Banyak pengamat ekonomi yang menilai bahwa industri kosmetik merupakan salah satu industri yang tidak akan pernah mengalami penurunan. Pangsa pasar dari industri kosmetik sangat luas dan besar. Kosmetik sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian kalangan. Kosmetik tidak hanya menjadi permasalahan wanita. Dewasa ini, kaum pria pun sudah aware akan pentingnya menjaga penampilan. Pangsa pasar yang luas dan banyak menjadikan industri kosmetik salah satu jenis industri yang sangat profitable

 

Sebagai salah satu industri yang profitable, banyak orang yang tertarik untuk menjadi salah satu pelaku bisnis dalam industri kosmetik. Jika Anda tertarik untuk mencemplungkan diri di dalam industri kosmetik, tentunya diperlukan strategi dan perencanaan yang matang. Salah satu perencanaan yang harus Anda lakukan adalah perencanaan besaran biaya. Namun, ada stigma bahwa dalam membangun bisnis kosmetik seperti misalnya untuk membangun bisnis kosmetik membutuhkan biaya yang sangat besar. 

 

Pada dasarnya, besaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun industri kosmetik sangat relatif. Besar kecilnya biaya yang dibutuhkan untuk membangun industri kosmetik sangat bergantung pada segmentasi pasar yang ingin Anda tuju. Situs Chemist Corner melansir rincian untuk membangun sebuah industri kosmetik. Perlu diketahui bahwa perincian biaya yang ditampilkan merupakan besaran biaya untuk pasaran Amerika Serikat. Tentunya, karakteristik pasar kosmetik dan karakter industri kosmetik sendiri di Amerika Serikat dan Indonesia sangatlah berbeda.

 

Perincian berikut hanya berupa gambaran mengenai biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bisnis kosmetik. Menurut situs tersebut, diperlukan setidaknya $5000 untuk penelitian dan pengembangan per produk. Pengembangan dan penelitian produk dilakukan untuk mengetahui karakteristik pasar dan juga untuk mengetahui segmentasi pasar yang akan Anda tuju. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengembangan terhadap kualitas produk yang sudah Anda buat. Kemudian, untuk pengeluaran bisnis, seperti izin usaha, hak paten, regulasi hukum dan lainnya, diperlukan setidaknya sebesar $2000. Sedangkan untuk sales dan marketing, setidaknya dibutuhkan biaya sebesar $500. Jadi, total biaya yang setidaknya Anda perlu siapkan sebesar $7500.

 

Perlu diperhatikan bahwa besaran biaya dari rincian di atas merupakan besaran yang diperlukan untuk membangun sebuah bisnis kosmetik di pasar Amerika Serikat (AS). Tentu terdapat perbedaan antara pasar kosmetik di AS. Untuk di Indonesia, besaran biaya yang Anda perlu siapkan bisa sangat berbeda dengan rincian di atas. Bahkan, jika Anda menggunakan jasa maklon, biaya yang diperlukan bisa berkurang drastis. Jasa maklon membantu Anda dalam melakukan penelitian dan pengembangan produk sesuai pasar dan segmentasi yang akan Anda tuju. Jasa maklon juga membantu Anda dalam memformulasikan bahan-bahan apa yang akan Anda gunakan di dalam produk yang akan Anda jual.

 

Sumber

Chemist Corner

leave a Comment