Teh hijau

Teh hijau sudah dipercaya sejak lama bahwa memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan maupun kesehatan. Kandungan alami yang terdapat pada teh hijau sangatlah terjaga, hal ini karena teh hijau berasal dari daun teh yang belum difermentasi.

Peneliti yang berasal dari University of Maryland Medical Center, Amerika, menyatakan bahwa efek radikal bebas yang mampu merusak tubuh dapat dihindari dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau. Teh hijau sendiri dapat membantu untuk memperlambat terjadinya proses penuaan, mencegah terjadinya jantung, dan mengurangi risiko kanker. Tidak hanya kaya akan manfaat untuk kesehatan, teh hijau juga mempunyai manfaat yang banyak untuk kecantikan.

 

Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan. 

 

  1. Mengobati Kulit yang Terbakar dan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Ketika Anda memiliki kulit yang terbakar oleh sinar matahari sebaiknya Anda langsung mengompresnya menggunakan teh hijau, hal ini karena kandungan antiinflamasi yang terdapat pada teh hijau dapat mendinginkan kulit dengan lebih cepat. Teh hijau mempunyai efek perlindungan terhadap sinar matahari, Anda dapat meminumnya ataupun mengoleskannya pada wajah.

 

  1. Membuat Wajah Lebih Cerah

Wajah dapat menjadi terlihat lebih cerah ketika mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Bekas jerawat dan racun yang ada di dalam tubuh dapat dihilangkan oleh kandungan yang terdapat pada teh hijau, kandungan yang dimiliki oleh teh hijau juga mampu mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas kulit.

Anda hanya perlu menyiapkan kantong teh hijau yang sudah digunakan, setelah itu keluarkan isinya. Lalu tambahkan satu atau dua sendok teh madu dan campurkan dengan perasan air lemon. Oleskanlah pada wajah Anda, diamkan selama 10 menit kemudian bilaslah menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin selama dua minggu sekali.

 

  1. Bermanfaat untuk Melembapkan Kulit

Kulit kering memang sangatlah mengganggu, oleh karena itu zat-zat yang terkandung dalam teh hijau ini mampu membantu melembapkan kulit wajah Anda. Anda dapat dengan rutin menggunakannya sebagai masker wajah. 

 

  1. Mengatasi Mata Panda

Kurang tidur kerapkali menyebabkan kantung mata atau mata bengkak. Hal ini mampu juga diatasi dengan kandungan tanin yang terdapat dalam teh hijau. Gunakan bekas kantung teh hijau yang sudah diseduh, lalu kompres di atas mata yang tertutup selama 20 menit. Kandungan tanin dapat membantu mengurangi bengkak dan juga mengembalikan kesegaran pada kulit di sekitar mata. 

 

  1. Mencegah Adanya Jerawat

Teh hijau memiliki zat anti bakteri bernama catechins yang dapat menghalau timbulnya bakteri penyebab jerawat. Zat ini juga mampu membantu menstabilkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. 

Campurkan ¼ gelas air dan teh hijau yang baru diseduh, setelah itu oleskan pada area wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin. Lakukanlah cara ini dua kali sehari sehingga wajah terhindar dari jerawat. 

 

  1. Mampu Menyuburkan Rambut

Ilmuwan Korea di National University College of Medicine melakukan studi yang menemukan bahwa teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallat yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan pada rambut. Metabolisme yang dapat merangsang pertumbuhan pada rambut juga dapat ditingkatkan oleh teh hijau, bahkan panthenol yang terkandung dalam teh hijau sering digunakan untuk beberapa produk rambut seperti sampo atau serum. Hal ini karena panthenol mampu membantu untuk menguatkan rambut dan mengurangi risiko rambut bercabang.

 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh teh hijau untuk kecantikan. 

leave a Comment