Daun sirih dikenal punya beragam manfaat buat kesehatan. Daun sirih merupakan tanaman asli indonesia.Tanaman ini memiliki ciri khas wangi yang menjadikan daya tarik pada tanaman ini dan tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat, mulai dari kesehatan dan kecantikan pada wajah. Di India, daun sirih digunakan sebagai obat afrodisiak (obat perangsang) alami. selain digunakan sebagai obat afrodisiak tanaman ini sebenarnya masih banyak kegunaan lainnya bagi wanita.

Tanaman daun sirih dikenal dengan tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar, daun sirih ini akan kaya kandungan saponin, tannin, eugenol dan berbagai jenis minyak esensial. Ternyata Daun sirih bisa juga bermanfaat bagi kecantikan kulit lho. Apakah kalian Sudah mengetahui apa saja manfaat daun sirih bagi kecantikan kulit? yuk simak di bawah ini 

 

  1. Mengatasi Masalah Jerawat dan Memudarkan Flek Hitam

Daun sirih memilik berbagai macam kandungan senyawa didalamnya, senyawa pada daun sirih bisa membantu memudarkan warna kulit yang tidak merata karena sinar ultraviolet, jerawat, pemakaian kosmetik dan memudarkan flek hitam. 

Caranya, gunakan daun sirih yang sudah dihaluskan dan tambahkan air jeruk nipis. Lalu, rendam handuk dan peraskan airnya. Gunakan handuk bersih untuk mengompres wajah dengan rendaman daun sirih ke bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam dan bekas jerawat.    

 

       2. Mencegah Munculnya Komedo

Manfaat daun sirih lainya bisa untuk mencegah munculnya komedo, apabila kulitmu bermasalah dengan banyak komedo, tanaman daun sirih bisa diandalkan sebagai solusi alami dalam mencegah munculnya komedo tanpa harus pemencetan komedo dengan tanganCaranya rebus daun sirih. lalu pakai air rebusan tersebut setelah dingin dengan handuk bersih untuk membasuh wajah. dengan cara ini nantinya komedo bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus ada pemencetan komedo dengan tangan.

 

        3. Menyembuhkan Jerawat yang Meradang

Selain dapat mengatasi masalah jerawat dan mencegah munculnya komedo ternyata daun sirih dapat juga dapat menyembuhkan jerawat yang meradang juga lho.Daun sirih mengandung senyawa anti-inflamansi, yang bisa meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan pada jerawat. Daun sirih juga terdapat minyak esensial di dalamnya, minyak esensial yang terdapat di daun sirih akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.Caranya dengan menghaluskan daun sirih lalu mengoleskannya secara merata pada bagian wajah yang jerawatnya meradang. Gunakan daun sirih pada pagi dan sore hari agar hasilnya maximal

 

        4. Membuat Pori-Pori Wajah Jadi Kecil

Ternyata manfaat daun sirih lainnya bisa membuat pori-pori pada wajah menjadi kecil karena daun sirih memiliki kandungan senyawa antiseptik yang ada didalamnya. Caranya, haluskan terlebih dahulu daun sirih lalu oleskan daun sirih ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit dan bersihkan. Lakukan ini sebelum tidur malem agar anda bisa beristirahat dengan wajah terbebas dari krim malam apapun.  

 

         5. Mengobati Gatal Pada Kulit

Air rebusan daun sirih selain bisa digunakan untuk mencegah munculnya masalah komedo ternyata bisa digunakan juga untuk menyembuhkan ruam dan gatal pada wajah.Caranya rebuskan daun sirih dan diamkan air rebusan daun sirih selama satu hari, lalu gunakan untuk membasuh wajah di pagi hari. Cara ini dapat juga menyembuhkan sekaligus  meredakan ruam dan gatal pada wajah.  

 

         6. Mengeringkan Luka Pada Wajah

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih seperti antiinflamansi dan antibiotik dapat juga mengeringkan luka yang di akibatkan memencet jerawat yang sembarangan, tergores dan sebagainya. Caranya, haluskan daun sirih terlebih dahulu lalu balurkan daun sirih yang telah dihaluskan tadi pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar dapat mempercepat proses pengeringan pada luka.   

 

Sumber : womantalk.com

 

leave a Comment