Kulit kering merupakan salah satu permasalahan yang diderita oleh hampir semua orang. Gangguan kulit ini menyerang seluruh bagian tubuh yang terbuka, namun lebih sering menyerang area  seperti lengan, kaki, dan tangan. Kulit kering adalah salah satu jenis kulit di mana timbul bercak, kulit mengelupas, bersisik dan kasar. Kulit kering merupakan jenis kulit yang mengalami kekurangan kadar minyak karena produksi minyak di dalam kulit tersebut memang sedikit.

 

Kulit kering bisa menyerang siapa saja, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Selain itu, kulit kering juga bisa diderita siapa saja tanpa memandang usia. Biasanya, orang dengan usia lanjut lebih rentan diserang oleh kulit kering. Kulit kering juga bisa berbeda-beda tingkat keparahannya. Setiap orang bisa mengalami menderita  kulit kering dengan tingkat keparahan yang berbeda dengan orang lain. Kulit kering berbeda dengan kulit dehidrasi. Kulit kering merupakan jenis kulit sedangkan kulit dehidrasi merupakan sebuah gangguan yang bisa diderita semua jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kulit kering hingga kulit normal.

Kulit pecah

Permasalahan kulit kering bisa dialami oleh seseorang sepanjang hidupnya, namun sebagian besar mengalami gangguan kulit kering hanya di saat-saat tertentu saja yang dipengaruhi oleh lingkungan, cuaca, jenis makanan, jenis kosmetik yang dipilih serta kondisi psikis dari orang tersebut. 

 

Selain membuat tidak nyaman, gangguan kulit kering bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Meskipun gangguan kulit kering merupakan gangguan umum, namun gangguan tersebut perlu penanganan khusus. Beberapa penyakit lainnya siap mengintai penderita kulit kering yang tidak ditangani dengan baik, seperti kulit pecah-pecah, kulit sensitif hingga muncul retakan kulit yang berdarah

 

Untuk mengetahui apakah kulit kita terserang gangguan kulit kering, kita bisa mengenali kulit kering dengan melihat tanda-tanda berikut

 

  • Ada sensasi kulit mengencang, terutama setelah sehabis mandi dan berenang
  • Permukaan kulit terasa dan terlihat sangat kasar
  • Terasa gatal 
  • Permukaan kulit menjadi bersisik
  • Timbul bercak-bercak, pecah-pecah hingga berdarah

 

Kulit kasar

Selain kelima tanda di atas, setiap orang bisa memiliki gejala-gejala yang berbeda dengan gejala yang dialami oleh orang banyak. Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter kulit yang Anda percaya jika Anda mengalami kekhawatiran akan gejala kulit kering. 

 

Untuk memerangi kulit kering, pilihlah produk kecantikan atau kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Jangan memilih produk asal dengan iming-iming harga yang murah. Jenis makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan. Perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur seperti stroberi, apel, alpukat, tomat dan mentimun sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi buah dan sayur di samping penggunaan produk kosmetik merupakan langkah yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

 

Sumber

https://womantalk.com/beauty/articles/ini-tanda-tanda-kulit-dehidrasi-dan-bedanya-dengan-kulit-kering-D5L1d

http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/7997/Tanda-Tanda-Kamu-Punya-Kulit-Kering

 

leave a Comment