering yang telah dikompres menjadi padat dan biasanya bedak ini digunakan dengan spons bedak. Jenis bedak ini cocok yang memiliki kulit yang kering dan bedak ini lebih praktis karena tidak mudah tumpah seperti bedak tabur

 

       3. Shimmering Powder

Bedak shimmering digunakan sebagai kosmetik hanya untuk acara-acara tertentu aja. Bedak ini akan memberikan efek berkilau pada kulit. Bedak shimmering powder ini bentuknya bubuk, berwarna dan berglitter

 

       4. Meteorite Powder

Jenis bedak lainnya adalah bedak meteorite powder.  jenis bedak ini bentuknya bulat kecil berwarna-warni. Meteorite powder dapat digunakan setelah bermake-up, sebagai sentuhan akhir untuk memberikan kesan wajah yang berseri-seri. Sebaiknya gunakan bedak ini dengan kuas besar. Sapukan keseluruh wajah. Bedak meteorite powder ini berfungsi hampir sama dengan blush on.

 

       5. Two Way Cake Powder

Bedak two way cake powder bentuknya hampir mirip dengan compact powder, namun jenis bedak ini memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai bedak sekaligus foundation. Bedak two way cake powder tidak dianjurkan untuk yang memiliki kulit berminyak karena kandungan pada berat ini yang berat dan juga tidak dianjurkan digunakan untuk setiap hari ini. Bedak ini berfungsi untuk sebagai alas bedak dan menyerap minyak.

 

Sumber : idntimes.com

leave a Comment