kosemetik

Bisnis kosmetik diprediksi akan menjadi yang terdepan dalam industri ritel untuk beberapa tahun ke depan. Artinya, ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini. Akan tetapi, tanpa strategi yang bagus, membangun bisnis kosmetik juga bisa menjadi bumerang bagi Anda, apalagi saat ini semakin banyak kemunculan brand kosmetik yang menawarkan konsep dan strategi pemasaran yang unik dan kreatif. 

Supaya bisa memenangkan persaingan antar-bisnis kosmetik, Anda harus membuat perencanaan yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips yang kami rangkum untuk menemani perjalanan Anda dalam membangun bisnis kosmetik dan kecantikan.  

  1.     Ikut Trand dan Ketahui Kebutuhan Konsumen 

Jika anda ingin selangkah lebih maju dari competitor anda anda harus ikuti trand perkembangan zaman dan kebutuhan setiap konsumen, karena setiap konsumen memiliki kebutuhan atau jenis kulit yang berbeda beda. Untuk membantu anda mengetahui jenis kosmetik seperti apa yang tranding dan apa saja kebutuhan konsumen anda dapat membuat survei, hal ini dapat membantu anda berinovasi dalam mengembangkan usaha bisnis kosmetik anda.

 

  1.     Letakan Image Pada Brand Anda

Letakan image pada brand anda maksudnya adalah hal apa yang ingin anda tanamkan dibenak konsumen ketika mereka membeli atau bahkan mendengar brand anda, dan anda juga harus mengetahui citra apa yang ingin tanamkan ke konsumen tentang bisnis kosmetik anda.

 

  1.     Letakan Sentuhan Yang Berbeda 

Karena jumlah brand kosmetik di pasaran sudah banyak sekali dan semua competitor bisnis kosmetik berlomba lomba agar brandnya dapat memukau di hati konsumen.  Lakukan riset tentang apa yang dilakukan oleh brand kosmetik lain supaya Anda dapat menciptakan ide-ide lain yang lebih unik. Tidak masalah jika Anda ingin menerapkan konsep yang mirip dengan konsep yang mereka gunakan, tetapi cobalah untuk memberikan sesuatu yang baru dan berbeda. 

 

  1.   Permudah Konsumen Untuk Menemukan Brand

Di era trend digital saat ini, sangat banyak sekali online shop yang bertebaran dimana- dimana dan banyak sekali dari konsumen yang menggunakan platform-platform untuk berbelanja. Jadi pastikan permudah konsumen anda untuk membeli brand anda.

 

  1.   Ciptakan Costumer Experience 

Saat ini konsumen tidak hanya mementingkan produk, tetapi juga pengalaman yang mereka dapatkan. Coba Anda perhatikan, jika Anda pergi ke mall, maka Anda bisa melihat bahwa orang-orang lebih suka berkunjung ke toko makeup yang menyediakan customer service yang baik, biasanya melalui konsultasi  atau percobaan makeup gratis.

Akan tetapi, karena hampir seluruh toko makeup memberikan servis yang sama, jadi sebaiknya Anda memikirkan sesuatu yang berbeda. Anda bisa meniru ide kreatif dari Sephora. Brand kosmetik populer asal Prancis ini menyediakan aplikasi bernama Virtual Artist yang memungkinkan pelanggannya untuk mencoba produk makeup mereka secara virtual.

 

  1.   Utamakan keamanan pada produk kosmetik anda

Pastikan bahwa brand anda sudah memiliki izin BPOM, oleh karena itu, sangatlah penting untuk menguji produk makeup Anda terlebih dahulu sebelum Anda memasarkannya ke publik. Waspadai bahan-bahan yang sudah tidak dianjurkan ada dalam kosmetik.

 

  1.   Pilih Brand Ambasador yang Tepat 

Bekerja sama dengan influencer dan menjadikan mereka sebagai brand ambassador adalah hal yang lumrah dilakukan oleh berbagai brand untuk memasarkan produk mereka. Jika Anda merasa Anda harus merangkul seorang brand ambassador untuk membantu mempromosikan produk Anda, maka pilihlah seseorang yang relevan dengan produk Anda.

Jangan hanya memilih brand ambassador berdasarkan ketenaran mereka tanpa memperhatikan reputasi mereka atau relevansi mereka dengan brand Anda. Pastikan bahwa mereka mampu menjadi representatif yang baik dan membantu memberikan citra yang positif untuk brand Anda.

 

Sumber : 

 

https://www.hashmicro.com/id/blog/tips-memulai-bisnis-kosmetik-dan-kecantikan/

 

 

 

 

 

 

leave a Comment