Beberapa orang ingin sekali untuk menggunakan skincare, akan tetapi pasti bingung harus membeli produk yang mana. 

Namun tenang, Anda tidak perlu membeli produk skincare semuanya. Karena pada dasarnya hanya produk-produk skincare inilah yang harus digunakan untuk pemula: 

 

  1. Cleanser

Cleanser merupakan pengertian dari sabun pencuci muka. Biasanya memiliki nama lain bisa facial foam, facial wash, atau menyesuaikan dengan teksturnya seperti facial gel, facial cream, dan lainnya. 

Ini ialah produk yang paling penting karena fungsinya untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di muka. Dalam hal ini penggunaan cleanser di atas hanya pada wajah yang tanpa make up. 

Jika Anda menggunakan makeup seperti foundation, bb cream, maupun bedak padat maka sebelumnya harus menggunakan cleanser dengan tipe yang lain seperti cleansing oil atau cleansing milk.

Dikarenakan menggunakan facial foam saja belum dapat mengangkat makeup tersebut. Kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu maka akan besar kemungkinan pori-pori tertutup. 

 

  1. Toner

Toner pada jaman sekarang memang memiliki beragam versi. Beberapa orang menyarankan bagi seorang pemula jika ingin menggunakan toner ialah exfoliating toner untuk membersihkan wajah dari kotoran karena khawatir masih ada kotoran pada wajah walaupun sudah dibersihkan beberapa kali. 

Namun jikalau kulit membutuhkan produk untuk melembapkan kulit maka bisa juga menggunakan hydrating toner. Hal ini dilakukan supaya mampu mengembalikan kulit yang kering akibat menggunakan facial wash dan juga toner (yang biasanya mengandung alkohol)

 

  1. Moisturizer

Selanjutnya ialah tahap menggunakan pelembap. Dimana pelembap ini adalah produk yang amat penting di dalam tahapan menggunakan skincare.

Beberapa orang yang memiliki kulit kering, wajib menggunakan pelembap. Dikarenakan jika tidak pasti produk makeup akan sulit untuk menempel dengan baik. Kulit berminyak pun sama saja tetap harus menggunakan pelembap juga, hanya saja harus lebih teliti dalam memilih tekstur produk yang sesuai dengan jenis kulit. 

Untuk orang yang memilik kulit kering alangkah baiknya memilih moisturizer yang creamy atau oil-based. Sedangkan kulit berminyak dapat memilih yang gel based agar tidak dehidrasi.

 

  1. Sunscreen

Pada langkah terakhir ini juga tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu menggunakan sunscreen. Penggunaan skincare ini penting untuk dilakukan agar melindungi kulit dari bahanya paparan sinar matahari.

Agar merasa nyaman dalam penggunaan sunscreen, sebaiknya Anda mencari sunscreen yang memiliki karakteristik tidak lengket pada kulit. Gunakan juga sunscreen berdasarkan SPF-nya yang sesuai.

Itulah produk-produk skincare yang wajib dimilki bagi pemula, jadi tak usah bingung-bingung lagi ya!

 

Sumber: 

Liaharahap.com

leave a Comment