Mungkin beberapa dari kalian hobi sekali yang namanya “Liburan,” sampai-sampai setiap akhir pekan harus disisipkan waktunya untuk menikmati liburan. Entah liburan ke mall, taman, ataupun jalan-jalan ke pantai. Kemanapun itu pasti kalian akan ditemani oleh panas matahari yang menyengat ke tubuh, bahkan mampu membuat kalian seketika tidak mood untuk liburan karena kegerahan. 

Apalagi salah seorang dari kalian yang ingin sekali menikmati suasana pantai saat liburan, pastinya sudah harus siap menikmati teriknya sinar matahari yang bisa sewaktu-waktu membuat kulit kalian terbakar atau yang biasanya dikenal dengan sunburn. Walaupun sudah umum terjadi tetapi kulit terbakar juga harus dapat perhatian khusus lohh, karena kulit terbakar matahari sebenarnya tergolong luka bakar tingkat pertama dan akan semakin bertambah tingkat keparahannya jika lukanya sampai bengkak dan melepuh.

 

Bagaimana sih cara mengetahui kulit sudah mulai terbakar oleh matahari? 

Mungkin anda bertanya-tanya, “Gimana cara tahu kalau kulit sudah mulai terbakar oleh matahari?” Untuk mengetahuinya cukup perhatikan kulit anda, biasanya tanda-tanda kulit yang sudah mulai terbakar diawali dengan kulit yang kemerahan, terasa hangat, dan bisa menjadi terasa sakit. Juga ada beberapa gejala lain yang dirasakan secara internal, dari mulai tubuh merasakan demam, sakit kepala, hingga tubuh jadi terasa lemas.

 

Terus apa yang harus dilakukan saat kulit terbakar matahari?

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah segera bertindak cepat. Temukan tempat yang teduh, atau alangkah baiknya anda ke dalam ruangan untuk menghindari dari teriknya sinar matahari ataupun suhu yang tinggi. Setelah itu, rawatlah kulit anda dari dalam maupun luar dengan hal-hal berikut ini: 

  1. Banyak minum air
  2. Mandi dengan air dingin
  3. Kompreslah area kulit yang terbakar oleh matahari
  4. Oleskan juga krim dan pelembab lembut yang menenangkan seperti aloe vera

Ada juga beberapa hal yang harus dihindari ketika anda mengalami kulit terbakar matahari, dan inilah hal yang sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk dihindari:

  1. Yang pertama hindarilah penggunaan produk yang mampu membuat kulit anda semakin teriritasi yaitu produk dengan pewangi berat, alkohol, dll
  2. Gunakan pakaian non-abrasif yang lembut seperti katun atau sutra
  3. Jauhi sinar matahari dan paparan panas
  4. Saat kulit mulai mengelupas, biarkan kulit mengelupas dengan sendirinya jangan dilakukannya pengelupasan paksa dikarenakan dapat memperparah kulit tersebut.

 

Kalau cara mencegahnya, gimana?

Cara mencegah sunburn cukup mudah, dan inilah beberapa tips yang mudah agar anda dapat terhindar dari terjadinya sunburn: 

  1. Yang pertama dan harus anda selalu ingat ialah jangan sekali-kali menggunakan body butter saat anda ingin liburan ke pantai, karena sama saja seperti butter di dapur yang akan “meleleh” ketika terkena panas. Sama halnya dengan body butter yang dapat meleleh di tubuh anda jika digunakan, dan membuat kulit lebih mudah terbakar oleh sinar matahari. Maka dari itu, saat liburan ke pantai anda hanya perlu menggunakan pelembab tubuh atau yang ringan saja misalnya bertekstur gel. Jadi saat pagi sampai sore anda bisa menggunakan sunscreen dan pada malam harinya anda bisa menggunakan body gel.

 

  1. Konsumsilah makanan-makanan yang memiliki warna oranye atau merah. Dikarenakan terdapatnya kandungan bernama lycopene yang memiliki manfaat dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Kandungan ini juga dapat ditemukan di semangka, tomat, pepaya, dan juga paprika merah. Dikarenakan itulah mengapa semangka sangat identik dengan cuaca yang panas, tak hanya memiliki warna yang vibrant. Tetapi juga memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi sunburn.

Sumber:

https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/07/15/yang-harus-kamu-lakukan-saat-kulit-terbakar-matahari/

leave a Comment