Sebagai salah satu jenis bisnis yang profitable, membangun bisnis kosmetik dan kecantikan membutuhkan strategi dan rencana yang matang agar menghasilkan keuntungan yang besar. Sebelum Anda menjalankan bisnis kosmetik, Anda harus tahu perbedaan Private Label dan Maklon Kosmetik. Mengetahui perbedaan kedua hal tersebut sangat penting karena dapat mempengaruhi perkembangan bisnis kosmetik Anda ke depannya.

 

Apa Itu Private Label dan Contract Manufacturing?

Menurut Kamus Online Lexico, pengertian Private Label adalah “Denoting a product manufactured or packaged for sale under the name of the retailer rather than that of the manufacturer” (private label berarti sebuah produk yang dibuat dan dipasarkan dengan menggunakan nama retailer, bukan dengan nama rumah produksinya). Sedangkan pengertian Maklon Kosmetik adalah Contract manufacturing is the outsourcing of part of the manufacturing process of a product to a third-party. More specifically, contract manufacturing is an outsourcing of certain production activities that were previously performed by the manufacturer to a third-party (Contract manufacturing atau Maklon Kosmetik adalah pembuatan sebuah produk dengan melibatkan banyak pihak kemudian disalurkan dan dipasarkan oleh pihak ketiga). Jadi, dapat disimpulkan pengertian keduanya adalah Private Label adalah proses produksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dan siap dipasarkan, sedangkan Maklon Kosmetik adalah proses produksi yang melibatkan banyak perusahaan hingga selesai dan diserahkan ke pihak ketiga untuk dipasarkan. Terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

 

  • Kuantitas

Private label lebih cocok jika bisnis Anda masih dalam kategori baru atau bisnis yang berbasis keluarga atau coba – coba karena private label menyediakan produksi hanya dalam jumlah yang kecil. Sedangkan maklon kosmetik memproduksi dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat cocok digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki pasar yang besar pula. Banyak pemain bisnis kosmetik pemula yang memilih private label ketimbang maklon kosmetik. Sebagai contoh, private label kosmetik hanya memproduksi produk sebanyak 288 botol / hari sedangkan Maklon Kosmetik mampu memproduksi lebih dari 2000 botol/hari.

  • Biaya

Kuantitas produksi tentunya berpengaruh terhadap budget atau biaya yang dibutuhkan. Private label membutuhkan budget yang tidak terlalu besar karena kuantitas produksi menggunakan private label jauh lebih sedikit sedangkan maklon kosmetik tentunya membutuhkan biaya yang besar karena jumlahnya yang juga besar. Biaya yang besar akan digunakan tidak hanya untuk memproduksi produk, tetapi juga biaya sewa beberapa perusahaan yang terlibat di dalam proses produksi. Produksi yang dilakukan tidak hanya pada isi atau kandungan di dalam produk kosmetik yang akan Anda jual, tetapi juga jenis kemasan 

  • Pihak yang Terlibat

Dalam proses produksi, private label mengandalkan tim Research and Development internal yang ada di perusahaan itu. Mereka melakukan penelitian berdasarkan produk yang akan diproduksi sebelum dipasarkan. Sedangkan di Maklon Kosmetik, ada banyak tim peneliti (R&D) yang terlibat dan kemungkinan berasal dari berbagai macam perusahaan. Selain itu, di dalam private label, perusahaan menyediakan desain pengemasan, jenis kemasan hingga siap dipasarkan. Hal ini membuat Anda menjadi tidak bebas dalam menentukan bahan yang terkandung di dalam produk, jenis desain dan kemasan produk. Berbeda dengan Private Label, Maklon Kosmetik membebaskan Anda untuk menentukan jenis kandungan atau bahan di dalam produk, jenis desain dan kemasan, sehingga, Anda bebas menentukan isi, kemasan hingga desain produk yang akan Anda pasarkan. 

 

 

leave a Comment