Jerawat sudah menjadi salah satu masalah di kulit wajah yang kerap menghantui beberapa orang. Walaupun jerawat bukanlah kondisi yang mampu mengancam jiwa, akan tetapi jerawat dapat membuat rasa percaya diri kian berkurang. Selain itu pula jerawat juga mampu mengganggu kenyamanan seseorang. Jika Anda tidak mau hal-hal tersebut terjadi, sebaiknya cobalah untuk menghindari beberapa makanan ini saat jerawatan agar jerawat Anda tidak bertambah parah. 

 

Inilah makanan yang harus dihindari saat jerawatan

  1. Makanan olahan maupun cepat saji perlu dihindari

Makan-makanan olahan dan juga cepat saji mampu menimbulkan peradangan pada jerawat. Karena makanan olahan mengandung gula dan lemak dalam jumlah yang banyak. Sehingga, makanan ini dapat mengakibatkan diabetes, lemak di bagian perut yang berlebih, serta peradangan.

Makanan kemasan biasanya mengandung perasa, zat adiktif, serta bahan kimia lainnya. Hal ini dapat memicu reaksi alergi dan peradangan pada jerawat. Jikalau Anda sedang berjerawat, alangkah baiknya kurangi makanan ini sekarang juga. 

 

  1. Makanan pedas dapat menaikkan sirkulasi darah ke wajah

Masakan-masakan di indonesia memang tidak bisa dijauhkan dari rasa pedas. Pada saat Anda menyantap makanan pedas, biasanya wajah akan menjadi kemerahan. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang naik ke wajah akan meningkat. Jerawat juga dapat muncul karena hal ini. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan. Apabila pencernaan terganggu, maka jerawat juga bisa muncul.

 

  1. Permen dan cokelat mampu merusak kolagen

Gula dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah melonjak. Tidak hanya itu, kadar gula yang tinggi juga mampu mengakibatkan hormon penyebab jerawat meningkat. Selain itu, gula juga bisa merusak kolagen serta serat elastin pada kulit. 

Maka dari itu tidak mengherankan gula mengakibatkan kult mengering. Kulit yang mengering dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati di pori-pori dan pada akhirnya menjadi penyebab jerawat yang utama. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kurangi kudapan manis seperti permen, gula-gula, dan juga permen cokelat. 

Beralihlah dengan menjadikan buah sebagai kudapan. Buah yang kaya akan serat, vitamin, serta mineral akan menjaga kesehatan pencernaan dan kulit. Apabila kesehatan kulit Anda terjaga maka dapat dipastikan Anda tidak akan berjerawat. 

 

  1. Gluten dapat menimbulkan masalah pencernaan dan peradangan

Makanan yang mengandung gluten tinggi ialah pasta, roti gandum, sereal, serta tepung terigu. Gluten sendiri bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan peradangan. Tentunya Anda semua tahu bahwa jika pencernaan terganggu maka kulit pun juga akan cenderung rentan mengalami jerawatan. 

Hal inilah yang dapat mengakibatkan kulit lebih mudah mengalami komedo maupun jerawat. Berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi ialah satu-satunya cara agar jerawat Anda tidak bertambah parah. 

 

  1. Minuman bersoda mengandung aspartam

Minuman bersoda wajib dihindari jika Anda sedang berjerawat. Selain mengandung gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, minuman bersoda juga mengandung aspartam. 

Hal ini dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh serta menurunkan pH. Tidak mengherankan jerawat akan mudah muncul dan bertambah parah apabila Anda terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. 

Alangkah baiknya Anda mencukupi asupan air mineral, yakni 8 gelas per hari. Rutin mengonsumsi air putih akan membantu kulit teregenerasi. Sehingga hal ini juga akan membantu penyembuhan jerawat dan bekasnya secara cepat. 

Itulah jenis makanan yang mesti Anda hindari saat berjerawat, agar jerawat Anda tidak semakin parah. 

 

Sumber:

hellosehat.com

leave a Comment