lavender

Lavandula atau yang sering dikenal dengan nama Lavender adalah sebuah tanaman yang tersebar di Afrika Utara dan Timur, Kepulauan Canaria, Arabia, Eropa selatan (terutama Prancis selatan) dan india. Tumbuhan ini termasuk ke dalam genus tumbuhan berbunga suku Lamiaceae yang mempunyai 25 hingga 30 spesies.

Bunga lavender menjadi salah satu kandungan utama yang biasanya digunakan dalam  berbagai aromaterapi. Tidak hanya itu, lavender juga identik dengan manfaatnya sebagai pengusir serangga. Meskipun sebelumnya bunga ini biasanya diolah ke dalam bentuk lavender oil untuk keperluan spa ataupun aromaterapi, kini lavender oil semakin dilirik untuk dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Dikarenakan, ternyata lavender menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan. Inilah manfaat yang dimiliki oleh bunga lavender untuk kecantikan.

 

  1. Dapat Mengatasi Jerawat

Minyak lavender menjadi minyak esensial yang memiliki beragam manfaat yang paling banyak dibandingkan dengan minyak esensial lainnya, salah satu manfaatnya ialah dapat membantu untuk menyembuhkan jerawat. Minyak ini dapat dengan mudah membunuh bakteri yang menjadi penyebab terjadinya jerawat karena mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, dan juga antiseptik. Bahkan dengan Anda menotolkan minyak lavender pada area yang berjerawat maka akan dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat maupun membantu mengontrol produksi minyak.

 

  1. Menjadi Kondisioner

Lavender juga dapat Anda gunakan sebagai kondisioner. Anda hanya perlu merendam rambut dengan ¼ gelas air rebusan lavender yang sudah dicampur dengan 2 gelas air dan beberapa tetes minyak lavender selama 15 menit. Ramuan itu akan membuat rambut Anda bersinar dan wangi. 

 

  1. Mengurangi Rambut Rontok 

Faktor utama penyebab dari kerontokan rambut adalah stress, insomnia, depresi, dan anxiety. Hal-hal tersebut dapat diatasi oleh minyak lavender dengan cara memberikan efek relaksasi sehingga kerontokan pada rambut pun berkurang. Pertumbuhan rambut baru juga mampu dipercepat dengan cara menggunakan minyak lavender ke kulit kepala sembari memijatnya perlahan, hal ini dilakukan agar mengoptimalkan sirkulasi darah.

 

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Toner untuk Merawat Kulit

Apabila Anda menggunakan produk yang berbahan dasar minyak tidak begitu cocok di wajah Anda, tentunya Anda dapat mencoba cara lain. Yaitu dengan cara menjadikan minyak lavender sebagai toner untuk wajah Anda. Minyak lavender memiliki manfaat menutrisi dan meningkatkan proses regenerasi sel, akan tetapi tidak hanya itu lavender juga dapat menjadikan kulit terasa kencang dan meningkatkan proses regenerasi sel. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sampai 2 tetes minyak lavender ke dalam toner yang sudah Anda miliki, ataupun Anda dapat menggunakan rose water.  Setelah itu Anda dapat menyimpannya ke dalam botol spray dan gunakanlah setiap selesai mandi ataupun saat Anda ingin menyegarkan wajah. Selain menyegarkan, minyak lavender juga dapat membantu mengencangkan, membantu merawat, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga wajah akan tampak lebih segar dan sehat.

 

  1. Detoksifikasi Kulit

Sering beraktivitas di luar rumah tentunya mampu membuat kulit wajah Anda lebih rentan untuk terpapar polusi maupun racun yang dari lingkungan. Tidak hanya dapat membuat kulit Anda menjadi kotor, akan tetapi juga mampu membuat kulit Anda berubah menjadi lebih kusam dan gejala penuaan dini jadi semakin terlihat. 

Oleh karena itu, untuk memberikan perlindungan pada kulit, Anda dapat memanfaatkan minyak lavender yang kaya akan antioksidan. Minyak lavender akan menangkal dan melawan polutan tersebut, sehingga menjaga agar kulit tetap terawat dan meminimalisir dampak negatif dari polusi serta kotoran. Apabila Anda ingin menggunakannya, Anda hanya perlu memilih produk dengan kandungan minyak lavender ataupun menambahkan 1 tetes minyak lavender ke dalam pelembap Anda.

 

Apakah Anda tertarik untuk membuat skincare berbahan dasar lavender? 

ketahui lebih lanjut di sini

leave a Comment