Rosemary merupakan jenis tanaman yang berasal dari Mediterania. Tanaman ini juga menjadi salah satu jenis minyak esensial yang kerap digunakan untuk aroma terapi, minyak esensial ini diekstrak dari bunganya langsung. 

Minyak rosemary juga memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan berbagai asam esensial. Tanaman ini mempunyai manfaat untuk kecantikan dan mampu bekerja pada kulit maupun rambut. Rosemary memiliki kandungan kalsium, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Minyak rosemary kerap digunakan dalam banyak produk kecantikan seperti sabun, toner, parfum, masker wajah, dan krim.

 

Berikut ini adalah manfaat yang dimiliki rosemary untuk kecantikan.

 

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat kerap kali mengganggu penampilan, sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Tanaman rosemary memiliki sifat antibiotik dan disinfektan yang mampu mengurangi masalah kulit berjerawat. Tetapi tidak hanya itu saja, tanaman ini juga mampu menyamarkan noda hitam dan dapat membuat kulit lebih bercahaya. 

Campurkan minyak rosemary dengan satu buah telur putih dan tiga sendok makan sari untuk mengatasi permasalahan jerawat Anda. Oleskan ke wajah setelah Anda mencampurkan semua bahan. Diamkan selama 15-20 menit dan bilaslah dengan air biasa. Apabila dilakukan secara rutin maka jerawat Anda akan segera hilang dengan cepat. 

 

  1. Meremajakan Kulit

Dengan memijat wajah Anda dengan secara perlahan menggunakan minyak rosemary, mampu membantu Anda dalam menghilangkan garis-garis halus dan kerutan secara alami bila Anda rutin menggunakannya.

Minyak rosemary juga mampu membantu Anda untuk menggantikan kulit yang rusak dan meregenerasi sel. Jika Anda ingin menghilangkan bekas luka maupun bintik-bintik gelap. Anda hanya perlu mengoleskan minyak rosemary secara rutin.

 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus akan timbul seiring dengan bertambahnya usia. Walaupun demikian, Anda dapat menghambat hal tersebut dengan menggunakan tanaman rosemary. Antioksidan yang dimiliki oleh minyak rosemary mampu menguatkan kapiler dan memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Minyak rosemary pun mampu mengencangkan kulit dan menjadikan kulit lebih cerah. 

 

  1. Mampu Menghitamkan Rambut

Selain memiliki manfaat untuk wajah, minyak rosemary ternyata juga mampu digunakan untuk menghitamkan rambut. Menggunakan minyak rosemary merupakan salah satu cara terbaik agar membuat rambut Anda menjadi lebih hitam tanpa merusak folikel rambut. Tidak hanya itu, minyak rosemary pun akan membuat rambut Anda menjadi lembut dan bersinar. 

 

  1. Membantu Mencegah Infeksi Pada Kulit

Minyak rosemary mampu membantu untuk mengatasi kondisi kulit kronis seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Antiinflamasi yang dimiliki oleh minyak rosemary mampu mengurangi pembengkakkan maupun kantung mata. Bahkan minyak rosemary juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar ringan.

 

  1. Sebagai Kondisioner

Minyak rosemary juga mampu digunakan untuk kondisioner alami. Gunakanlah setelah keramas, maka Anda akan mendapatkan rambut yang halus dan tentunya rambut yang mudah diatur. 

 

  1. Mengatasi Ketombe

Minyak rosemary sangatlah bermanfaat untuk digunakan oleh orang yang memiliki kulit kepala yang kering dan juga bersisik. Tidak hanya bermanfaat untuk itu, minyak rosemary juga dapat menghilangkan ketombe, membantu untuk mengatasi kebotakan dini, dan memelihara kulit kepala. Sangat disarankan untuk mengaplikasikan minyak rosemary yang dikombinasikan dengan minyak dari pohon teh agar mendapatkan hasil yang terbaik

 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh rosemary. Gunakanlah secara rutin agar Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. 

 

leave a Comment