Kiat Sukses Memulai  Bisnis 

Kosmetik & Kecantikan

kosemetik

 

Wanita tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik. Karena sudah tabiat dari wanita menginginkan berpenampilan rapi, cantik, bersih dan menarik. Untuk tampil cantik tersebut dimana membutuhkan proses waktu, peralatan, dan perlengkapan kosmetik yang mendukung. Wanita untuk memiliki penampilan yang cantik dan bersih serta menarik, seorang wanita rela merogoh kocek dalam-dalam. Maka sedari itu membuat bisnis kosmetik sangat menjanjikan untung besar. Bisnis kosmetik akan diprediksi menjadi yang terdepan dalam industri ritel untuk beberapa tahun ke depan dan prospek pada bisnis kosmetik sangat cerah untuk dijalankan saat ini dan di masa mendatang.

Akan tetapi, kalau tidak ada strategi yang bagus untuk membangun bisnis kosmetik juga bisa menjadi bumerang bagi anda. Supaya bisa memenangkan persaingan antar-bisnis kosmetik, anda harus membuat perencanaannya dengan matang. Yuk simak beberapa tips yang kami rangkum untuk memulai bisnis kosmetik & kecantikan.   

 

  1.  Ikut Tren dan Ketahui Kebutuhan Konsumen 

Untuk awal memulai bisnis kosmetik ini, kita harus mengikuti tren pada perkembangan zaman dan kebutuhan setiap konsumen agar bisnis kosmetik kita selangkah lebih maju dari competitor. Agar kita dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan apa saja yang sedang tren dimasa kini, kita dapat melakukannya dengan mensurvei terlebih dahulu. Dengan anda melakukan survei ini, dapat membantu anda memulai bisnis kosmetik ini agar berinovasi dalam mengembangkan usaha anda.

 

       2. Letakan Image Pada Brand Anda

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis kosmetik ini, Tidak kalah halnya dengan kita mengikuti tren masa kini, meletakan image pada brand anda juga salah satu penting dalam memulai bisnis kosmetik ini. Yang di maksud dengan meletakan image pada brand anda adalah apa yang ingin anda ciptakan, akan anda tanamakan dibenak konsumen ketika mereka membeli atau mendengar brand anda. Anda harus mengetahui citra apa yang ingin anda tanamkan ke konsumen tentang bisnis kosmetik anda

 

        3. Letakan Sentuhan Yang Berbeda 

Selain meletakan image pada brand anda, anda juga harus memberikan sentuhan yang berbeda untuk memulai bisnis kosmetik. Kenapa harus memberikan sentuhan yang berbeda untuk memulai bisnis kosmetik anda ? Karena untuk brand kosmetik pada masa kini di pasaran sudah banyak sekali dan semua competitor bisnis kosmetik berlomba lomba agar brandnya konsumen menyukainya. Cara yang anda gunakan untuk melakukan sentuhan yang berbeda pada bisnis kosmetik anda, anda bisa melakukannya dengan riset tentang apa yang dilakukan oleh brand kosmetik lain supaya anda dapat menciptakan ide-ide yang berbeda dari brand yang sudah ada.

 

        4. Permudah Konsumen Untuk Menemukan Brand

Untuk memulai bisnis kosmetik selanjutnya adalah bagaimana cara anda untuk mempermudah konsumen untuk menemukan brand kosmetik yang anda miliki. Saat ini di tren digital yang sudah banyak berkembang sangat banyak sekali online shop yang bertebaran dimana-mana dan banyak sekali konsumen yang menggunakan platfrom-platfrom untuk berbelanja. Untuk mempermudah konsumen menemukan brand anda, anda bisa menggunakan platfrom-platfrom untuk menaruh produk brand anda. agar konsumen mudah untuk membeli brand anda 

 

         5. Ciptakan Costumer Experience 

Tips berikutnya untuk memulai bisnis kosmetik adalah menciptakan pengalaman pada konsumen terhadap produk brand anda, karena saat ini konsumen tidak hanya meentingkan produk saja tetapi pengalaman terhadap brand anda. Saat ini jika anda berkunjung ke toko makeup hal yang paling utama terhadap toko makeup tersebut menyediakan costomer service. Akan tetapi untuk saat ini tren di kalangan digital sudah mulai berkembang, untuk memberikan pengalaman yang berbeda pada bisnis kosmetik anda, anda bisa menyediakan sebuah aplikasi atau webside. Anda bisa meniru ide kreatif dari Sephora. Brand kosmetik ini menyediakan aplikasi bernama virtual artist yang memungkinkan pelanggannya untuk mencoba produk makeup mereka secara virtual .

 

        6. Utamakan Keamanan Pada Produk Kosmetik Anda

Tidak kalah pentingnya untuk memulai bisnis kosmetik ini adalah selalu untumakan keamaan pada produk kosmetik anda. Pastikan brand kosmetik anda sudah memiliki izin BPOM. Izin pada BPOM sangatlah penting untuk menguji produk makeup anda sebelum anda memasarkannya ke publik, pastikan agar bahan-bahan untuk kosmetik anda aman untuk dipakai terlebih dahulu

 

Sumber : hashmicro.com

leave a Comment