moringa

Moringa oleifera atau daun kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah Ethiopia maupun di India, namun jangan salah sangka ternyata daun kelor juga banyak tumbuh di negara kita sendiri. Bahkan malah banyak diburu oleh pembeli dari mancanegara termasuk Korea Selatan karena memiliki kualitas terbaik kedua di dunia. 

Selama ini juga biasanya masyarakat lebih mengenal daun kelor sebagai sayuran yang digunakan untuk pelancar ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Akan tetapi, Moringa oleifera alias daun kelor kini telah menjadi primadona di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Daun kelor pun memiliki sejumlah kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai efek negatif. Selain itu, nutrisi yang dimilikinya juga menjadikan tanaman ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Seiring berjalannya waktu pula tanaman kelor ini malah dijuluki the miracle tree dikarenakan hampir seluruh bagian dari tanaman kelor dapat dimanfaatkan untuk kesehatan terutama daunnya dan menariknya lagi sering dapat kita temukan pada produk skincare

 

Inilah 9 manfaat yang dimiliki oleh daun kelor yang jarang diketahui. 

 

  1. Mampu Mencegah Jerawat

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang lebih banyak 4x lipat dibandingkan dengan wortel. Oleh karena itu mampu mempercepat proses regenerasi pada sel kulit untuk penyembuhan jerawat yang sifatnya komedonal dan juga bekas luka.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini 

Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang mampu dimanfaatkan untuk menjaga kulit agar tetap awet muda. Daun kelor juga dapat digunakan sebagai bahan campuran masker atau kompres. Minyak kelor dan daun kelor pun dapat digunakan untuk masker wajah karena bisa mencegah kerutan di wajah serta melawan kerusakan kulit karena radikal bebas. Daun kelor juga dapat mengencangkan kulit dan membuat wajah tampak lebih awet muda. 

 

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori dapat membesar dikarenakan pengaruh paparan sinar matahari, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Agar wajah Anda bersih, oleskan masker daun kelor untuk mengecilkan pori-pori sehingga tidak menjadi tempat menumpuknya kotoran dan komedo, bahkan menjadi tempat tumbuhnya jerawat. 

 

  1. Mencerahkan Kulit

Apabila Anda rajin mengaplikasikan daun kelor untuk dijadikan masker wajah, maka kemungkinan besar wajah Anda pun akan dapat semakin cerah . Dikarenakan daun kelor memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang mampu membantu mencerahkan kulit kusam dan mengikis bintik-bintik hitam serta bekas jerawat pada wajah Anda.

 

  1. Melembapkan Bibir

Apakah Anda memiliki masalah pada kulit bibir kering dan pecah-pecah? Anda dapat menggunakan daun kelor segar yang sudah ditumbuk sebagai scrub. Lalu gosok-gosokkanlah secara lembut pada bibir, kemudian diamkan selama 15 menit. 

 

  1. Menangkal Radikal Bebas

Selain vitamin A, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin C 7x lebih banyak daripada jeruk. Daun kelor memiliki sumber antioksidan yang tinggi, oleh karena itu daun kelor dapat menjaga kulit dari pengaruh polusi lingkungan, mencerahkan kulit, dan menjaga kulit kulit Anda agar tetap sehat. 

Manfaat yang dimiliki oleh daun kelor memang sudah sangat dikenal, namun sangat disayangkan di negara ini masih belum banyak yang mengoptimalkan daun kelor. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah ikut mempromosikan manfaat daun kelor secara luas tak terkecuali di bidang kecantikan. Oleh karena itu apabila Anda ingin membuat kosmetik tentunya dapat menggunakan daun kelor ini sebagai bahan baku.

leave a Comment