Jojoba

Cairan yang dihasilkan oleh benih tanaman Simmondsia chinensis ialah Minyak jojoba, tanaman ini merupakan jenis semak yang berasal dari Amerika Serikat di bagian barat daya. Simmondsia chinensis tumbuh di daerah gurun Arizona, Meksiko, dan California selatan. Minyak jojoba mengandung mineral maupun vitamin yang melimpah, antara lain seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, zink, dan juga tembaga.

Dengan tingkat alergi yang sangat rendah menjadikan minyak jojoba sebagai minyak alami yang paling aman, minyak jojoba juga sudah dipastikan aman untuk kulit manusia karena kandungan wax easter yang terdapat pada minyak jojoba mempunyai karakteristik yang sama dengan struktur komposisi kulit manusia. Minyak ini juga tentunya dapat dipastikan bahwa tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat merusak kulit Anda, hal ini karena minyak jojoba tidaklah mudah teroksidasi.

 

Berikut beberapa manfaat yang dimiliki jojoba. 

 

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Perawatan Rambut

Jika Anda mempunyai rambut yang kasar dan juga kering, maka alangkah baiknya Anda mencoba minyak jojoba sebagai produk untuk merawat rambut Anda. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak jojoba pada kondisioner setelah itu oleskan pada rambut dan kemudian bilaskan. Apabila Anda melakukannya secara rutin, maka rambut Anda pun akan semakin sehat, kuat, dan mengkilap.

Kerontokan pada rambut juga dapat diatasi oleh minyak jojoba, minyak ini mampu mencegah maupun mengobati kerontokan pada rambut. Caranya dengan menggosokkan sedikit minyak ke telapak tangan setelah itu oleskan langsung pada ujung rambut lembap Anda sebelum dikeringkan.

Lakukanlah hal-hal tersebut secara rutin maka kelembutan maupun kesehatan rambut Anda akan tetap terjaga.

 

  1. Melembapkan Kulit

Wax ester yang mempunyai manfaat untuk menjadi pelindung bagi permukaan kulit terkandung dalam minyak jojoba, kelembapan pada kulit pun senantiasa akan terjaga dan kulit pun akan tercegah dari kekeringan. Hal ini karena kandungan wax easter yang sangat bermanfaat untuk melembapkan kulit.

Kulit kering dapat disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari ataupun diakibatkan oleh stress. Sebum yang diproduksi oleh tipe jenis kulit kering untuk melembapkan kulit hanyalah sedikit, oleh karena itu wax ester dapat dimanfaatkan oleh orang yang memiliki jenis kulit kering sebagai pengganti fungsi dari sebum. Tidak hanya mampu melindungi kulit dari kekeringan, penyakit kulit seperti Atopic dermatitis juga dapat diatasi oleh minyak jojoba.

 

  1. Sebagai Anti-aging

Minyak jojoba memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini seperti flek hitam dan juga dapat bermanfaat sebagai antiaging, hal ini karena minyak jojoba mengandung vitamin E yang melimpah. Proses regenerasi kulit juga dengan mudah dilakukan karena kandungan asam linoleat yang dimiliki oleh minyak jojoba, sehingga dapat menjadikan kulit tampak sehat dan selalu awet muda.

 

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Pelembap Bibir

Bibir kering dan pecah-pecah dapat diatasi dengan menggunakan minyak jojoba, dikarenakan minyak jojoba memiliki kandungan yang mampu melembapkan. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak jojoba pada bibir kering secara rutin. Minyak jojoba juga dapat bekerja dengan baik dan mampu menggantikan peran lip balm. Tidak hanya melembapkan, minyak jojoba juga mampu membuat bibir terlihat lebih berisi dan lembut. 

 

  1. Mampu Mencegah Jerawat

Minyak jojoba sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan pada wajah yang berjerawat, hal ini karena minyak jojoba mampu mengangkat kotoran dan komedo yang tersumbat di pori-pori sehingga dapat dengan mudah untuk dibersihkan. Minyak ini juga mampu melembutkan sel-sel pada kulit.

Bahkan, kandungan wax ester pada minyak jojoba akan mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori sehingga Anda terbebas dari risiko jerawat akibat pori-pori yang tidak dapat bernapas dengan bebas.

 

  1. Dapat Mengatasi Komedo

Minyak jojoba memiliki kandungan yang mampu membantu menjadikan kotoran lebih mudah untuk dibersihkan. Pori-pori yang tersumbat pun akan dapat diatasi oleh minyak jojoba, sehingga komedo pun akan dapat dihilangkan.

 

  1. Mampu Meredakan Masalah Kulit Seperti Eczema 

Kondisi kulit kemerahan yang menjadikan kulit Anda terasa gatal merupakan permasalahan kulit dari Eczema, tentunya rasa gatal yang ditimbulkan membuat Anda menjadi merasa tidak nyaman. Sifat analgesik yang mampu meredakan permasalahan kulit seperti ini dimiliki oleh minyak jojoba, Anda hanya perlu menggunakan minyak jojoba dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena eczema dan masalah kulit Anda pun akan teratasi.

leave a Comment