Aneka Ragam Rahasia yang Bermanfaat pada Charcoal 

Charcoal

Sumber: Pixabay

Charcoal atau yang kerap kali dikenal sebagai arang ialah residu hitam yang memiliki isi karbon tidak murni yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan yang mengandung unsur karbon. Arang pada umumnya didapatkan dari bahan-bahan yang memiliki kandungan karbon seperti kayu, tulang, gula, dan benda lain dengan pemanasan pada suhu yang tinggi. 

Arang yang berwarna hitam, ringan, mudah hancur, dan juga menyerupai batu bara ini terdiri atas 85% hingga 98% karbon, sisanya adalah abu ataupun benda kimia lainnya. Anda juga perlu mengetahui, bahwa proses pembuatan arang sesungguhnya pun dapat menghasilkan berbagai arang yang memiliki kegunaan berbeda. Misalnya arang biasa hasil dari pembakaran hanya mampu digunakan untuk sebagai sumber energi untuk menghasilkan panas.

Namun jika arang yang melalui proses pengaktifan maka arang tersebut akan memiliki fungsi yang mampu berubah untuk kesehatan, kecantikan, pertanian, dan lain-lain. (Pari et al. 2012).

Maka dari itu hadirlah arang aktif atau yang dikenal dengan nama lain activated charcoal, arang aktif ini memiliki manfaat di bidang kesehatan maupun kecantikan. Bahkan arang aktif ini pun sangat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya. Anda juga mesti ketahui, bahwa arang aktif bukanlah arang yang biasa digunakan untuk bara api, akan tetapi karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. 

Charcoal

Sumber: Pixabay

Zat arang yang diaktifkan memang sudah cukup terkenal sebagai pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Zat ini biasanya dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua ataupun serbuk kayu. Zat arang akan kemudian diaktifkan untuk memperluas permukaan dan meningkatkan daya ikatnya. Proses pengaktifan tersebut dilakukan dengan cara merendam zat arang dalam bahan kimia-kimia tertentu, setelah itu arang aktif akan diolah dan dikemas dalam bentuk bubuk atau pil.

Namun, zat yang serbaguna ini tak sekadar mampu mengikat dan membuang racun dalam tubuh. Ternyata ada beraneka ragam rahasia yang mengandung manfaat dan bisa Anda dapatkan dengan arang aktif ini. Berikut beberapa manfaat dari arang aktif yang mesti Anda ketahui:

 

 

  1. Mampu memutihkan gigi

Gigi akan berangsur-angsur menguning ketika Anda menjadi seorang perokok, atau Anda menyukai minum kopi maupun teh. Bahkan, minuman beralkohol pun mampu menjadikan gigi menguning. Namun ternyata, arang aktif dapat mengembalikan warna alami gigi yang cerah sekaligus dapat menjaga kesehatan mulut. Zat ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, menghilangkan bau mulut, meredakan penyakit gusi, dan juga dapat mencegah gigi berlubang. 

Cara menggunakannya pun sederhana, Anda cukup basahi sikat gigi Anda dan oleskan pada bubuk arang aktif lalu sikat gigi seperti biasanya, namun setelah itu Anda harus kumur-kumur sampai bersih dan pastikan untuk minum air secukupnya.

 

  1. Dapat meredakan perut kembung dan masuk angin

Sebuah penelitian dalam American Journal of Gastreonterology membuktikan bahwa arang aktif dapat mengikat zat-zat yang mampu menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan.

 

  1. Mengatasi jerawat 

Zat arang yang telah diaktifkan dapat mengikat dan bahkan mengangkat kotoran serta bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Caranya hanya cukup campurkan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Setelah itu diamkan, selama beberapa saat dan bilas hingga bersih.

 

  1. Mencegah penuaan dini

Agar menjaga fungsi normal ginjal dan hati dari proses penuaan dini, alangkah baiknya Anda bersihkan segala racun dan zat kimia berbahaya dengan cara mengonsumsi arang aktif. Jadi setelah Anda menyantap junk food, buah atau sayur yang tidak organik, atau menghirup asap rokok, sebaiknya Anda segera meminum pil dengan zat arang aktif.

Itulah beberapa rahasia akan kayanya manfaat dari arang aktif yang harus Anda ketahui.

leave a Comment