Seiring bertambahnya usia, terjadi banyak perubahan pada wajah, dari mulai struktur tulang yang terlihat semakin kuat, atau mungkin garis-garis halus yang mulai muncul di sekitar bagian mata. Bisa jadi kulit semakin kering atau bulu mata tidak setebal dan selentik lima tahun yang lalu. 

Oleh karena itu, cara menggunakan riasan pada wajah pun tidak dapat terus sama. Bisa jadi trik merias wajah yang dulu terlihat bagus, sekarang justru membuat wajah terlihat semakin tua. Perias wajah selebriti yang berasal dari AS yang bernama Jan Ping mengungkapkan bahwa begitu banyak wanita yang membuat kesalahan-kesalahan dalam merias wajah di setiap tahunnya. Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut kesalahan merias wajah yang membuat wajah Anda terlihat tua. 

 

1. Tidak Menggunakan Pelembap

Mengaplikasikan riasan wajah ke kulit yang kering dapat membuat kulit terlihat menjadi buruk. Alas bedak pun tidak akan membaur dengan sempurna dan mengumpul dari garis-garis halus. Oleh karenanya, sebelum menggunakan riasan wajah pastikan rutinitas perawatan kulit sudah dilakukan dengan baik, termasuk menggunakan pelembap. Memiliki kulit yang berminyak bukan berarti Anda tidak perlu melakukan hal ini, justru kulit yang berminyak lebih rentan terkena dehidrasi kulit. Oleh karenanya, gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kulit Anda. 

 

2. Mengaplikasikan Riasan Wajah Dengan Pencahayaan Kurang

Banyak wanita mengaplikasikan riasan wajah di depan cermin kamar mandi atau di dalam kamar dengan cahaya lampu, hal ini sebaiknya dihindari karena pencahayaan di dalam rumah berbeda dengan di luar rumah. 

Seringkali, warna alas bedak yang salah atau aplikasi perona pipi yang terlalu tebal baru jelas terlihat apabila Anda sudah berada di luar rumah. Akhirnya karena riasan ini, justru membuat wajah Anda terlihat lebih tua. Untuk menghindari kesalahan seperti ini, coba aplikasikan riasan wajah di tempat yang diterangi oleh cahaya matahari.

 

3. Menggunakan Warna Concealer yang Sama untuk Semua Masalah Kulit

Untuk menutupi warna gelap di bawah mata, perias wajah kerap memberikan saran agar menggunakan warna concealer yang lumayan lebih terang dibandingkan warna kulit asli. Hal ini dilakukan untuk membuat area tersebut terlihat lebih terang, sehingga wajah lebih segar. 

Akan tetapi jangan lupa untuk mengaplikasikan concealer yang sesuai warna kulit untuk menutupi masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan noda hitam. Tidak disarankan menggunakan warna yang lebih terang atau lebih gelap. Menggunakan concealer yang lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit untuk menutupi jerawat dan noda hitam justru dapat membuat hal tersebut semakin mencolok.

 

4. Lupa Merias Alis

Riasan mata yang berat, bila didampingi alis yang berantakan dan kurang tebal mampu menjadikan penampilan terkesan aneh. Era 1980-an merupakan era dengan tren alis tipis, sehingga wanita yang lebih tua tidak jarang melakukan ini. Oleh karenanya, jika menggunakan riasan mata jangan lupa juga agar memperhatikan alis. Setidaknya Anda merapikan rambut-rambut alis yang berantakan dan aplikasikan pensil alis dengan tipis-tipis. 

 

5. Merawat Dengan Kasar Kulit Area di Bawah Mata

Tekanan yang terlalu besar dan gesekan yang terlalu banyak mampu merusak kulit di bawah mata karena bagian kulit tersebut sangat tipis dan rapuh. Oleh karena itu, selalu perlakukan area di bawah mata dengan halus. Gunakanlah jari kelingking setiap mengaplikasikan krim di area kulit bawah mata.

 

Itulah beberapa kesalahan makeup yang membuat wajah terlihat tua yang dilansir dari cnnindonesia.com.

 

leave a Comment