Berbagai jenis tanamantanaman Aloe Vera tumbuh subur di alam Indonesia. Tanaman-tanaman tersebut memiliki berbagai macam kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satu tanaman yang memiliki berbagai macam kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan adalah Aloe vera, atau yang biasa disebut sebagai lidah buaya oleh masyarakat Indonesia. Sejak dahulu, aloe vera sudah diolah dan diambil manfaatnya oleh mesyarakat Indonesia.

Di antara sekian banyak manfaat aloe vera yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai penyubur rambut. Namun, tahukah Anda bahwa aloe vera memiliki kandungan zat-zat bermanfaat yang sangat banyak sehingga membuatnya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut saja? Lantas, apa sajakah manfaat lain aloe vera selain sebagai penyubur rambut?

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tanaman aloe vera berkembang dan dimanfaatkan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Bagian yang biasa dimanfaatkan adalah gel-nya. Gel aloe vera dapat digunakan langsung maupun diolah menjadi produk kosmetik. Aloe vera sudah digunakan dalam berbagai produk kosmetik karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan kulit, terutama wajah.
Aloe vera memiliki zat yang mampu menyejukkan serta memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera juga mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang tidak menimbulkan efek berbahaya jika digunakan sebagai obat luar. Segenap manfaat inilah yang membuat lidah buaya sangat layak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk membasmi jerawat.

Kandungan zat antiinflamasi dan antibakteri dalam gel lidah buaya memberi banyak manfaat untuk kulit, terutama kulit sensitif pada wajah dan leher. Meski lidah buaya banyak digunakan sebagai komponen produk kecantikan, Anda dapat menggunakan lidah buaya murni langsung pada wajah. Jika digunakan dengan benar, gel membantu melembapkan kulit dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengurangi timbulnya jerawat.

Selain itu, berdasarkan penelitian, gel aloe vera memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, kalsium, protein, zat besi, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Banyaknya kandungan yang dimiliki oleh gel aloe vera membuatnya tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan mengurangi timbulnya jerawat, namun memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit wajah.

Gel aloe vera juga dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh luka alami. Luka yang dapat disembuhkan oleh gel aloe vera, di antaranya, luka bakar, luka akibat gigitan serangga, luka akibat penyakit kulit seperti eksim, dan luka bekas penyakit cacar. Luka tersebut dapat disembuhkan hanya jika seseorang disiplin dan secara konsisten merawat wajah dengan gel aloe vera sebelum tidur atau setiap pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup sebelum tidur. Jangan biarkan wajah Anda terlalu lama dilapisi oleh make up, apalagi sampai lupa membersihkannya. Khasiat dari gel aloe vera tidak akan bisa bekerja secara optimal pada kulit wajah yang dalam keadaan tidak bersih.

Beragam manfaat gel aloe vera tersebut membuat aloe vera menjadi tumbuhan yang dimanfaatkan secara luas di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Sebagai contoh, di negara Australia, India, Amerika, dan Negara-negara di dataran Eropa memanfaatkan ekstrak gel aloe vera sebagai bahan utama pembuatan produk kosmetik. Oleh karenanya, pemanfaatan aloe vera sebagai bahan alami dalam produk kosmetik sangatlah diminati oleh produsen kosmetik di Indonesia, maupun di seluruh dunia.

leave a Comment