Dewasa ini, penampilan merupakan segalanya. Banyak orang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit guna mendapatkan hasil yang maksimal. Terkadang, banyak orang yang tidak sadar akan kandungan bahan yang terkandung di dalam produk yang mereka pilih. Kandungan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam produk yang mereka pilih tentu sangat berbahaya jika digunakan secara berkelanjutan.

 

Permasalahan atau gangguan kulit yang umum terjadi seperti kulit kasar, kulit berminyak, berjerawat, dan sebagainya. Salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh banyak orang adalah munculnya kerutan dan penuaan dini.

 

Masalah penuaan dini bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Ada banyak hal  yang menjadi penyebab timbulnya gejala kerutan dan penuaan dini. Di antaranya adalah polusi, gaya hidup yang tidak sehat, jenis makanan yang dikonsumsi dan kondisi psikis.

 

Penanganan gejala penuaan dini bisa dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan produk kecantikan. Namun, terkadang produk kecantikan dan perawatan kulit artifisial mengandung berbagai macam bahan berbahaya. Melakukan perawatan kulit dari serangan penuaan dini bisa dilakukan tanpa menggunakan produk kecantikan yang mengandung berbagai macam bahan kimia. Berikut ini enam jenis makanan yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan melawan gejala penuaan dini

 

 

Putih Telur

Bisa dibilang, putih telur merupakan salah satu superfood. Kandungan vitamin, gizi serta mineral di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah kandungan kolagen yang dapat mengencangkan permukaan kulit wajah. Cara mendapatkan kulit wajah yang kencang dengan putih telur adalah dengan membuatnya menjadi masker. Cukup oleskan putih telur dan tambahkan sedikit madu. Setelah mengering, akan ada sensasi kulit seperti tertarik dan mengencang. Lakukanlah dengan rutin dan kontinu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Jenis sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengencangkan kulit wajah. Brokoli membantu kulit untuk memproduksi kolagen di dalam kulit sehingga kulit tetap elastis dan kencang. Brokoli bisa diolah menjadi berbagai macam makanan atau jus. Disarankan untuk tidak memasak brokoli terlalu matang karena jika terlalu matang, kandungan vitamin di dalamnya akan hilang

 

Lemon

Buah yang banyak mengandung vitamin C ini bisa dikonsumsi secara langsung menjadi jus ataupun dicampur ke bahan makanan atau minuman lainnya. Selain dikonsumsi, lemon bisa dijadikan sebagai masker. Namun, lemon tidak disarankan sebagai masker untuk penderita kulit sensitif. bahan yang terkandung di dalam lemon cukup tajam untuk penderita kulit sensitif. 

 

 

Daging Ikan

Kandungan protein dan vitamin di dalam ikan dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen membantu kulit untuk meregenerasi kulit, membantumengencangkan, dan membuat kulit tetap elastis. Pastikan bahwa daging ikan yang kamu makan adalah ikan laut karena kandungan protein di dalam ikan laut sangat tinggi

 

 

Alpukat

Selain putih telur, jenis makanan yang dijuluki sebagai superfood adalah alpukat. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 membuat kulit tetap kencang dan elastis. Cara penyajiannya pun beragam. Alpukat bisa dijadikan jus, salad ataupun dicampur dengan bahan makanan lain. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu kulit wajah tampak terawat dan awet muda tanpa menggunakan bahan kimia.

 

Kopi

Selain nikmat untuk diminum, ternyata kopi juga membawa sejuta manfaat lainnya. Untuk merawat kesehatan kulit secara alami, kopi bisa dijadikan sebagai masker wajah. Terbukti masker kopi mampu melawan komedo, menyamarkan noda, memperbaiki kerutan, mengangkat sel kulit mati. Penggunaan masker kopi maksimal adalah 2 kali seminggu. Penggunaan yang berlebihan dapat merusak lapisan kulit

 

Sumber

https://www.idntimes.com/food/diet/indah-shaliha/makanan-yang-bikin-kulit-kencang-dan-mulus-c1c2/full

https://food.detik.com/info-sehat/d-3769971/agar-kulit-tak-cepat-keriput-rutinlah-konsumsi-5-buah-kaya-nutrisi-ini

https://journal.sociolla.com/beauty/guide-beauty/manfaat-kopi-untuk-kecantikan-kulit/

leave a Comment