Pembersihan pada wajah perlu dilakukan dengan cara dua langkah, hal ini dilakukan karena menjadi langkah yang terbaik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang disebabkan oleh polusi maupun gaya hidup. Biasanya untuk membersihkan wajah kebanyakan orang menggunakan cleansing oil, makeup remover, dan pembersih wajah. Namun, penggunaan cleansing balm juga sering digunakan untuk double cleansing. 

Mungkin Anda akan penasaran, apa perbedaan dari cleansing balm dan cleansing oil. Lalu, mana yang lebih cocok untuk kulit Anda.

 

Cleansing oil

cleansing oil

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang sangat cocok untuk digunakan sebagai deep cleansing dan apabila Anda memiliki kulit yang berminyak, maka cleansing oil sangat cocok untuk Anda gunakan. Hal ini karena kulit wajah Anda akan kering akibat efek dari deep cleansing yang dihasilkan oleh cleansing oil, namun bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang kering maka cleansing oil sangat tidak disarankan untuk digunakan. 

Agar cleansing oil mampu membersihkan makeup yang super tebal dan mengangkat semua kotoran yang ada di wajah Anda, maka Anda hanya perlu mengaplikasikannya dengan cukup banyak yaitu sekitar 3 pump atau hingga telapak tangan dipenuhi oleh cleansing oil. Kemudian, pijatlah perlahan wajah Anda dan bilas dengan menggunakan air hangat hingga wajah tidak lagi licin. Bersihkanlah wajah Anda hingga tidak ada cleansing oil yang tersisa agar jerawat tidak timbul di wajah. 

Orang-orang yang suka memakai makeup tebal, orang yang memilih untuk menghapus makeup tanpa menggunakan makeup remover dan orang-orang yang memiliki kulit berminyak merupakan orang yang sangat cocok untuk menggunakan cleansing oil.

 

Cleansing balm

cleansing balm

Cleansing balm adalah pembersih wajah yang mempunyai tekstur yang berbeda dari cleansing oil, cleansing balm memiliki tekstur seperti krim akan tetapi saat digunakan dan dipijat ke wajah akan berubah menjadi seperti minyak. Untuk cara mengaplikasikannya sama halnya dengan cleansing oil, membutuhkan cukup banyak dan dipijat ke wajah secara perlahan.Perbedaan yang paling dirasakan ketika menggunakan cleansing oil dan cleansing balm adalah cara menghilangkannya, hal ini karena cleansing balm tidak dapat hilang dengan bersih walaupun hanya membilasnya dengan air. 

Untuk menghilangkan cleansing balm, Anda harus menggunakan handuk hangat yang sudah dibasahi untuk mengelap wajah Anda. Diamkan handuk hangat tersebut beberapa saat di wajah Anda, setelah itu Anda dapat mengelapnya dengan lembut. Hal ini dapat menjadi kelemahan mendasar yang dimiliki oleh cleansing balm. Akan tetapi, cleansing balm dapat menghidrasi wajah Anda dan tidak meninggalkan rasa kering di wajah setelah digunakan. Oleh karena itu, cleansing balm dapat digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit yang super kering pun dapat menggunakannya. 

 

Sumber:

cewekbanget.grid.id

leave a Comment