oliveoil

Minyak zaitun dihasilkan dari penggilingan buah zaitun. Minyak ini kaya akan kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain: phenolic, zat besi, vitamin E, K, lemak (omega 6, omega 9, omega 3, dan lemak tak jenuh). Tanaman ini merupakan tanaman asli yang tumbuh di Mediterania. Dalam 100 mililiter minyak zaitun, terkandung 884 kalori dan 100 gram total lemak yang mampu mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Kandungan lemak pada minyak zaitun didominasi oleh asam lemak tak jenuh tunggal.  

Kandungan polifenol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh dapat Anda temukan di dalam minyak zaitun. Polifenol dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Zat ini bekerja ketika masuk ke dalam tubuh Anda. Oleh karena itu minyak ini memiliki manfaat yang terutama untuk kecantikan kulit maupun kesehatan tubuh Anda.

Berikut segudang manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun:

 

  1. Mengatasi Kulit Kering

Vitamin E dan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan dapat menggantikan peran dari body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, Anda akan memiliki kulit lembap dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas dan peradangan yang terjadi pada kulit. Anda dapat menggunakan minyak zaitun secara rutin dan cara penggunaannya pun cukup mudah karena seperti menggunakan body lotion.

  1. Scrub Kulit Wajah

Racikan dari minyak zaitun dengan garam laut dapat Anda gunakan untuk membuat scrub wajah alami, selain itu minyak zaitun juga mampu mengatasi kulit yang gatal meradang dan dapat melembapkan kulit. Jika tipe kulit Anda kering dan bersisik maka hal ini sangatlah bermanfaat untuk Anda.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan garam laut dan minyak zaitun murni (dengan perbandingan 5 dan 3 sendok teh). Setelah itu lakukanlah pemijatan dengan lembut di sekitar sisi hidung maupun bagian wajah Anda lainnya yang kering. Sambil meningkatkan kelembapan di wajah Anda, campuran minyak dan garam juga mampu mengelupas kulit kering yang Anda miliki. 

 

  1. Membantu Mencerahkan Wajah 

Minyak zaitun dapat menghilangkan sel kulit mati di wajah sehingga dapat membuat wajah tampak lebih bersih dan cerah  . Anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun secara rutin, maka perlahan Anda akan mendapatkan kulit wajah yang cerah secara natural. 

 

  1. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar seringkali mengganggu kecantikan alami karena pori-pori yang besar akan menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori. Minyak zaitun ternyata dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak karena pori-pori yang besar. Oleskan minyak zaitun di area-area tertentu di wajah Anda yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak. 

 

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Minyak zaitun dipercaya mampu menyembuhkan jerawat karena di dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut maupun kulit. Bahkan vitamin ini berguna untuk menyembuhkan jerawat dan juga bekasnya, hal ini karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Infeksi pada jerawat yang disebabkan oleh bakteri juga dapat disembuhkan oleh kandungan antibakteri yang dimiliki oleh minyak zaitun. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat. Pijatlah perlahan selama 5 menit, setelah itu pijatlah sedikit kencang selama 10 menit, kemudian diamkan selama kurang lebih dari 15 menit. Cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering, setelah itu, lakukanlah pijatan sekali lagi sampai pori-pori kulit terasa lebih terbuka. Lakukanlah hal ini dua kali sehari agar hasilnya maksimal. 

 

leave a Comment