Buah alpukat merupakan salah satu buah superfood. Sebutan ini disematkan karena banyaknya manfaat yang terdapat di dalam buah ini. Selain bisa dimakan langsung, dibuat jus, salad dan berbagai jenis makanan atau minuman berbahan dasar alpukat, buah ini juga bisa dijadikan sebagai masker.

 

Penggunaan alpukat sebagai masker telah lama dilakukan oleh manusia. Masker alpukat salah satu jenis masker alami terbaik yang bisa kita gunakan untuk merawat kesehatan kulit secara alami. Selain murah, cara membuat masker alpukat juga cenderung mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Di samping penggunaan produk kecantikan dengan kandungan artifisial, penggunaan masker alpukat secara rutin direkomendasikan oleh para pakar kesehatan kulit. 

 

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam alpukat serta benefit atau manfaatnya untuk kulit di antaranya adalah kandungan biotin atau vitamin B7 yang berguna sebagai pelembab alami kulit, kandungan vitamin E dan karotenoid yang tinggi berperan sebagai perisai atau penangkal dari radikal bebas, kandungan vitamin C, kolagen dan minyak nabati membantu mengencangkan kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan, mengatasi bekas jerawat serta mengatasi permasalahan minyak berlebih pada kulit wajah. 

 

Untuk membuat masker alpukat sendiri, tidak diperlukan banyak bahan yang sulit. Hanya dibutuhkan beberapa bahan, dengan alpukat sebagai bahan utama dan beberapa bahan lainnya sebagai bahan pelengkap. Bahan pelengkap di antaranya adalah madu, yogurt, perasan jeruk nipis, putih telur, tomat dan timun. Pilihlah bahan pelengkap sesuai dengan kondisi kulit yang Anda miliki, misalnya madu untuk merawat kelembutan dan kelembaban kulit, yogurt untuk mencerahkan kulit, jeruk nipis untuk menghaluskan kulit, timun untuk mengatasi permasalahan kulit atau tomat untuk mengatasi jerawat. 

 

Cara membuatnya pun mudah. Anda bisa melakukannya di rumah masing-masing. Berikut beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat masker alpukat alami a la rumahan.

 

Cara membuat:

  1. Siapkan satu buah alpukat matang. Ambil dagingnya dan taruh di wadah
  2. Haluskan alpukat, baik secara manual maupun menggunakan blender.
  3. Tambahkan bahan-bahan pelengkap sesuai kondisi kulit dan selera Anda.
  4. Campur adonan masker alpukat dengan bahan pelengkap hingga mengental dan tercampur secara merata
  5. Basuh muka dengan air hanta agar pori-pori kulit di wajah terbuka
  6. Oleskan masker alpukat ke wajah secara merata
  7. Diamkan hingga mengering selama 15-30 menit
  8. Setelah mengering, bilas wajah Anda dengan air hingga tidak ada tersisa 
  9. Bersihkan wajah dengan kain atau handuk bersih.

 

Pemakaian rutin sangat disarankan untuk hasil terbaik. Penggunaan masker alami alpukat a la rumahan ini bisa digunakan 2-3 kali dalam seminggu tergantung kebutuhan.

leave a Comment