apotek

Ilustrasi Retail Store

Bisnis kosmetik merupakan salah satu bisnis dengan persentase keuntungan paling aktif dan besar. Diprediksi, pada tahun 2024, angka perkembangan transaksi bisnis kosmetik mencapai $750 juta. Angka yang sangat fantastis. Membangun brand sendiri dan membuka retail store atau toko yang menjual produk kosmetik Anda sendiri bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Namun, membangun dan membuka retail store sendiri tidaklah mudah. Diperlukan strategi demi menghadapi persaingan yang sangat ketat. Jika Anda berminat untuk membuka retail store atau toko sendiri, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

 

Business Plan

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum membuka retail store adalah melakukan riset pasar. Anda harus memiliki rencana yang matang agar bisnis kosmetik Anda tetap “keep on the right track”. Lakukan juga perencanaan seperti operasional toko, management, strategi market hingga perencanaan lainnya agar bisnis Anda menjadi bisnis yang profitable

 

Legal Considerations

Setelah melakukan business plan, Anda harus menentukan jenis retail store yang akan Anda bangun. Konsultasikan dengan ahli hukum yang Anda percaya mengenai jenis retail store yang akan Anda buka seperti sole proprietorship (kepemilikan perseorangan), partnership (kemitraan), corporation (perusahaan) atau limited liability corporation (perseroan terbatas). Ikuti peraturan yang terkandung di dalam regulasi mengenai bisnis kosmetik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

 

 

Pilih Lokasi

Langkah ini merupakan salah satu langkah yang paling penting. Pilihlah lokasi retail store Anda akan dibuka. Sebelum memilih lokasi, lakukanlah riset mendalam mengenai lokasi tersebut seperti riset mengenai demografi penduduk sekitar, jenis kosmetik yang sedang booming dan lainnya. Jika sudah, Anda bisa memilih jenis retail store yang akan Anda bangun. Retail store yang akan Anda bangun bisa berupa sewa ataupun beli. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Bangun Brand

Setelah fixed dengan lokasi dan sudah ditentukan, bangunlah brand Anda. Lakukan riset mengenai produk dan jenis kosmetik yang sedang booming di pasaran. Jika Anda merasa belum mampu bersaing dengan pemain lama yang sudah memiliki nama besar, pasarkalah produk yang tidak sedang menjadi produk andalan dari brand-brand besar untuk menghindari persaingan dengan mereka. Anda bisa menjual dan memasarkan produk sembari membangun brand Anda sendiri. Selain itu, Anda bisa melakukan inovasi seperti di bidang Customer Service agar brand Anda mudah dikenal oleh konsumen.

 

Buat Sistem

Maksud sistem di sini adalah peraturan yang berlaku di dalam perusahaan Anda. Aturlah sistem yang sesuai atau yang menjadi ciri khas di dalam iklim perusahaan Anda seperti sistem di kantor, kepegawaian dan sistem terhadap konsumen. Anda juga bisa membuat pelatihan untuk para pegawai yang akan Anda pekerjakan.

 

Start Marketing

Setelah langkah-langkah di atas dipenuhi, Anda bisa langsung mulai menjual produk Anda. Anda bisa mulai melakukan penjualan dengan melakukan advertising dan promosi, baik secara konvensional maupun online di sosial media atau di website sendiri. Jangan lupa untuk membuat akun sosial media. Pastikan akun yang akan Anda kelola contactable terhadap konsumen Anda. 

 

Sumber:

Bizfluent

leave a Comment