mentimun

Ketimun atau mentimun ialah tumbuhan yang berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Secara ilmiah, mentimun ini dikategorikan sebagai buah karena memiliki lapisan paling luar atau kulit (exocarp), lapisan tengah yang biasanya disebut dengan daging buah (mesocarp), lapisan yang membungkus biji (endocarp) dan biji itu sendiri.

Mentimun memiliki nama ilmiah “Cucumis Sativus L”, buah ini juga telah banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia. Akan tetapi, buah ini dipercaya berasal dari Asia Selatan.

mentimun

Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi, ketimun atau mentimun ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini ialah nutrisi atau kandungan gizi mentimun dalam setiap 100 gramnya. 

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 15kcal
Karbohidrat 3,63g
Air 95,23g
Protein 0,65g
Gula 1,67g
Serat 0,5g
Lemak 0,11g
Vitamin C 2,8mg 3%
Vitamin K 16,4µg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,027mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,033mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,098mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,259mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 7µg 2%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,28mg 2%
Magnesium 13mg 4%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 147mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,2mg 2%

Sumber: Ilmupengetahuanumum.com

 

Dengan beragam kandungan yang dimilikinya, maka tentu saja mentimun memiliki segudang manfaat untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dari mentimun yang berguna untuk kecantikan maupun kesehatan.

 

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) terhadap orang-orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, potasium, dan serat tinggi menunjukkan bahwa tekanan darah mereka mampu turun ke tingkat yang normal. Mentimun sendiri merupakan makanan yang mengandung magnesium, potasium, dan serat sehingga mampu membantu tubuh Anda untuk mengendalikan tekanan darah. 

 

  1. Dapat Menghidrasi Kulit

Mentimun memiliki 96% kandungan air, oleh karena itu mentimun dapat digunakan sebagai bahan alami pengganti lotion. Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah yang menenangkan bagi kulit dengan menggabungkannya dengan bahan lain.

 

  1. Mampu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Nutrisi yang terkandung dalam mentimun seperti magnesium dan potasium memainkan peranan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan fungsi neurologis tubuh Anda dan dapat menjaga tekanan darah tubuh sehingga tetap terkendali. Mentimun juga mengandung lignin yang disebut sebagai unsur antiinflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda serta mengurangi terjadinya semua risiko yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. 

 

  1. Sebagai Antipenuaan

Seiring bertambahnya usia Anda, kulit Anda pun cenderung menjadi kendur yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Mentimun juga akan membantu kulit Anda mengalahkan tanda-tanda penuaan ini dengan menjaga kulit Anda semakin kencang. Kandungan mangan dan kalium yang terkandung dalam mentimunberperan besar dalam hal tersebut. Anda dapat mengolah mentimun menjadi jus, lalu campurkan dengan putih telur. Setelah itu dapat Anda oleskan pada wajah dan tunggu selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin, ulangi beberapa saat dan lihatlah perbedaannya.

 

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Mentimun dapat membantu menurunkan risiko kanker rahim, kanker prostat, dan kanker payudara. Hal ini karena antioksidan polifenol terkandung di dalam mentimun, antioksidan polifenol yang disebut dengan lignan (lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol). Tidak hanya itu, mentimun juga memiliki kandungan fitonutrien yang disebut cucurbitacins yang juga memiliki sifat sebagai antikanker.

 

  1. Mengurangi Ruam dan Noda Bekas Luka

Mentimun memiliki beragam manfaat untuk kecantikan, beberapa manfaat yang dimiliki oleh mentimun yaitu menyamarkan noda pada bekas luka hingga mampu menghilangkan ruam. Menjadikan mentimun dan lemon sebagai masker cukuplah mudah, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Pertama-tama parutlah mentimun hingga menjadi bubur, setelah itu campurkan dengan air lemon. Ketika sudah tercampur secara merata, Anda dapat langsung mengoleskannya ke wajah dan tunggu selama 15 menit. Setelah 15 menit, Anda dapat membersihkannya dengan air dingin. Lakukanlah secara rutin, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

  1. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ketika Anda mempunyai permasalahan pada pori-pori yang membesar, maka Anda harus segera mencoba menggunakan mentimun untuk mengatasinya. Mentimun bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, caranya pun juga cukup mudah Anda hanya perlu menghaluskan mentimun terlebih dahulu dengan menggunakan blender ataupun diparut secukupnya. Setelah itu, Anda dapat menambahkan salah satu bahan yaitu gel lidah buaya, tomat, atau cuka apel.

 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh mentimun, apakah Anda tertarik untuk menjadikan mentimun sebagai bahan baku untuk pembuatan skincare?

Cari tahu lebih lanjut di sini

 

leave a Comment