Membangun kepercayaan konsumen merupakan salah satu hal terpenting dalam membangun bisnis, khususnya bisnis kosmetik. Sebagai salah satu bisnis yang sangat profitable, banyak pelaku bisnis, baik individu maupun perusahaan besar yang bersaing satu sama lain memasarkan produknya. Akibatnya, tingkat persaingan di antara pelaku bisnis sangatlah ketat. Agar dapat bersaing, setiap pelaku bisnis kosmetik akan bersaing dengan melakukan inovasi dan meningkatkan pelayanan. Segala hal akan dilakukan demi mendapatkan konsumen atau mendapatkan kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen sangatlah penting untuk perkembangan perusahaan kedepannya. Salah satu faktor terpenting yang membuat sebuah perusahaan bisa berkembang atau tidak adalah kepercayaan konsumen. Membangun kepercayaan konsumen susah-susah gampang. Anda bisa mengetahui langkah-langkah berikut agar mendapatkan kepercayaan konsumen. 

 

Menjadi Pendengar Yang Baik

Menjadi pendengar yang baik berarti Anda menerima kritik maupun saran. Kritik dan saran sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya. Menjadi pendengar yang baik memberi kesan bahwa perusahaan Anda dekat dengan konsumen, terbuka dengan masukan yang membangun dan welcome terhadap konsumen. 

 

Jujur dan Terbuka Kepada Konsumen

Bersikap jujur dan terbuka kepada konsumen hal terpenting dalam membangun bisnis. Misal terdapat kecacatan produksi di dalam salah satu produk Anda, komunikasikanlah dengan para konsumen Anda agar mereka tidak merasa dibohongi. Berusahalah untuk selalu terbuka dengan konsumen Anda. Kepercayaan konsumen sangat penting dan vital dalam membuat bisnis Anda semakin berkembang. 

 

Berikan Kesan Pertama Yang Baik

Sebagai bisnis yang baru Anda bangun, tantangan yang akan Anda hadapi tidaklah mudah. Terlebih Anda harus berkompetisi dengan pemain lama yang sudah memiliki nama besar. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan demi perkembangan bisnis Anda adalah memberikan kesan pertama yang baik. Kesan pertama akan mempengaruhi pandangan dan stigma para konsumen tentang perusahaan yang sedang Anda bangun. Memberi kesan pertama yang baik juga akan mendapatkan  penilaian yang baik dari konsumen terhadap produk atau perusahaan Anda. 

 

Fast Response

Menjadi fast response dalam menanggapi permasalahan, kritikan atau keluhan yang diutarakan oleh konsumen merupakan salah satu bentuk keseriusan dan profesionalitas Anda dalam berbisnis. Menjadi fast response dalam menghadapi konsumen juga merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan Anda terhadap konsumen Anda. 

 

Sumber:

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-tips-mendapatkan-kepercayaan-konsumen/

 

 

leave a Comment