Khasiat Kayu Cendana 

Untuk Kecantikan 

 

Kayu cendana adalah bahan alami yang sangat sering ditemukan dalam produk kecantikan.  Orang zaman dahulu telah mempercayai kayu cendana sebagai bahan alami untuk mendapatkan wajah cantik berseri. Kayu cendana dikenal dengan aromanya yang kuat. Bubuk cendana adalah bentuk dari kayu cendana yang kering yang di hancurkan dengan cara digiling menjadi bubuk. Cendana merupakan jenis kayu milik genus santulum. Jenis kayu ini dianggap sakral oleh budaya yang berbeda di seluruh dunia dan cendana di gunakan dalam upacara keagamaan dan juga berbagai jenis tradisi di Cina dan Jepang. 

Selain dapat di jadikan bubuk, kayu cendana juga dapat dijadikan sebagai minyak cendana juga lho. Cendana merupakan bahan alami yang di gunakan untuk kecantikan, beberapa produk yang menggunakan cendana sebagai bahan dasarnya adalah sabun, krim, bubuk dan masker wajah. Berikut adalah manfaat cendana untuk kulit anda:

 

  1.  Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat kayu cendana untuk kecantikan kulit wanita berikutnya adalah sebagai anti penuaan. Sudah banyak sekali produk kecantikan yang digunakan untuk peremajaan kulit. Kayu cendana bisa digunakan sebagai masker yang dapat berguna untuk mengontrol pelebaran pori-pori pada kulit. Kayu cendana memiliki sejumlah sifat antioksidan yang memungkinkannya untuk mengurangi stres oksidatif pada kulit, dan juga dapat mengurangi munculnya keriput pada kulit. Membuat masker dari cendana caranya cukup mudah , yaitu dengan cara menyiapkan campuran kuning telur, madu, bubuk cendana dan minyak kelapa. Setelah bahan tercampur semua lalu oleskan pada wajah dan terapkan sebagai masker, sesudah itu diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih 

 

        2. Mengatasi Masalah Jerawat

Selain bermanfaat untuk anti penuaan dini, bubuk cendana juga bermanfaat salah satunya untuk mengatasi masalah jerawat juga lho. Di dalam bubuk cendana dan pasta cendana memiliki kualitas antiseptik, pengelupasan, dan antibakteri yang dapat menjadikannya solusi ideal jika mengatasi masalah jerawat. Bubuk cendana sendiri memiliki tekstur kasar yang dapat membantu membersihkan kotoran dan debu dari pori-pori anda dan senyawa antiseptik yang terdapat di cendana dapat membersihkan infeksi bakteri atau sebum yang menyebabkan peradangan dan jerawat. Agar lebih efektif mengatasi masalah jerawat anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana lalu tambahkan sedikit air dan oleskan pada wajah yang berjerawat.

 

         3. Melembutkan Kulit

Manfaat lain dari cendana salah satu yang paling disukai adalah bisa melembutkan kulit. Cendana bisa juga dijadikan sebagai minyak, minyak cendana digunakan untuk memijat dan memiliki efek melembutkan pada kulit. untuk hasil yang lebih optimal anda dapat juga bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minyak esensial lainya.

 

        4. Membersihkan Kulit

Bubuk cendana selain bermanfaat untuk melembutkan kulit ternyata salah satu manfaat lainnya dari bubuk cendana adalah bisa membersihkan kulit. Bubuk cendana merupakan bahan alami yang dapat membersihkan kulit dan membuatnya tampak bersinar. Cara membersihkan kulit dengan cendana yaitu dengan mencampurkannya bubuk cendana bersama bahan lainya seperti susu, madu, air lemon dan kunyit. lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih. 

 

         5. Anti-Tanning

Manfaat penting dari cendana sebagai anti-tanning. Tanning merupaka salah satu penyebab penggelapan pada kulit serta tanda-tanda awal dari penuaan pada kulit.  Manfaat bubuk cendana anda bisa mendapatkannya untuk kecantikan kulit salah satunya untuk menyingkirkan efek tanning di kulit. Caranya dengan campurkan bubuk cendana dengan air lemon dan madu jadikan seperti masker. lalu aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit  sesudah itu bilas dengan air dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih. 

 

Sumber : merdeka.com

 

leave a Comment