Dikarenakan polusi yang sudah semakin tinggi dan gaya hidup yang makin kompleks, maka pembersihan wajah dua langkah menjadi hal yang terbaik untuk saat ini. Biasanya orang-orang menggunakan makeup remover, cleansing oil, dan pembersih wajah untuk membersihkan wajah. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan cleansing balm untuk double cleansing. 

Mungkin Anda akan penasaran, apa perbedaan dari cleansing balm dan cleansing oil. Lalu, mana yang lebih cocok untuk kulit Anda.

 

Cleansing oil

cleansing oil

Cleansing oil sebenarnya jauh lebih terkenal dibandingkan cleansing balm. Akan tetapi, tidak semua orang dapat menggunakan cleansing oil. 

Sesuai dengan namanya, cleansing oil terbuat dari minyak yang mampu mengikat minyak lain di wajah Anda, seperti debu, kotoran, minyak, dan makeup, jadi sangat cocok untuk deep cleansing. 

Cleansing oil juga lebih cocok dipakai untuk kulit yang berminyak, karena deep cleansing dari cleansing oil dapat membuat kulit wajah kering, yang sangat tidak bagus untuk Anda yang mempunyai kulit kering. 

Untuk pemakaiannya, pastikan Anda benar-benar menggunakan cleansing oil dengan banyak, sekitar 3 pump atau sampai telapak tangan kita penuh dengan cleansing oil. Dengan begitu, cleansing oil akan bekerja secara maksimal untuk mengangkat semua kotoran yang ada di wajah, termasuk makeup yang super tebal. 

Setelah itu, pijatlah di wajah Anda dengan lembut dan bilas dengan air hangat hingga wajah Anda tidak lagi licin. Jikalau masih ada cleansing oil yang tersisa, jangan kaget jika wajah Anda malah berjerawat parah. 

 

Orang yang cocok untuk memakai cleansing oil: orang-orang yang memiliki kulit berminyak, suka memakai makeup tebal, dan yang memilih untuk menghapus makeup tanpa makeup remover. 

 

Cleansing balm

cleansing balmBerbeda dengan cleansing oil, cleansing balm memang memiliki tekstur seperti krim, tapi saat diaplikasikan dan dipijat ke wajah menjadi seperti minyak. 

Untuk pemakaiannya, sama halnya seperti cleansing oil. Kita butuh cukup banyak dan dipijat ke wajah kita.  Perbedaan yang sangat mendasar ialah susahnya menghilangkan cleansing balm di wajah kita, karena cleansing balm tidak akan hilang sempurna walau hanya membilasnya dengan air. 

Untuk menghilangkannya, Anda butuh mengelap wajah dengan handuk hangat yang sudah dibasahi, diamkan sebentar di wajah kita, dan lap dengan lembut. Ini dapat menjadi kelemahan mendasar cleansing balm. 

Walaupun begitu, cleansing balm akan menghidrasi wajah kita dan tidak meninggalkan rasa kering di wajah setelah pemakaiannya. Oleh karena itu, cleansing balm sebenarnya dapat digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya kulit yang super kering. 

 

Orang yang cocok untuk memakai cleansing balm: orang yang memiliki semua jenis kulit, akan tetapi lebih dikhususkan ‘tuk kulit kering, orang yang suka memakai makeup natural, dan yang suka dengan sedikit usaha karena menghilangkan cleansing balm hanya dengan menggunakan handuk hangat yang basah. 

 

Sumber:

cewekbanget.grid.id

leave a Comment