Sama seperti alpukat, mentimun atau biasa dikenal dengan timun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh, salah satu jenis sayuran yang memiliki nama latin Cucumis sativus juga memiliki manfaat untuk kesehatan kecantikan. Kandungan vitamin yang baik untuk kulit seperti vitamin A, C dan B2 terdapat di dalam sayuran ini. Untuk makanan, mentimun biasa digunakan sebagai pelengkap seperti lalapan atau acar atau pun dimakan langsung. 

 

Selain dalam bentuk makanan, mentimun juga bisa diolah seperti jus atau masker. Masker mentimun biasa digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit secara alami. Pembuatan masker mentimun juga tidaklah terlalu rumit. Anda bisa membuat masker mentimun original, yaitu masker yang hanya berbahan dasar mentimun saja tanpa bahan-bahan pelengkap lainnya. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti madu, lemon, yogurt, alpukat, putih telur, oat dan tomat. Penambahan bahan-bahan pelengkap ke dalam masker mentimun tentunya memberikan manfaat tambahan.

 

Terlepas dari penambahan bahan-bahan pelengkap, masker timun sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kulit. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari masker kulit di antaranya adalah 

  • Menghilangkan jerawat
  • Mengurangi bintik hitam 
  • Meremajakan kulit
  • Mengurangi bengkak pada kantung mata
  • Mencerahkan kulit
  • Mengatasi kulit berminyak
  • Mengatasi pori-pori besar pada kulit wajah
  • Merawat kulit wajah yang sensitif
  • Mencegah penuaan dini

Berbeda dengan produk kecantikan artifisial yang berbahan kimia, masker wajah mentimun tidak menimbulkan efek samping terhadap wajah. Penggunaan masker wajah mentimun bisa Anda lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Untuk cara pembuatan masker mentimun sendiri tidaklah terlalu sulit. Bahan utama yang perlu dipersiapkan tentunya mentimun segar sebagai bahan dasar. Kupas kulit mentimun dan haluskan. Sebagai pilihan, Anda bisa menambahkan bahan-bahan pilihan yang disebut di atas. Penambahan bahan-bahan pilihan tentunya memiliki benefit lebih dibandingkan dengan hanya membuat masker mentimun orisinal. Kelebihan masker mentimun adalah selain murah, masker mentimun tidak memiliki efek samping dan tidak berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, aman digunakan. 

 

Sumber

https://batam.tribunnews.com/2019/03/26/ini-3-cara-bikin-masker-wajah-dari-bahan-alami-mentimun-bisa-atasi-wajah-lelah-hingga-berjerawat?page=2

https://www.idntimes.com/life/women/fajar-laksmita/biar-makin-glowing-manfaat-mentimun-untuk-kecantikan-wajah-c1c2/full

leave a Comment