Menjaga kesehatan kulit dewasa ini sudah merupakan kebutuhan primer. Perawatan kulit saat ini merupakan kebutuhan semua orang. Tidak hanya wanita, kaum pria pun sekarang jauh lebih aware terhadap kesehatan kulit mereka. Perawatan kulit bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa produk kecantikan demi mendapatkan hasil maksimal untuk kulit mereka. Selain menggunakan produk kecantikan, makanan juga mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Berikut ini terdapat lima jenis buah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit.

 

Papaya

 

Buah Papaya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kulit. Penggunaan yang praktis membuat buah ini menjadi salah satu buah utama saat digunakan untuk perawatan kulit secara alami. Baik dimakan langsung maupun digunakan sebagai masker, khasiatnya pun sama. Buah ini tidak hanya baik untuk kesehatan kulit badan, tetapi juga kulit wajah. Kandungan vitamin C membantu menutrisi kulit dengan sempurna sedangkan vitamin A membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya dari bahaya sinar ultraviolet. Manfaat mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu mengatasi beberapa permasalahan kulit seperti jerawat. Buah Papaya juga memiliki beberapa khasiat seperti mencerahkan kulit, membuat kulit terlihat lebih awet muda, 

 

Stroberi

 

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah stroberi di antaranya adalah vitamin C, anti-oksidan, flavanolds, dan sumber mineral potas yang baik untuk kulit. Berbeda dengan buah lain, kandungan anti-oksidan di dalam buah stroberi sangat tinggi. Beberapa manfaat buah ini untuk kesehatan kulit di antaranya ialah kandungan asam ellagic berguna untuk mencerahkan kulit dan wajah yang kusam. Stroberi juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan bibir hitam. Kamu memiliki banyak kerutan dan tanda-tanda penuaan? mengonsumsi stroberi bisa menjadi anti-aging alami dengan cara dibuat sebagai masker. 

Yang menarik, stroberi juga bisa menjadi pemutih gigi alami. 

 

Tomat

 

Terlepas dari permasalahan apakah tomat termasuk ke dalam kategori buah atau sayur, tomat memiliki banyak manfaat untuk kulit kita. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di tomat di antaranya vitamin C yang baik untuk kulit dan daya tahan tubuh. Kandungan lainnya adalah serat, karbohidrat, dan anti-oksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Di samping itu, kandungan vitamin dan mineral di dalam tomat juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan. 

 

Alpukat

 

Alpukat disebut juga sebagai superfood karena banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan seperti folat yang berguna untuk memperbaiki sel, vitamin B untuk melawan penyakit dan infeksi, vitamin C dan E yang baik untuk mencegah kanker dan lemak tak jenuh yang berguna mengurangi kolestrol dan menjaga elastisitas kulit. Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada alpukat membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari radikal bebas. Alpukat bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan masker. Pemakaian maupun dikonsumsi secara rutin merupakan cara terbaik untuk mengurangi penggunaan produk kosmetik dengan kandungan tidak alami untuk kulit. 

 

Lemon

 

Selain segar untuk dijadikan minuman, lemon juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat lemon untuk kulit di antaranya adalah membersihkan wajah dengan menggunakan lemon sebagai toner. Manfaat lainnya adalah mengecilkan pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, mengencangkan kulit wajah, memutihkan kulit, mengatasi jerawat dan kulit berminyak, mengatasi tanda-tanda penuaan serta membuat bibir lebih cerah. Penderita kulit sensitif tidak disarankan untuk menggunakan lemon karena kandungan zat yang terdapat di dalam lemon sangat kuat. 

leave a Comment