Merias wajah menggunakan makeup bukan perkara hal yang mudah. Hal ini karena jika Anda melakukan satu kesalahan saja dapat membuat riasan yang Anda buat tidak enak dipandang. Agar makeup yang Anda gunakan tepat dan juga sesuai, Anda perlu melakukan trik-trik yang khusus. 

Hal yang sangat fatal bagi kebanyakan orang biasanya kesalahan dalam pemilihan pada makeup. Menggunakan makeup yang cepat luntur maupun membuat kulit kusam tentunya tidak Anda inginkan. Oleh karena itu, hal-hal yang harus dihindari saat merias wajah perlu Anda pahami dengan baik. 

 

Berikut ini beberapa penyebab yang menjadikan makeup lebih mudah luntur. 

 

  1. Melupakan Pemakaian Primer

Produk utama yang tidak boleh Anda lupakan ialah primer. Anda perlu menjadikannya fondasi sebelum memakai foundation. Produk ini dapat menghaluskan permukaan kulit dan melembapkan kulit Anda. Apabila Anda ingin makeup jauh lebih halus dan juga tahan lama, maka gunakanlah primer untuk wajah Anda. 

Sebelum Anda memilih primer sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kulit Anda terlebih dahulu, hal ini karena primer memiliki aneka ragam jenis di pasaran. Primer yang lengket dan juga berminyak merupakan primer yang sebaiknya Anda hindari. Bila Anda memiliki kulit jenis kering, maka primer sangat cocok untuk Anda gunakan. Primer juga dapat meminimalisasi terjadinya retak dan juga luntur pada makeup. 

 

  1. Tidak Menggunakan Setting Spray 

Penata rias dan kebanyakan orang sering menggunakan setting spray untuk menyelesaikan makeup mereka, setting spray sendiri digunakan sebagai pilihan lain dari primer. Jika Anda melupakan penggunaan setting spray maka kemungkinan besar makeup Anda akan tidak bertahan lama, produk ini juga berperan penting untuk menjaga kelembapan pada kulit.

Perlindungan ekstra pada wajah dapat diberikan oleh setting spray, sehingga makeup Anda mampu menempel dengan baik. Anda juga perlu memahami terlebih dahulu kandungan bahan yang tertera pada kemasan ketika Anda memilih suatu produk.

 

  1. Salah Memilih Foundation

Ketika Anda ingin mendapatkan foundation yang tepat untuk digunakan, sebaiknya Anda tidak boleh sembarangan untuk memilihnya. Hal ini karena dapat menjadikan makeup Anda berantakan dan cepat retak ketika Anda salah dalam memilih. Apalagi jika foundation yang Anda pilih justru cepat luntur ketika Anda kepanasan, hal tersebutlah yang dapat menjadikan makeup Anda lebih mudah berantakan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kesesuaian bahan dan juga warnanya. 

Minyak alami dan finishing foundation merupakan faktor yang perlu anda ingat dalam hal memilih foundation. Ketika Anda menggunakan foundation, Anda juga harus memilih finishing seperti satin, dewy, matte, dan glow. 

 

  1. Tidak Menggunakan Produk Dengan Formula Waterproof

Sebaiknya Anda menggunakan produk yang mengandung formula waterproof, agar menjaga makeup pada wajah Anda tidak luntur saat cuaca panas maupun ketika Anda beraktivitas. Riasan juga dapat lebih bertahan lama tanpa harus melakukan touch up berkali-kali bila Anda menggunakan produk makeup yang tahan air. Efek melembapkan yang membuat wajah menjadi terasa segar juga dapat Anda rasakan jika menggunakan prodok waterproof.

Alangkah baiknya agar Anda memperhatikan terlebih dahulu label pada kemasan dan pastikan produk aman sebelum Anda memilih produk tersebut. Walaupun produk waterproof dikenal tahan lama, namun produk ini memiliki kelemahan yaitu kesulitan dalam menghapusnya. Ketika Anda ingin menghapus sisa-sisa makeup yang menempel pada wajah, Anda perlu usaha yang ekstra agar sisa-sisa makeup tersebut hilang.

 

  1. Tidak Memilih Produk yang Long Lasting 

Formula long lasting banyak digunakan untuk produk di pasaran. Apabila Anda menginginkan riasan yang lebih tahan lama, Anda perlu mempertimbangkan produk kecantikan yang long lasting. Produk long lasting sangatlah bermanfaat untuk membantu mempertahankan tampilan lebih lama, sehingga wanita yang memiliki kesibukan padat tentunya sangatlah terbantu dengan adanya produk long lasting ini. 

Sebaiknya Anda memilih produk yang aman dan juga tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Produk yang disarankan ialah produk long lasting yang memiliki kandungan untuk perlindungan tabir surya.. 

 

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab makeup lebih mudah luntur. 

 

leave a Comment