Sebagai salah satu industri yang profitable dan memiliki pangsa pasar yang sangat luas, bisnis kosmetik merupakan salah satu bisnis yang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari artis, sosialita ibu kota hingga masyarakat biasa. Bisnis kosmetik merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis selain bisnis lainnya yang sudah ada di pasaran. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari bisnis kosmetik karena pangsa pasar yang besar. Bisnis kosmetik tidak hanya menyasar kaum wanita, tetapi juga kaum pria. Selain itu, segmentasi usia juga tersebar luas, tidak hanya kalangan anak muda, masih banyak konsumen dengan usia lanjut yang masih rela mengeluarkan uang mereka demi mendapatkan penampilan yang prima.

 

Meskipun bisnis kosmetik sangat profitable, namun masih banyak orang enggan untuk ikut menjadi pebisnis kosmetik. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang enggan untuk terjun langsung ke bisnis kosmetik. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah mitos-mitos seputar bisnis kosmetik yang berkembang. Berikut ini merupakan mitos-mitos yang berkembang mengenai bisnis kosmetik yang harus Anda ketahui.

 

  • Kosmetik Memerlukan Banyak Waktu

Dalam menjalankan bisnis kosmetik, Anda tetap bisa memiliki waktu luang bersama keluarga, teman, atau kolega Anda. Bisnis kosmetik bukanlah bisnis yang memerlukan waktu yang banyak. Yang dibutuhkan dalam bisnis kosmetik utamanya adalah plan atau strategi yang efektif. Jika Anda memiliki strategi yang efektif dalam memasarkan produk Anda ke pasaran, Anda tetap memiliki waktu luang. Jadi, keterbatasan waktu bukanlah alasan untuk tidak menggeluti bisnis kosmetik. 

 

  • Bisnis Kosmetik Memerlukan Investasi yang Mahal

Jika Anda ingin membangun bisnis kosmetik dengan pabrik produksi sendiri, penelitian dan pengembangan produk secara mandiri, itu akan menghabiskan dan membutuhkan investasi yang sangat besar. Anda tetap bisa membangun bisnis kosmetik sendiri dengan investasi yang tidak terlalu besar. Untuk produksi dan pengembangan produk, Anda bisa mengandalkan penyedia jasa maklon. Anda bisa melakukan konsultasi dengan penyedia jasa maklon mengenai jenis produk apa yang Anda ingin pasarkan.  

 

  • Untuk Berbisnis Kosmetik Perlu Menjadi Cosmetic Scientist.

Jangan khawatir, untuk berbisnis kosmetik, Anda tidak perlu menjadi ahli kosmetik yang harus mempunyai pendidikan formal. Anda hanya perlu update dengan kondisi terkini mengenai pasar kosmetik yang sedang happening di kota Anda. Sama seperti point sebelumnya, Anda tidak perlu tahu semua jenis bahan dan mempelajarinya. Anda bisa meracik berbagai bahan dasar untuk produk Anda dengan bantuan jasa maklon. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan penyedia jasa maklon mengenai jenis bahan dasar apa saja yang akan atau ingin Anda gunakan di dalam produk yang akan Anda pasarkan.

 

  • Bisnis Kosmetik Memiliki Persaingan Yang Sangat Ketat.

Perlu dicatat bahwa hal ini benar adanya. Besarnya pangsa pasar bisnis kosmetik membuat banyak yang terjun ke bisnis tersebut. Hal ini membuat kompetisi di antara pelaku bisnis menjadi sangat ketat. Namun, Anda tetap bisa ikut terjun ke bisnis kosmetik meskipun Anda merupakan pemain baru. Yang Anda perlu lakukan adalah tahu segmentasi pasar. Sebagai pemain baru, tentu Anda tidak akan berkompetisi face-to-face dengan brand yang sudah memiliki nama besar. Anda bisa memasarkan produk kosmetik Anda dengan tidak mengikuti produk-produk yang telah dipasarkan oleh brand-band besar. Sebagai contoh, jika brand besar memasarkan lipstik, Anda bisa memasarkan produk skincare. 

 

  • Bisnis Kosmetik Memerlukan Toko yang Fancy.

Mitos ini merupakan salah satu mitos yang dipercaya banyak orang. Anda tidak harus memiliki toko yang bagus dan besar untuk memulai bisnis kosmetik Anda. Internet dan teknologi memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Anda bisa memanfaatkan media sosial guna membangun brand dan produk Anda. Bisnis kosmetik memang memerlukan retail demi perkembangan bisnis. Namun, Anda bisa membangun toko atau retail brand Anda sembari menjalankan bisnis kosmetik Anda. Lakukanlah perencanaan yang tepat demi membangun brand dan produk kosmetik Anda.

 

Sumber

School Of Natural Skincare.

 

leave a Comment